facebook pixel

Wajah Baru Basecamp Mawar Gunung Ungaran, Gunung Lain di Jateng Harusnya Gini Juga!

Jadi pengen camping di Basecamp Mawar Gunung Ungaran tiap weekend nih!


Segala sesuatu memang harus berubah ke arah yang lebih baik, karena sesuatu yang stagnan lama-lama juga akan hilang.

Dan itu juga yang jadi semboyan SAKPALA, tim pengelola basecmap pendakian sekaligus camp area Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Kalau dulu area basecamp ini cuma buka saat weekend atau hari libur, dan fasilitas juga masih minim banget, maka beda lagi dengan sekarang. 

Mawar camp area yang juga pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran tampil makin cantik dan terawat. Bahkan kalau boleh dibilang bener-bener terobosan baru yang harus dicontoh semua basecamp pendakian di gunung-gunung Jawa Tengah. Penasaran kayak gimana wajah baru basecamp Mawar?

Mau ke basecamp Mawar nggak perlu kuatir jalanan becek. Soalnya sekarang nih jalanan ke basecamp ini udah mulus

gunung ungaran

Jalanan mulus sampai ke area basecamp. Foto oleh Phinemo

Jalanan rusak kayaknya udah jadi masa lalu buat basecampMawar. Soalnya sekarang ini jalanan buat menuju ke basecamp ini udah bagus dan mulus. Ditambah lagi ada banyak rambu-rambu jalan yang bikin pengunjung makin waspada dan aman.Kayak misalnya peringatan untuk mengecek mesin dan juga kondisi rem kendaraan. 

Ada juga pelindung jalan di bagian kanan kiri jalanan yang menikung tajam. Jadi pengendara motor dan mobil juga makin aman. 

Ada petugas basecamp yang selalu siap melayani semua kepentingan registrasi pendakian atau campingmu selama 24 jam. Soal keramahan mereka, nggak perlu dipertanyakan lagi!

gunung ungaran

Sebagian Tim SAKPALA. Foto oleh Phinemo

Beda dulu beda sekarang ya gais. Dulu, kalau Kamu datang ke basecamp Mawar belum tentu tiap hari buka. Tapi karena sekarang udah dikelola dengan baik, makanya petugas di basecamp ini buka setiap saat. Jadi, kalau Kamu tiba di basecamp jam 3 pagi pun, nggak perlu khawatir. Selalu ada petugas yang jaga.

Para petugas ini merupakan anggota SAKPALA yang terdiri dari pemuda karang taruna setempat. Yang bikin lebih seneng main-main ke Gunung Ungaran adalah, petugas di sini ramah-ramah. Serius.

Buat Kamu yang pengen camping dan nggak mau ribet, di Camp Mawar udah ada penyewaan tenda dan juga alat-alat camping lainnya, asyik kan?

gunung ungaran

Ada persewaan tenda yang bikin Kamu nggak ribet. Foto oleh Phinemo

Buat Kamu yang pengen camping tapi nggak punya tenda, sekarang basecamp Mawar udah nyediain penyewaan tenda. Kamu tinggal datang, pilih satu tenda yang mau Kamu tempati, bayar, terus udah deh tinggal pake aja tendanya. Selain tenda, perlengkapan pendakian kayak SB, headlamp, kompor, cooking set juga disewakan. Nggak perlu repot-repot lagi kan?

Ada banyak bangunan toilet yang dibangun permanen, jadi Kamu nggak perlu bingung dan rebutan kalau mau ke kamar mandi

gunung ungaran

Bangunan toilet di Mawar. Foto oleh Phinemo

Di dekat area caping hutan pinus Mawar udah dibangun beberapa toilet dengan bangunan permanen. Jadi Kamu nggak perlu ribet dan repot kalau cuma mau ke kamar mandi. Yang pasti, kebersihan toilet dan air selalu terjaga. 

Ada juga fasilitas tempat cuci piring, jadi Kamu nggak perlu bawa peralatan kotor pas mau pulang dari Mawar.

Ibadah makin khusyuk karena udah disediain mushola buat para pendaki dan pengunjung 

gunung ungaran

Ibadah makin khusyuk. Foto oleh Phinemo

Kalau biasanya Kamu shalat di depan tenda dengan beralas matras, di Camp Mawar, Kamu nggak perlu kayak gitu lagi. Udah ada bangunan khusus ibadah atau mushola yang bisa Kamu gunakan gratis.

Ibadah selama mendaki atau camping bukan jadi masalah lagi kan? 

