Benarkah Visa Gratis Korea Selatan Berlaku untuk Semua Turis Indonesia?

Mau dapat visa gratis Korea Selatan? Tunggu dulu, perhatikan syarat berikut...

Ditulis Oleh Rizqi Y

Beberapa waktu terakhir netizen Indonesia digegerkan dengan kabar dibebaskannya visa bagi turis yang akan datang ke Korea Selatan. Kabar ini mengatakan bahwa visa gratis Korea Selatan tersebut bisa digunakan turis asal Indonesia, Filiphina dan Vietnam pada bulan Februari 2018 mendatang. Sontak kabar ini membuat para pelancong asal Indonesia begitu bersemangat untuk merencanakan liburan ke Negeri Ginseng. Apalagi jika memang Kamu merupakan salah satu fans berat K-Pop atau drakor, hal semacam ini pastinya akan jadi jalan menuju impian yang jadi nyata. 

Cara membuat visa Korea Selatan dengan mudah, klik di sini!

Tapi tunggu dulu, benarkah visa gratis ini diberikan ke semua turis asal Indonesia yang akan melancong ke Korea Selatan?

Ternyata, faktanya adalah…

visa gratis korea selatan

Visa gratis Korea Selatan untuk turis Indonesia. Sumber

Visa gratis yang berlaku di bulan Februari 2018 secara khusus diberikan pada turis atau wisatawan asal Indonesia, Filiphina, dan Vietnam yang akan menonton Olimpiade Pyeongchang 2018. Visa gratis ini juga rencanaya akan diberikan pada beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Hal ini dilakukan karena jumlah kunjungan turis asal China ke Korea Selatan menurun drastis dari tahun lalu, yaitu sebanyak 6,3 juta orang menjadi 2 juta. 

Untuk menarik lebih banyak wisatawan, maka pemerintah Korsel memberikan visa gratis salah satunya pada wisatawan Indonesia. Ternyata wisatawan asal Indonesia ini merupakan salah satu penyumbang wisatawan yang cukup besar di Korea Selatan. Hingga tahun 2016 lalu setidaknya sebanyak 350ribu wisatawan Indonesia masuk ke Korea Selatan. 

Sebagai syarat tambahan, visa gratis ini hanya diberikan pada wisatawan Indonesia yang masuk ke Pyeongchang melalui Bandara regional YangYang di Provinsi Gangwon. Bandara ini merupakan bandara terdekat dari tempat penyelenggaraan Olimpiade Pyeongchang 2018. 

Rekomendasi aktivitas romantis bersama pasangan di Pyeongchang, klik di sini!

Tenang, Kamu tetap bisa dapatkan visa gratis ke Korea Selatan di waktu lain dengan penuhi syarat ini

visa gratis korea selatan

Cara dapatkan visa gratis ke Korea Selatan. Sumber

Jika Kamu merasa tidak terbantu dengan pemberian visa gratis dibulan Februari 2018 mendatang, maka tak perlu khawatir. Karena sebetulnya Kamu masih bisa mendapatkan visa gratis ke Korea Selatan dengan memnuhi beberapa syarat berikut:

  1. Kamu sudah pernah mengunjungi Korea selatan lebih dari empat kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir atau pernah mengunjungi Korea Selatan lebih dari 10 kali. Saat diimigrasi Korsel Kamu hanya perlu mengatakan sudah berapa kali masuk ke Korsel. Setelah petugas melakukan verifikasi dan data yang ditemukan sudah memenuhi maka Kamu akan mendapatkan visa gratis untuk masuk ke Korea Selatan. 
  2. Kamu berencana liburan ke Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru tapi harus transit terlebih dahulu ke Korea Selatan. Jadi pastikan bahwa Kamu sudah punya akses visa ke negara tujuan, jadi saat transit di Korea Selatan Kamu akan mendapat bebas visa dari petuga imigrasi. Biasanya bebas visa ini berlaku selama 30 hari, jadi pastikan bahwa penerbangan keduamu dari Korsel ke negara tujuan di atas tak lebih dari 30 hari. 
  3. Jika Kamu hanya ke Korea Selatan untuk liburan ke Pulau jeju maka tak perlu pusing memikirkan visa. Untuk pemegang paspor Indonesia, visa untuk liburan ke Pulau Jeju ternyata gratis. Tapi ingat ya, hanya untuk ke Pulau Jeju saja. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KOREA SELATAN, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post