Wisata Anti Mainstream di Gunung Hawu

lubang yang ada di Gunung Hawu membuat banyak orang menyamakannya dengan Natural Bridge yang berada di Virginia dan Arches National Monument di Utah. Sumber foto

Padalarang terkenal dengan perbukitan kapur yang menjulang tinggi, tidak hanya itu padalarang pun memiliki beberapa tempat wisata terkenal seperti Situ Ciburuy. Namun di Padalarang juga ada satu tempat yang tidak banyak diketahui orang yaitu Gunung Hawu.

Gunung Hawu atau di sebut tebing 125 berlokasi di belakang tebing Citatah, gunung batu kapur Singgalang dan di butuhkan waktu sekitar 30 menit dan bisa juga menggunakan roda empat.

Awalnya tempat ini  digunakan sebagai tempat berlatih panjat tebing bagi para pecinta alam. Namun kini akses dibuka untuk semua orang yang mempunyai keberanian khusus mencoba aneka wahana yang ada di Kawasan Gunung Hawu.

Baca Juga Fakta dari Gunung Hawu yang tak banyak orang tahu di sini

Wahana yang bisa dicoba di sini

Hammocking jadi salah satu hal yang wajib dicoba ketika datang ke sini. Sumber foto

Wisata ini memiliki beberapa wahana pemacu adrenalin yang sangat wajib untuk dicoba seperti panjat tebing, high line, dan hammock.  Panjat Tebing (rock climbing) merupakan salah satu wahana yang disuguhkan di Gunung Hawu. Untuk melakukanya dibutuhkan skill khusus yaitu teknik – teknik pemanjatan yang kemudian ditunjang dengan peralatan khusus.

Untuk bisa menikmati sensasi melakukan panjat tebing ini, pengunjung dikenakan biaya yang cukup terjangkau yaitu dengan mengeluarkan uang sebesar Rp100.000, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas keamanan untuk panjat tebing yang lengkap dan tentunya pengalaman yang tak terlupakan.

Wahana lainnya yang menjadi daya Tarik Gunung Hawu adalah high line. Kegiatan ekstrim ini dilakukan dengan cara berjalan diatas tali yang disambungkan dari ujung tebing satu ke tebing lainya dDengan ketinggian 50 meter diatas tanah.

Selain beberapa wahana yang sudah disebutkan tadi, pengunjung juga bisa coba bersantai dan bahkan bermalam di atas tebing menggunakan hammock. Wahana ini merupakan primadona di kawasan wisata di Gunung Hawu ini.

Baca Juga Spot-spot hammocking wajib coba di sini

Saat hammocking di atas ketinggian 100 meter, akan terlihat aktivitas warga daerah para penambang batu kapur, atau kawasan wisata Stone Garden dari ketinggian, atau melihat suasana keindahan pedesaan dengan hamparan sawah dan perbukitan, dan melihat beberapa tebing indah khas kawasan Citatah (yang terkenal sebagai lokasi panjat tebing).

Untuk mencoba wahana hammock ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp125.000.

Tips Liburan ke Gunung Hawu

Jika tidak berani untuk mencoba wahana yang ada, setidaknya masih bisa berfoto di kawasan Gunung Hawu. Sumber foto

Jika ingin mengunjungi kawasan wisata Gunung Hawu ini, siapkan fisik agar tetap fit selama melakukan segala aktivitas di sana. Siapkan juga perlengkapan yang harus dibawa. Karena kawasan wisata ini adalah daerahpenambangan, sudah dipastikan jalanan menuju ke sana sangat berdebu. Sehingga sangat disarankan untuk membawa masker.

Sepatu atau sandal gunung sangat disarankan untuk jika ingin berwisata ke Gunung Hawu. Dan satu lagi, jika takut untuk panas-panasan di area terbuka seperti di kawasan wisata ini, lebih baik gunakan sunblock.

Letak Tebing Gunung Hawu yang jauh dari hiruk pikuk kota, dirasa tepat sebagai tempat untuk bersantai dan ingin melupakan sejenak rutinitas sekaligus menikmati  kegiatan outdoor. 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Ahmad Nursani

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar