Sidebar

7 Wisata Jayapura yang Sajikan Panorama Alam Tanah Papua

7 Wisata Jayapura yang Sajikan Panorama Alam Tanah Papua

Jayapura menjadi kota masuk Papua. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu wisata Jayapura yang sedang hits adalah Pantai Pasir 6. Intip keindahannya di sini.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Siapa yang tak setuju kalau Papua dikatakan sebagai kota yang punya magnet tersendiri untuk mendatangkan wisatawan. Raja Ampat salah satu faktor penarik terkuatnya, yang sebetulnya berlokasi di Papua Barat. Namun demikian, Papua tak lantas menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Terutama tak setenar Bali atau Lombok. 

Papua sendiri memiliki satu kota yang sering dijadikan sebagai pintu masuk wisatawan, yaitu Jayapura. Meski lebih dikenal sebagai kota bisnis, namun Jayapura memiliki sederet destinasi wisata yang tak patut dikunjungi. Terutama wisata alamnya yang menawarkan panorama keindahan Papua. 

Baca juga : 6 Cara Menghabiskan 24 Jam di Jayapura, Papua

Berikut adalah rekomendasi wisata Jayapura yang bisa dikunjungi jika sedang berlibur atau berbisnis di ibukota Papua ini. 

1. Puncak Ifar

Danau Sentani dilihat dari atas. Sumber

Dari bandara menuju Jayapura, wisatawan bisa belok sejenak ke salah satu bukit. Pada masa Perang Dunia silam, Jenderal Mac Arthur memimpin pasukannya dari bukit yang dinamakan Puncak Ifar.

Wisata Jayapura yang satu ini sebetulnya adalah markas TNI, Rindam XVII Cendrawasih. Secara otomatis, Tugu Mac Arthur adalah tempat wisata Jayapura yang paling aman, karena jelas-jelas berada di markas TNI. Jika wisatawan pergi pada hari kerja, kadang-kadang bisa lihat tentara yang sedang menuju tempat latihannya.

Puncak Ifar, wisata Jayapura untuk menikmati panorama dari ketinggian. Foto oleh @aureliaaurita_29

Tentu saja wisatawan tidak jauh-jauh ke atas bukit hanya untuk melihat tugu. Menyaksikan Danau Sentani dari ketinggian adalah hal yang bisa dinikmati di Puncak Ifar. Namun, yang lebih istimewa adalah melihat bandara Sentani seutuhnya dari ketinggian.

Wisatawan bahkan bisa menyaksikan bagaimana pesawat dalam ukuran mungil melayang di atas danau sampai kemudian perlahan menyentuh landasan. Atau sebaliknya, ketika ada pesawat tinggal landas. Istimewanya pesawat itu ada di bawah Puncak Ifar, jadi prosesnya dapat disaksikan dengan sempurna. 

2. Danau Sentani

Menikmati keindahan wisata Jayapura di Danau Sentani. Foto oleh @irfanharr

Jika dari Puncak Ifar wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Sentani dari ketinggian, maka sempatkan juga untuk mengunjungi langsung Danau Sentani ini.

Menikmati keindahan wisata Jayapura yang satu ini dari dekat juga tak akan mengurangi kecantikan dan keindahannya. Padang sabana hijau yang ada di sekeliling Danau Sentani menjadi salah satu panorama yang membuat mata dan pikiran kembali segar dan fresh. 

Baca juga : Festival Danau Sentani di Jayapura, Pestanya 16 Suku di Papua

Senja di Danau Sentani, wisata Jayapura yang menggugah hati. Foto oleh @rezaayomi

Senja di Danau Sentani bahkan tak kalah cantik dari senja di Pantai Lombok atau Bali. Jadi sesekali cobalah untuk mampir ke Danau Sentani saat sore hari.

Namun perlu berhati-hati saat kembali dari danau ini. Beberapa orang menyarankan untuk tidak kembali terlalu malam karena alasan keamanan. 

3. Teluk Youtefa

Lanskap Teluk Youtefa dippotret dari ketinggian. Foto oleh @uthinsasarari

Teluk Youtefa menjadi salah satu tujuan wisata Jayapura yang tawarkan panorama alam Papua. Tempat wisata yang masuk dalam area Taman Wisata Alam ini memiliki luas sekitar 1.675 hektar dan terletak di tengah – tengah Teluk Yos Sudarso. Teluk Youtefa ini berada di kawasan Enggros, Wai Mhorock, Abepura, Kota Jayapura.

Menikmati kelapa muda sambil memandangi view Teluk Youtefa. Foto oleh @dwijayadi8

Beberapa spot yang asyik untuk menikmati keindahan tempat wisata Jayapura ini adalah kedai es kelapa muda yang ada di sekitar teluk.

Dari pusat kota Jayapura, wisatawan hanya perlu berkendara sekitar kurang lebih 15 menit dengan menggunakan ruas jalan Jayapura-Entrop. Jika memilih ruas jalan Jayapura-Abepura maka wisatawan butuh waktu sekitar 25 menit dengan jarak tempuh 13 km. 

4. Pantai Base G


Tempat wisata di Jayapura selanjutnya adalah Pantai Base G. Nama yang cukup unik, dan pastinya wisata Jayapura ni punya pemandangan alam yang menakjubkan. Alasan lain mengapa wisata Jayapura ini begitu digemari wisatawan adalah lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota Jayapura. Pantai ini berada di Tj. Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Baca juga: Traveling ke Jayapura Naik Gojek, Mungkinkah?

Menikmati keindahan Pantai Base G di tengah kesibukan. Foto oleh @irfanharr

Pantai Base G ternyata juga menyimpan banyak cerita tentang Perang Dunia ke-II.

Pantai dengan pasir putih dan ombak tenang ini bisa jadi pilihan destinasi wisata bagi para pekerja atau pebisnis yang tak punya banyak waktu untuk liburan di tengah padatnya pekerjaan. 

5. Pantai Yacoba

Pantai Yacoba, wisata Jayapura yang masih tersembunyi. Foto oleh @adinda_intan28

Pantai Yacoba merupakan wisata Jayapura yang masih jarang didatangi wisatawan. Mungkin karena lokasinya yang berada di balik tebing, sehingga cukup sulit dijangkau. Meski demikian, siapapun yang pernah datang ke Pantai Yacoba ini pasti ingin kembali. Pantainya yang masih bersih dan pasir putihnya yang cantik membuat pantai ini mudah untuk dirindukan. 

Menikmati Pantai Yacoba bersama teman. Foto oleh @claritafonataba

Pantai Yacoba berada di Argapura, Jayapura Selatan, Kota Jayapura. Karena suasananya yang masih sepi pantai ini menjadi tempat yang asyik untuk menyepi. 

6. Pantai Pasir 6

Asyiknya Pantai Pasir 6 yang masih sepi. Foto oleh @opickosaurus

Pantai berpasir putih ini bernama Pantau Pasir 6, nama yang cukup unik. Seperti pantai pada umumnya, patai ini juga menawarkan panorama alam yang cantik. Suasananya yang tak begitu ramai membuat Pantai Pasir 6 ini begitu asyik dinikmati bahkan hanya dengan bersantai di tepian pantainya. 

Wisata Jayapura Pantai Pasir 6. Foto oleh @lannyciaa

Selain bisa dinikmati dengan cara bersantai atau berjemur, wisata Jayapura yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi snorkeling. Namun karena belum ada operator atau penyewaan alat snorkeling, maka wisatawan harus membawa peralatan sendiri. 

7. Pantai Harlem

Pantai Harlem yang asyik untuk bermain. Foto oleh @fuadcahyaputra

Pantai Harlem terletak di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre. Untuk mencapai pantai ini wisatawan butuh waktu sekitar 60 menit dengan jarak tempuh 60 km. Lamanya perjalanan karena faktor kondisi jalanan Sentani menuju Depapre yang kurang baik dan ada beberapa kerusakan. Beberapa ruas jalan juga berlubang dan sempit. 

Snorkeling di Pantai Harlem. Foto oleh @hendramorin

Setibanya di Pantai Harlem semua perjuangan wisatawan akan langsung terbayarkan. Pesona keindahan alam pantai yang cantik dan tenang membuat semua lelah di perjalanan hilang begitu saja. Selain asyik untuk bersantai menikmati pemandangan, pantai ini juga asyik dinikmati dengan berenang dan snorkeling. Apalagi perairannya sangat bersih dan jernih. 

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END