Tenyata 9 Daratan Ini Awalnya Adalah Dasar Laut

Setiap wilayah di dunia tidak jauh dari sejarah yang menghinggapi. Mulai dari cerita mistis hingga fakta menarik tentang terbentuknya daerah tersebut.

Saya pernah mendengar berbagai cerita menarik tentang terbentuknya suatu daerah di Indonesia yang ternyata awalnya adalah lautan. Saya agak kurang percaya sih. Tapi, fakta-fakta berikut ini bikin saya percaya bahwa ternyata ada 9 daratan di dunia yang awalnya adalah lautan.

Penasaran mana saja daerah yang awalnya ternyata lautan? Berikut ini adalah 9 wilayah tersebut:

Kebumen, Jawa Tengah

lautan jadi daratan

Sungai Luk Ula, Kebumen. Sumber foto

Kamu tahu daerah di Jawa Tengah bernama Kebumen? Itu tuh daerah paling selatan di Pulau Jawa.

Nah, Kebumen ini ternyata awalnya adalah dasar laut lho. Melansir dari berbagai sumber, nama Kebumen ini sendiri berarti Kebumian yang merupakan nama baru dari Kabupaten Panjer yang artinya tonggak awal.

Tonggak awal pembentukan Kebumen sendiri berasal dari sebuah tumbukan lempeng bumi yaitu Lempeng Euarasia dan Lempeng Samudera Hindia pada 117-60 juta tahun yang lalu. Tumbukkan lempeng ini membentuk daerah di Kabupaten Kebumen yang awalnya lautan menjadi daerah yang saat ini dinamakan Kebumen.

Salah satu bukti tumbukan ini adalah adanya daerah Luk Ula, sebuah sungai di Kabupaten Kebumen jalurnya dimulai dari kecamatan Karangsambung yang muaranya di Samudera Hindia.

Beberapa karang dan batuan juga ditemukan di daerah Karangsambung. Terdapat pula bukit batuan basalt yang membeku di daerah ini. Ini membuktikan bahwa Kebumen adalah daerah di Indonesia yang awalnya adalah dasar laut.

Daratan yang terangkat dalam waktu semalam di Jepang

dasar laut menjadi daratan

Ini daratan baru di Jepang yang hebohkan masyarakat. Sumber foto

Jika Kebumen terbentuk 117 juta tahun yang lalu, maka sebuah pesisir di Pulau Hokaido Jepang adalah sebuah daerah yang terbentuk dalam waktu semalam.

dasar laut jadi daratan

Begini wujud dasar laut yang terangkat di Jepang. Sumber foto

Melansir dari Dream.co.id, fenomena ini terjadi pada tahun 2015 bulan April di mana dasar laut di Semenanjung Shitetoko, Rausu tiba-tiba terangkat dalam semalam. Permukaan dasar laut itu terangkat sepanjang 300 hingga 500 meter dengan lebar 30 meter.

Para masyarakat setempat merasa kaget mendapati kejadian ini karena mereka tidak mengetahui adanya gempa bumi ketika pembentukan daratan baru ini. Beberapa ahli menyebutkan hal ini terjadi dimungkinkan karena kasus gempa bumi di India yang mencapai 7,8 skala Richter.

Gunung Kidul, Yogyakarta

laut menjadi daratan

Ternyata daerah di Gunung Kidul awalnya adalah dasar laut dangkal. Ngeri banget kalau suatu saat nanti Gunung Kidul kembali menjadi laut dangkal. Sumber foto

Kalau Kamu suka dengan destinasi wisata menantang pasti Kamu nggak akan merasa asing dengan daerah Yogyakarta di Gunung Kidul.

Meskipun daerah ini merupakan jajaran pegunungan tapi ternyata daerah ini awalnya adalah dasar lautan. Fakta bahwa Gunung Kidul adalah dasar laut adalah adanya bebatuan gamping (bebatuan sedimen) yang mengandung fosil dari moluska moluska laut dangkal.

Kamu pasti merasa nggak percaya kan? Hem.. saya juga awalnya nggak percaya juga lho.

Daerah di Belanda dulu awalnya adalah lautan lepas

dasar laut yang jadi daratan

Inilah Rotterdam, si lautan yang dibendung menjadi daratan. Sumber foto

Belanda memiliki dua kota yang awalnya adalah lautan. Kota-kota tersebut adalah Rotterdam dan Amsterdam.

Dua kota ini merupakan lautan yang disulap menjadi sebuah daerah. Belanda membuat bendungan agar wilayah di Belanda bisa meluas. Amsterdam sendiri berasal dari kata Amsteltedamme yang artinya adalah bendungan sungai Amstel. Dulunya Amsterdam dihuni oleh desa nelayan kecil di abad 12 namun sekarang menjadi pelabuhan penting di dunia.

Begitu pula dengan Rotterdam. Daerah ini dibangun setelah membuat sebuah bendungan 11 kilometer yang berhadapan langsung dengan laut Utara. Untuk menambah wilayah, tahun 1997 dibangunlah bendungan terakhir di muara Nieuwe Waterweg (kanal yang menjadi gerbang masuk ke Pelabuhan Rotterdam).

