Inilah Wajah Baru Candi Borobudur Selama Libur Lebaran

Candi Borobudur selama libur Lebaran tampak makin cantik. Candi Budha terbesar di Indonesia ini menghiasi sepanjang jalan dengan aksesoris menarik yang cocok untuk berfoto.

Ditulis Oleh Echi

Tak hanya Anda yang bersolek saat Lebaran, Candi Borobudur pun demikian. Jika libur Lebaran nanti Anda berkunjung ke Candi Borobudur, sepanjang jalan masuk menuju candi dihiasi dengan ratusan topeng cantik berwarna-warni.

Ratusan topeng bambu berbagai wujud dan juga kukusan bambu dipasang untuk mempercantik penampilan Candi Budha terbesar di Indonesia ini.

Baca juga: Tak perlu repot, kini di Candi Borobudur pun sediakan jasa penyewaan stroller 

candi borobudur

Candi Borobudur selama libur lebaran makin cantik. Foto / travel.detik.com

Melansir dari travel.detik.com, pemilihan topeng sebagai penghias candi pun bukan tanpa alasan. Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (TWCB) Ricky SP Siahaan mengatakan bahwa topeng dipilih sebagai simbol misteri. Di mana seperti y ang kita ketahui bahwa Candi Borobudur sebagai candi umat Buddha terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Maka di dalam candi itu sendiri masih banyak misteri yang perlu diungkapkan menjadi bahan kekayaan dari sudut seni budaya.

Ricky menyebutkan, banyak misteri yang terkandung di dalam candi dan tergambar dalam setiap reliefnya. Mulai dari sudut seni budaya, tata berpakaian orang zaman dahulu, tata kelola rambut, dan sebagainya.

Selain filosofi yang bermakna misteri, topeng dan kukusan bisa memperindah tampilan Candi Borobudur selama libur lebaran supaya pengunjung tidak bosan.

Di samping itu, Ricky berharap, keberadaan aksesoris topeng dan kukusan tersebut mampu memperindah tampilan Candi Borobudur selama libur lebaran. Sehingga membuat wisatawan tidak bosan. Akseoris tersebut pun bisa dimanfaatkan untuk  berfoto-foto.

Adapun bambu-bambu yang dipergunakan untuk memasang topeng dan kukusan menunjukkan suasana di desa sekitar Candi Borobudur di mana di sana terdapat banyak pohon bambu yang menjadi ciri khasnya.

Baca juga: 120 daftar bangunan terunik dunia, Candi Borobudur masuk di dalamnya

Dengan mempercantik candi, harapannya jumlah kunjungan wisatawan Candi Borobudur bisa meningkat. Masih melansir dari sumber yang sama, General Manager PT TWCB I Gusti Putu Ngurah Sedana, menambahkan pada masa libur lebaran 1439H/2018 ini pengelola menargetkan kunjungan ke Candi Borobudur sebanyak 356.747, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Target tersebut mengalami peningkatan 7,5 persen dari tahun sebelumnya. Target ditingkatkan karena cuti Lebaran tahun ini lebih panjang. Selain itu, berbagai fasilitas dan wahana yang telah disiapkan untuk menyambut para wisatawan.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang CANDI BOROBUDUR, tulisan lain Echi

Kontes menulis berhadiah voucher hotel dari Phinemo. Ikuti sekarang

Tag :



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post