Udah nggak zaman-nya buang sampah sembarangan! Soalnya di Basecamp Mawar udah tersedia banyak tempat sampah dan sering dibersihkan berkala juga

gunung ungaran

Jangan buang sampah sembarangan lagi ya. Foto oleh Phinemo

Petugas basecamp Mawar konsen banget sama masalah sampah. Menurut Gembis, salah seorang pengelola, permasalahan sampah sebetulnya masalah yang sensitif. Makanya dibuat banyak tempat sampah, biar pengunjung juga lebih peduli buat ngumpulin dan buang sampah mereka sendiri. Dan nantinya bakal dibersihkan berkala sama petugas.

Sampah plastik bekas botol air minum juga dimanfaatin jadi sesuatu yang berguna, jadi nggak dibuang gitu aja. Kreatif nih!

gunung ungaran

Pemanfaatan sampah plastik di Mawar Gunung Ungaran. Foto oleh Phinemo

Sampah paling banyak dari pendaki atau pengunjung yang sekadar camping biasanya botol bekas air minum plastik. Nah, petugas basecamp Mawar mengolah sampah botol plastik ini jadi pot tanaman bunga dan juga hiasan di beberapa spot foto. Kreatif dan patut banget nih buat ditiru. 

Beberapa spot fotogenik juga udah disediakan buat Kamu yang suka hunting foto, uniknya beberapa aksesoris foto di sini dibuat dari sampah botol plastik

gunung ungaran

Spot fotogenik ini makin cantik saat malam hari. Foto oleh Phinemo

Spot fotogenik dengan latar pemandangan kota Semarang ini dihiasi rangkaian sampah botol plastik berbentuk hati. Di dalam sampah botol plastik yang disusun berbentuk hati ini udah dipasang lampu-lampu LED. Jadi bakal menyala cantik pas malam hari dan bikin foto Kamu makin epik.

Buat Kamu yang suka banget foto selfie pastinya ini bakal jadi spot yang favorit. 

Penataan lahan parkir yang tertata rapi dan keamanannya pun dijaga dengan baik sama petugas

gunung ungaran

Penataan parkir yang rapi dan aman. Foto oleh Phinemo

Permasalahan parkir kendaraan mungkin terdengar sepele, tapi ini menyangkut keamanan kendaraan pendaki saat ditinggal naik gunung. Makanya sebisa mungkin petugas basecamp Mawar mengelola parkir dengan rapi dan aman. Ada kartu parkir yang nggak boleh Kamu hilangkan. 

Petugas yang jaga selama 24 jam juga bikin keamanan parkir makin terkendali. Naik gunung jadi lebih tenang karena nggak kuatir motor dicuri orang. 

Adanya papan informasi dan petunjuk arah yang jelas di area sekitar basecamp bahkan sampai arah menuju puncak, jadi nggak perlu takut nyasar

gunung ungaran

Ada papan informasi dan petunjuk yang jelas. Foto oleh Phinemo

Di beberapa sudut basecamp juga udah ada papan informasi seputar kegiatan di area Mawar. Nggak usah bingung atau takut nyasar, karena di sini udah banyak petunjuk arah bahkan sampai di area puncak.  

Bosen santai di tenda, bisa main-main ke “taman mini” yang ada di sekitar area camp

gunung ungaran

Taman mini di area Mawar Camp. Foto oleh Phinemo

Taman mini ini dihiasi bunga-bunga dan rerumputan yang ditata rapi. Ada ayunan juga yang menghadap ke lanskap pemandangan kota, Gunung Merbabu, Telomoyo dan Rawa Pening. Seharian di Camp Mawar juga kayaknya nggak gampang bosen. 

Banyak warung makan yang buka setiap saat, jadi nggak kuatir kekurangan makanan. Cocok banget buat keluarga yang mau ngajak anak-anak camping

gunung ungaran

Jejeran warung makan di Mawar. Foto oleh Phinemo

Waktu Phinemo main-main ke Camp Mawar, banyak keluarga yang dateng mau camping dengan ngajak anak-anak yang masih kecil. Ternyata basecamp ini emang udah jadi salah satu camp area pilihan di area Semarang. Karena selain mudahnya akses dan lengkapnya fasilitas, di Mawar sendiri ada banyak warung yang buka setiap saat. 

Jadi nggak perlu repot, apalagi kalau ngajak anak-anak buat camping. 

***

Perubahan Mawar mungkin emang cukup signifikan, tapi yang perlu Kamu tahu bahwa perubahan ini nggak lepas dari campur tangan kalian juga. Dari uang sewa parkir dan registrasilah semua perubahan ini terjadi. Dari dana yang sedikit demi sedikit dikumpulkan, dikembalikan lagi ke pengunjung biar lebih aman. 

Dan buat Kamu yang berasal dari luar Jawa Tengah, jangan ragu buat mampir ke Gunung Ungaran. Karena gunung ini juga asyik kok buat didaki, medannya juga nggak terlalu susah, dan pemandangannya juga nggak kalah cantik dari gunung lainnya. Ditambah fasilitas yang makin oke, dijamin Kamu nggak nyesel. 

Baca juga:

banner experience