Kabar menghebohkan bahwa Puncak Jayawijaya dulunya adalah dasar laut ternyata masih menjadi pro-kontra

dasar laut jadi daratan

Meskipun bersalju, tapi banyak penemuan yang menunjukkan bahwa Jayawijaya dulunya adalah dasar laut. Sumber foto

Papua memiliki Pegunungan Jayawijaya dengan puncak tertinggi bernama Puncak Jayawijaya. Meskipun menjadi puncak tertinggi di Indonesia yaitu 4.884 mdpl namun banyak peneliti yang menyebutkan bahwa daerah tertinggi di Indonesia ini ternyata adalah dasar lau.

Puncak tertinggi di Indonesia ini ternyata terdapat beberapa bukti penemuan bebatuan sedimen dasar laut ang telah berusia 60 juta tahun yang lalu.

Keberadaan Pulau Papua sendiri tidak bisa dilepaskan dari teori geologi yang menyebutkan bahwa dulunya Papua adalah pulau yang menyatu dengan Australia. Beberapa teori menyebutkan bahwa Papua yang dulunya bernama Pangea (250 juta tahun lalu) adalah cikal bakal pembentukan benua di dunia.

Berdasarkan data peneliti Belanda, Bandung ternyata merupakan daerah yang awalnya dasar laut

daratan awalnya dasar laut

Ini spot yang dipercaya jadi bukti kalau Bandung dulunya adalah dasar laut. Sumber foto

Melansir dari beberapa sumber, Kota hujan Bandung ternyata dulunya adalah dasar laut.

Pada tahun 1935, peneliti asal Belanda, Van Bemmelen telah meneliti bebatuan dan morfologi gunung api di Bandung, ternyata setelah diteliti menunjukkan bahwa bebatuanya mengandung material mirip sungai Citarum Purba.

Penemuan batu karang yang saat ini dinamakan dengan taman batu menambah keyakinan bahwa Bandung dulu awalnya adalah dasar laut. Hal ini dikuatkan dengan data yang menunjukkan bahwa batu karang di taman batu ternyata mengandung zat koral laut.

Lawu juga dipercaya sebagai dasar laut oleh para peneliti

lautan berubah jadi daratan

Inilah puncak gunung lawu yang dipercaya merupakan sebuah tempat yang dulunya adalah dasar laut. Sumber foto

Usut punya usut, Gunung Lawu berbatasan dengan Kabupaten Karanganya di Jawa Tengah dan Magetan Jawa Timur dulunya ternyata adalah dasar laut.

Melansir dari Okezone, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi DIY, (BPPTK) Subandrio tahun 2014 mengatakan bahwa di puncak Gunung Lawu terdapat batu karang yang usianya telah mencapai ribuan tahun.

Bukan hanya itu saja, jenis tanaman langka yang ada di Gunung Lawu juga memperkuat analisa bahwa dulunya Gunung Lawu adalah dasar laut yang berevolusi menjadi daratan. Wah, keren banget kan guys?

Pulau Tiban, sebuah pulau yang ‘mendadak muncul’ di Kendal

dasar laut jadi daratan

Inilah pulau Tiban yang kini jadi tempat wisata. Sumber foto

Sebuah fenomena alam yang cukup menakjubkan kembali terjadi di Indonesia. Sebuah pulau baru di Kendal tiba-tiba muncul di Kendal, Jawa Tengah.

Kemunculan pulau baru ini menjadi perbincangan warga Kendal yang tinggal di dekat Pulau Tiban ini.

Melansir dari TribunNews, kemunculan Pulau Tiban terjadi secara berkala di mana awalnya daratan di Pulau Tiban hanyalah sebuah laut lepas yang tidak berpantai, lalu tiba-tiba daratan muncul karena ombak laut yang membawa pasir dan membentuk daratan.

Sebuah gunung api muncul dan bergabung jadi pulau di Jepang

dasar laut jadi daratan

Wah, daratan panas nih. Sumber foto

Ajaib nih! Sebuah pulau baru tiba-tiba muncul di Jepang. Pulau ini bernama Niijima dan terlihat pada November 2013 lalu di sekitar 600 km sebelah selatan Tokyo.

Awalnya para ilmuan tidak mengira jika pulau tersebut bisa tumbuh membesar bahkan menjadi gunung.

Sebenarnya pulau ini terbentuk karena gabungan pulau Nishino-shima dan sebuah gunung api dasar laut. Dalam satu tahun luas pulau tersebut berubah menjadi gunung berapi yang luasnya kini sekitar 3 kilo dengan tinggi 200 meter di atas permukaan laut.

Gunung api ini terus mengluarkan asap sulfur dan para ahli vulkanologi setempat memperkitakan bahwa suhu bebatuan di gunung ini mencapa seribu derajad. Wuih.. Ngeri ya guys!

***

Wah nggak nyangka kan kalau beberapa pulau dan negara di dunia termasuk Indonesia ternyata awalnya adalah dasar laut? Keren banget ya.

Banyak sekali fenomena alam yang ternyata berimbas pada sebuah daerah di dunia. Kamu bisa baca berbagai informasi menarik tentang fenomena alam di seluruh dunia berikut ini:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar