Sidebar

Tips Menyeberang ke Nusa Penida untuk Kamu Backpacker Keren

Tengok ulasan tips menyeberang ke Nusa Penida berikut ini, untuk liburan backpacker Kamu yang asyik, keren dan membahagiakan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Selain Denpasar, Kuta, Ubud, dan Jimbaran, Nusa Penida Bali juga sangat populer digandrungi turis Bali. Namun ada beberapa hal yang harus Kamu perhatika ketika hendak traveling ke sana. Berikut Phinemo rekomendasikan tips menyeberang ke Nusa Penida yang bisa Kamu jadikan referensi dan rujukan berwisata.

Wisata Nusa Penida Bali

Kelingking Secret Spot Point, spot foto yang wajib dikunjungi saat berada di Nusa Penida. Foto dari akun Instagram @evaexplora.

Baca Juga: Destinasi yang Nggak Boleh Dilewatkan di Nusa Penida, Bali

Sebelum memulai membahas tips tips menyeberang ke Nusa Penida, baiknya kenal lebih dekat dulu mengenai destinasi yang memikat ini.

Nusa Penida merupakan sebuah daerah di Bali yang lokasinya cukup jauh dari keramaian karena berada di tengah pulau di Kabupaten Klungkung, serta identik dengan tebing tepi pantai nan indah dan spot snorkelingnya yang mantap.

Terletak di bagian tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Bandung, Nusa Penida juga memilik rangkaian pulau-pulau kecil yang tak kalah menarik, yakni Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Salah satu keindahan lanskap alam Nusa Penida Bali yang tak akan membuat bosan adalah Pantai Kelingking. Spot paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Kelingking Secret Point. Dari spot ini, banyak wisatawan yang berfoto dari atas tebing dengan latar bukit kecil yang mirip dinosarus tidur.

Cantiknya Pantai Atuh. Foto/@svetakhovrina

Selain Pantai Kelingking, Nusa Penida Bali juga dikenal dengan lanskap panorama Pasih Uug yang memukau. Pantai Pasih Uug berada di kaki tebing karang dengan ombak yang tenang.

Uniknya, terdapat karang bolong yang menyerupai pintu gerbang menuju kolam. Jika keadaan air laut sedang jernih-jernihnya, ikan pari atau pun penyu terlihat sedang berenang-renang.

Kejernihan air laut Nusa Penida tak hanya bisa ditemui di area Pasih Uug saja, Angel’s Billabong jadi spot paling keren di Nusa Penida.

Tips Menyeberang ke Nusa Penida

Setelah mengenal lebih dekat dan kian terpikat dengan cerita keindahan alam Nusa Penida, ada beberapa tips menyeberang ke Nusa Penida yang bisa Kamu terapkan.

Gerbang untuk menyeberang ke Nusa Penida berada di Sanur. Namun sebenarnya ada pula pantai lain yang menyediakan penyeberangan ke sana.

Terdapat beberapa alternatif transportasi bagi Kamu yang hendak menyeberang ke Nusa Penida, mulai dari yang nominal harganya rendah hingga tinggi.

Fast boat menuju Nusa Penida. Foto/The Bali Guideline

1. Kapal Ro-Ro Nusa Jaya Abadi

Tips menyeberang ke Nusa Penida yang pertama bisa Kamu gunakan Kapal Ro-Ro Nusa Jaya Abadi. Kapal Ro-Ro (Roll Off dan Roll On) biasanya digunakan untuk mengangkut kendaraan dan penumpang.

Jadi moda transportasi ini akan sangat cocok bagi Kamu yang membawa kendaraan ketika liburan ke Nusa Penida, Bali.

Perjalanan menggunakan kapal ini dimulai dari Pelabuhan Padang Bai Karangasem. Biasanya biaya per kepala hanya Rp15.000 dan sepeda motor Rp20.000 dengan jadwal pukul 11.00 dan 13.00 WITA.

2. Perahu tradisional bermesin tempel

Tips menyeberang ke Nusa Penida selanjutnya yang bisa Kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan moda transportasi perahu tradisonal.

Jika ingin menggunakan trasportasi ini, Kamu harus sampai ke Pantai Kusamba Kabupaten Klungkung dahulu. Ini merupakan kapal biasa dan sederhana yang akan mengantarkan Kamu ke Toya Pakeh Nusa Penida. Biaya per orang Rp35.000.

Baca Juga: Potret Kecantikan Nusa Penida Bali, Sayang Kalau Dikotori

3. Jika ingin cepat sampai pakai Fast Boat

Jika Kamu ingin cepat sampai cobalah pakai Fast Boat ini. Jarak tempuhnya hanya 30 menit saja. Tempat menyeberangnya ada dua opsi, di Padang Bai menuju Pelabuhan Buyuk Nusa Lembongan dengan biaya Rp85.000 dan kedua dari Sanur dan berlabuh ke Nusa Penida dengan harga Rp150.000.

4. Cruises Catamaran

Berbeda dari tiga kapal lainnya, perjalanan dengan menggunakan Cruiser ini dimulai dari Pelabunan Benoa. Kalau Kamu menggunakan kapal ini biasanya bisa sekalian mendapatkan paket wisata Nusa Penida, tapi pengeluarannya juga cukup besar.

Jadi, barangkali hal ini tidak terlalu direkomendasikan bagi Kamu yang merupakan backpacker keren. Untuk memanfaatkan moda transportasi ini, hingga menuju ke Nusa Penida biasanya sekitar 40 menitan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Episode Kuta Bali, Hotel Mewah dan Artistik dengan Harga Termurah

7 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Bali, Bukan Pantai Kuta!

Pantai Senggigi Lombok, Melihat Pesona Gunung Agung di Bali dari NTB

Wisata ke Bali New Normal, Berikut Syarat yang Harus Dipenuhi

Hutan Mangrove Nusa Lembongan, Menyusuri Hutan Bali dengan Perahu

Mayat Tidak Dikubur di Desa Trunyan, Bagaimana Ritual Pemakamannya Saat Pandemi?

FALLBACK
The END