Sidebar

Taman Indonesia Kaya, Panggung Wisata Seni Terbaru di Kota Semarang

Taman Indonesia Kaya ini diharapkan dapat menjadi tempat wisata seni serta wadah ekspresi para seniman dan pekerja budaya di Semarang.

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Taman Indonesia Kaya yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang resmi dibuka pada Rabu (10/10/2018) malam.

Terletak di pusat kota Semarang, Taman Indonesia Kaya hadir sebagai warna baru bagi ibukota Jawa Tengah ini yang menjadi rumah bagi para seniman untuk berbagai macam kegiatan serta pertunjukan seni budaya.

potret peresmian taman baru di kota semarang (Foto/Tribun Jateng)

Baca Juga: Mengintip Momen Kemeriahan Festival Kota Lama Semarang 2018

Taman terbaru milik Semarang ini hadir dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang ditujukan sebagai wadah ekspresi para seniman dan pekerja seni.

Fasilitas Taman Indonesia Kaya Semarang

Sebelum akhirnya dipugar dan diberikan fasilitas-fasilitas baru, Taman Indonesia Kaya ini dahulu dikenal dengan nama Taman KB.

Fasilitas terbaru yang ada di taman ini adalah Panggung Budaya yang dibangun dengan dua sisi yang dapat digunakan, sisi satu menghadap SMA Negeri 1 Semarang yang dapat digunakan untuk pementasan dengan kapasitas hingga 200 orang. Sisi lainnya menghadap kantor gubernur dan dapat menampung hingga 800 orang.

fasilitas air mancur menari (Foto/cnn)

Ada pula Taman Pandawa Lima yang dibuat oleh Komroden Haro, kemudian Pelataran Penikmat Seni, Amphitheater, dan Area Hijau.

Ada lagi Gerbang Mural hasil karya lima seniman muda Semarang yakni Puthut Aldoko Wilis, Arief Hadinata, Azis Wicaksono, Guruh Indra W dan Muhammad So’if yang turut memberi warna bagi taman ini.

Taman Indonesia Kaya juga dilengkapi dengan suguhan Air Mancur Menari yang dapat Anda nikmati mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB, sementara pada akhir pekan hingga pukul 21.00 WIB.

Pertunjukan pertama di Taman Indonesia Kaya direncanakan bakal diadakan pada 27 Oktober 2018 yang akan diisi oleh seniman senior Indonesia.

panggung terbuka di taman indonesia kaya semarang (Foto/asatu)

Baca Juga: Terbaru, Ada Warna Warni Dancing Fountain di Taman Tugu Muda Semarang

Beberapa nama yang akan mengisi gelaran 27 Oktober mendatang diantaranya adalah Butet Kertaradjasa, Agus Noor, Djaduk Ferianto, Cak Lontong, Prie GS, Sruti Respati, dan seniman-seniman asal Semarang, Jogja, Solo, serta Kudus yang akan turut meramaikan pementasan di Panggung Budaya.

Nantinya, Taman Indonesia Kaya juga menjanjikan bakal mengadakan program-program seperti workshop tari ataupun kegiatan yang berhubungan dengan seni pertunjukan secara rutin.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Gunung Api Paling Aktif, Kenapa Warga Nekat Tinggal di Lereng Merapi?

Merapi Merbabu Menoreh Ditetapkan Sebagai Cagar Biosfer UNESCO

Erupsi Gunung Merapi Tahun 1006 Menghancurkan Peradaban Jawa Kuno

3 Fenomena Alam Aneh di Gunung Merapi Menjelang Erupsi Dahsyat

Kenapa Gunung Merapi Disebut Tak Pernah Ingkar Janji? Ini Asal Mulanya

Candi Borobudur Ditutup Terpal Antisipasi Erupsi Gunung Merapi

FALLBACK
The END