Tips Aman Wisata Merapi Lava Tour Jeep di Yogakarta

Merapi Lava Tour terbagi dalam tiga rute yakni short (1,5 jam), medium (2,5 jam), dan long (4-5 jam).Tur rute pendek dengan Jeep berisi maksimal 4 orang dewasa hargaya Rp 350.000, sementara untuk medium Rp 450.000 dan untuk long Rp 600.000. Foto/marzukitransportjogja.com

Merapi Lava Tour Jeep kini menjadi atraksi wisata wajib saat liburan ke kawasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakata (DIY). Dengan mengikuti lava tour, para wisatawan diajak untuk naik jeep di bekas jalur lahar pasca letusan merapi yang ada di Kaliurang, di kaki Gunung Merapi dan mampir ke beberapa destinasi bekas letusan, yakni Museum Sisa Hartaku dan Bunker Kaliadem.

Aktivitas ini sangat cocok untuk para pencinta wisata adrenalin karena jalur yang dilewati cukup ekstrem. Agar tidak mengalami cidera selama mengikuti Merapi Lava Tour ini, lebih baik mengikuti beberapa tips simpel dari Phinemo karena wisata ini sedikit berbahaya dan pernah menelan korban.

Baca juga: Jip Lava Tour Merapi Telan Korban Jiwa, Keamanan Dipertanyakan

1. Waktu terbaik Merapi Lava Tour Jeep: kemarau

merapi lava tour jeep

Asyik banget apalagi jika membawa teman. Jangan lupa per jeep tersedia hanya tiga hingga empat kursi penumpang. Jadi bawa teman yang banyak agar bisa patungan. Foto/ tipe Land Cruiser

Menurut informasi para operator tur Merapi Lava Tour, waktu terbaik menikmati asyiknya aktivitas ini adalah ketika musim kemarau. Karena saat kemarau traveler tidak akan basah ketika mengikuti tour karena tour seperti ini biasanya memakan waktu setidaknya 1,5 jam untuk rute terpendeknya dan memakan waktu 4-5 jam untuk rute terpanjangnya.

Saat kemarau, traveler juga bisa melihat pemandangan cantik Gunung Merapi dan kawasan lava tour dengan jelas tanpa takut tertutup mendung.

“Coba lihat cuaca dari malam sebelumnya. Jika malam mendung, lebih baik jangan Merapi Lava Tour besok paginya karena akan hujan. Tapi kalau malamnya hujan deras, kemungkinan besar paginya akan bagus dan cerah,” tuturImaddudin Yazid, salah seorang penyedia tur Lava Merapi dilansir dari KompasTravel.

2. Outfit nyaman lengan panjang dan sunblock wajib dibawa

Sepanjang jalur lava tour Merapi lahannya sangat gersang dan minim pohon. Oleh karena itu bagi traveler yang tak ingin kulitnya terbakar lebih baik kenakan sunblock dan lengan panjang atau pakaian nyaman. Makin bagus jika bawa topi.

3. Masker juga tak boleh ketinggalan

Karena gersang dan panas, debu akan mudah terbang. Masker akan menjadi peralatan penting ketika mengikuti tour ini agar mulut dan hidung tidak terkena debu. Jika tidak ada gunakan kain atau buff seadanya. Jika lupa membawa, biasanya pihak tour akan memberikannya. Tapi kadang cuma-cuma kadang harus bayar.

4. Perhatikan jeep yang bakal Kamu naiki

merapi lava tour jeep

Merapi Lava Tour dibagi tiga rute yakni short (1,5 jam), medium (2,5 jam), dan long (4-5 jam). Tur rute pendek dengan Jeep berisi maksimal 4 orang dewasa hargaya Rp 350 ribu, sementara untuk medium Rp 450 ribu dan untuk long Rp 600 ribu. Foto/marzukitransportjogja.com

Sekilas semua mobil jeep memang mirip, tapi ada beberapa jenis mobil jeep yang ternyata lebih besar dan aman, jeep ini tipe Land Cruiser. Kamu juga harus mengecek dan memastikan kondisi jeep karena beberapa insiden terjadi karena kondisi jeep.

5. Merapi Lava Tour saat musim hujan? Boleh juga kok!

Untuk Kamu yang ingin merasakan wisata lava tour di musim hujan, sebenarnya bisa banget. Malah lebih menantang karena traveler bisa merasakan sensasi cipratan.

Biar baju tidak basah kuyup, jangan lupa bekali diri dengan jas hujan plastik yang biasa dijual di warung-warung sekitar yang harganya sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 saja. Tertarik?

Dapatkan ulasan menarik tentang Merapi dan tulisan Lain dari Wike

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.