Inilah Deretan Terminal di Indonesia yang Sudah Mirip Bandara

Sumber

Yuk traveling naik bus, biar lebih merakyat

Dulu mungkin Kamu akan mengeluh ketika traveling menggunakan bus. Alasannya Kamu merasa tidak nyaman kalau harus naik dan turun di terminal. Sekarang pandangan tentang terminal yang amburadul dan kumuh sudah tidak berlaku lagi di Indonesia. 

Karena sekarang, Indonesia punya deretan terminal bus yang mirip bandara! Fasilitas umum yang dimilikinya sudah bisa buat Kamu merasa nyaman saat mengawali dan mengakhiri perjalananmu. 

1. Terminal Bungurasih Surabaya sekarang sudah jauh dari kata kumuh dan amburadul. Kamu bisa nyaman kalau datang ke sana, nggak perlu takut dengan calo bus

Inilah penampakan terminal Purabaya yang baru sumber

Nggak semua destinasi di Jawa Timur bisa Kamu jamah dengan menggunakan pesawat atau kereta api. Salah satu transportasi yang paling fleksible adalah bus. Kalau Kamu berencana jalan-jalan ke Jawa Timur dengan gunakan bus, sekarang Kamu nggak perlu takut lagi masuk terminal Bungurasih.

Sekarang ini, terminal Bungurasih lebih nyaman dan lebih ramah untuk pengunjung. Bahkan buat Kamu yang baru berkunjung pertama kali di Surabaya. 

Terminal Bungurasih ini mengacu konsep bandara Convenience and Care Terminal (C2 Terminal). Convience yang meliputi kenyamanan, aman, bersih, asri, rekreatif, hiburan, dan teknologi. Selain itu, terminal ini juga punya shelter bus Bandara Juanda yang akan mengantarkan penumpang menuju bandara dengan fasilitas bus full AC. Total, ada 19 Jalur bus dengan tujuan yang berbeda-beda.

2. Sekarang Kamu juga bisa pesan tiket online saat mau jalan-jalan dari Terminal Tirtonadi Solo

Solo juga nggak mau ketinggalan Sumber

Sejak bulan Desember 2016 lalu terminal Tirtonadi, Solo sudah disulap mirip bandara lho! Nggak cuma penampakan bangunan saja yang sudah modern dan nyaman. Terminal Tirtonadi ini juga sudah memiliki layanan e-ticketing atau tiket elektronik. Hal ini bertujuan untuk memanjakan penumpang bus dengan tujuan luar kota.

Ada loket terpadu buat beli tiket Sumber

Fasilitas andalan terminal modern ini adalah Loket Terpadu. Kamu bisa membeli tiket bus sesuai jurusan di loket itu gais. Kamu juga bisa memesannya secara online juga kok. Setelah Kamu mendapatkan tiket, Kamu bisa masuk ke gerbang otomatis terminal dengan menunjukkan e-ticketing. Mirip di bandara, tiket yang Kamu pegang pun akan diperiksa oleh petugas baru Kamu dipersilahkan naik ke Bus yang sesuai dengan tiket yang Kamu beli.

Keuntungan membeli tiket di Loket Terpadu, Kamu akan mendapatkan harga yang sesuai standar, bisa memilih tempat duduk dan bisa memesan bus 45 hari kedepan lho gais. Sudah mirip pesan tiket pesawat saja ya! Hal ini juga bisa menghindari para calo yang berkeliaran bebas. 

Tapi, bus yang menyediakan fasilitas tiket online ini masih terbatas. Tapi nggak menutup kemungkinan akan diberlakukan sistem yang serupa untuk semua jenis bus dan semua jurusan. Cara pesannya pun gampang kok, Kamu cukup datang ke Loket Terpadu dengan menyerahkan KTP atau SIM berserta no handphone. 

3. Penampakan Terminal Pulo Gebang Jakarta Timur juga mirip bandara, Kamu nggak perlu capek naik turun tangga lagi sekarang

Ini bandara apa terminal? Sumber

Terminal Pulo Gebang Jakarta adalah salah satu terminal terbesar se-Asia Tenggara lho! Luas terminal ini mencapai 12,6 hektar. Bangunan terminal ini pun mirip bandara lho! Ada 4 bagian gedung di terminal ini. Gedung A dikhususkan untuk istirahat supir atau awak bus. Gedung B untuk ruang tunggu penumpang. Gedung C hanya untuk penjualan tiket saja sedangkan gedung D untuk keberangkatan dan kedatangan bus.

Soal fasilitas yang ada di sana juga nggak mau kalah dengan terminal modern yang ada di Indonesia. Terminal ini memiliki ruang baca, masjid, tempat parkir dan juga pengelolaan lingkungan hidup. Kamu juga nggak perlu capek buat naik turun, terminal ini tesedia 10 unit lift dan 20 eskalator lho! 

Buat para ibu pun tersedia ruang menyusi. Kamu pun nggak akan bosan menunggu keberangkatan bus karena tersedia 54 TV plasma di setiap sudut terminal ini dan ruang baca yang nyaman. Fasilitas umum lainnya adalah toilet yang berjumlah 81 dan 71 unit CCTV untuk keamanan. 

4. Fasilitas yang menonjol di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru adalah tersedia penginapan, jadi Kamu nggak perlu tidur di emperan kalau kemalaman di terminal ini

Ternyata ada tempat menginapnya di terminal ini Sumber

Ternyata nggak cuma terminal di Jawa aja yang keren. Salah satu terminal di Pekanbaru Riau pun penampakannya sudah mirip bandara. Terminal Payung Sekaki yang terletak di persimpangan Jalan Arteri Siak II Lanbuh Baru, Payung Sekaki adalah terminal baru yang menggantikan terminal Mauang Terurai di pusat kota. 

Terminal ini jauh dari kesan kotor dan kumuh. Semua fasilitas umum seperti toilet, musola, kios makanan dan ruang informasi terlihat bersih. Tersedia juga tempat penitipan barang dan warung telepon lho!

Uniknya lagi terminal ini menyediakan penginapan untuk penumpang. Yang mengejutkan lagi penginapan yang disedikan mulai dari kelas ekonomi yang bertarif rendah hingga VIP yang bertarif tinggi. Tapi untuk saat ini kapasitas penginapan hanya tersedia untuk 50 orang. 

5. Terminal Mengwi Bali juga tergolong terminal yang megah dan nyaman buat penumpang dan traveler

Bagus lho terminalnya Sumber

Terminal yang ada di Badung, Bali ini punya konsep terminal yang megah jug lho! Terminal tipe A yang ada di Bali ini nggak kalah keren dari terminal lain yang ada di Indonesia lho! Luas terminal ini sekitar 15 hektar dan cukup menampung bus sebanyak 150 bus per hari. 

Tapi sayang letaknya yang kurang strategis membuat terminal ini sepi pengunjung, karena penumpang harus naik angkutan umum lagi kalau ingin ke terminal Ubung Denpasar. 

6. Kamu nggak cuma bisa datang cuma mau naik bus ke Terminal Bulupitu Purwokerto. Tapi Kamu juga bisa foto selfie di taman sekitar terminal yang instagramable

Duh ini taman apa terminal? Sumber

Kalau terminal Bulupitu Purwokerto ini justru lebih instagramable dan humanis. Terminal ini sangat ramah dengan anak-anak lho! Kamu nggak perlu heran bila bertemu anak-anak yang sedang bermain di area terminal pada malam hari. Terminal ini jauh dari kesan horor kok! 

Ada ruang hijau untuk publik yang lengkap dengan area bermain anak dan taman dengan hiasan payung hias yang instagramable lho! Terminal type A ini beroprasi 24 jam dan hampir tidak pernah sepi dari aktikvitas pengunjung karena memang benar-benar layak untuk dikunjungi. Meskipun kam hanya datang untuk selfie saja.

***

Nah, gimana menurut Kamu? Sekarang Kamu nggak perlu lagi cemas buat traveling menguakan bus. Kamu juga nggak perlu khawatir ketemu calo di teminal. Sekarang terminal di Indonesia sudah mulai berbenah. Semoga di Indonesia makin banyak terminal yang berbenah ya!

Baca juga artikel seru dari phinemo yang lainnya ya!

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Mia Kamila

Tags: , , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar