8 Rekomendasi Spot Bungee Jumping di Indonesia

Terjun lenting atau juga sering disebut sebagai bungee jumping adalah sebuah aktivitas ekstrem, di mana seseorang akan diikat (pada ujung kaki atau badan) dan melompat dari ketinggian tertentu. Tali yang digunakan untuk permainan ini sifatnya elastis, jadi akan melar saat mendapat sentakan dari orang yang melompat. Namun pemain bungee jumping juga akan tersentak lagi ke atas saat posisi tali kembali memendek. Pemain bungee jumping akan berhenti sampai isolasi dari tali berhenti.

Permainan ekstrem ini memang belum terlalu tenar di Indonesia, tapi bukan berarti sulit untuk menemukannya. Ada beberapa spot bungee jumping di Indonesia yang bisa Kamu coba, seperti misalnya:

#1 Jalan Pura Puseh, Seminyak, Bali

bungee jumping

Bungee jumping seru di Seminyak Bali. Sumber foto

Meskipun nantinya Kamu akan melompat dari ketinggian, namun Kamu tidak perlu khawatir. Bali Bungy yang merupakan jasa pelayanan permainan bungee jumping ini akan membekalimu dengan peralatan berstandar  internasional  yang dipesan langsung dari Australia. Pastinya ini akan memberi keamanan penuh selama Kamu melakukan bungee jumping.

Bali Bungy Jumping ini berlokasi di Pantai Seminyak, tepat di depan pantai di klub malam Double Six. Harga yang ditawarkan sekitar Rp850.000 untuk single dan Rp1.700.000 untuk tandem. Untuk harga, kemungkinan akan berubah sewaktu-waktu, jadi lebih baik bertanya dulu sebelum main.

#2 Jalan Arjuna, Seminyak, Bali

bungee jumping

Spot seru untuk menghabiskan waktu sore di Bali. Sumber foto

Masih di Bali, Kamu juga bisa menemukan spot bungee jumping di kawasan Jalan Arjuna Seminyak. Di sini, Kamu akan terjun dari ketinggian 45 meter dengan kaki yang terikat tali. A.J.Hackett Bali pastinya siap memberikan pengalaman berbeda saat melakukan bungee jumping. Karena Kamu akan melompat dari atas menara yang dilengkapi dengan lift, jadi tidak perlu lelah menaiki tangga dengan berjalan kaki.

Lewat jasa A.J. Hackett Bali, kamu hanya perlu membayar biaya sekitar Rp 990.000 untuk single dan Rp 1.850.000 untuk tandem. Untuk pengalaman yang lebih seru, Kamu bisa mencoba permainan ini saat matahari hampir tenggelam. Dijamin pemandangan yang bakal Kamu dapatkan cantik banget.

3. Jalan Benasari, Kuta, Bali

bungee jumping

Menjajal spot bungee jumping di Bali. Sumber foto

Di Jalan Benasari ini terdapat satu wahana permainan yang menyediakan berbagai permainan ekstrem, di antaranya bungee jumping dan slingshot. Kalau bungee jumping menantangmu lewat lompat dari ketinggian dengan bagian badan yang terikat, beda lagi dengan slingshot. Permainan ini seperti ayunan, namun Kamu akan dilempar jauh ke angkasa sampai seperti terbang rasanya.

Kalau kamu berminat mencoba bungee jumping atau slingshot di sini, langsung saja datang ke Adrenalin Park Bali.

4. Desa Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar Bali

bungee jumping

Serunya main bungee jumping di Gianyar. Sumber foto

Rekomendasi spot bungee jumping selanjutnya adalah di Desa Blangsinga. Lokasi favorit untuk bungee jumping di desa ini berada di Air Terjun Tegenungan. Cukup banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara, karena Bungee Jumping Blangsinga sebagai penyedia jasa memberikan fasilitas yang aman dan lengkap. Selain itu, spot pemandangan air terjunnya juga sangat mengagumkan.

5. Bali Tower, Kuta, Bali

bungee jumping

Bungee jumping di atas kolam. Sumber foto

Bungee jumping di Bali Tower ini di sekitar Pantai Kuta. Kamu bisa melakukan bungee jumping dari atas menara setinggi 45 meter. Kemudian Kamu akan dijatuhkan ke dalam kolam renang yang dibuat khusus di bawah menara.

Bali Tower Bungy ini buka dari hari Senin hingga Jumat pukul 12 siang sampai 8 malam. Jika kamu datang saat weekend, tempat ini buka dari pukul 2 siang hingga 6 sore.

6. Jembatan Rajamandala, Bandung

bungee jumping

Spot bungee jumping di Bandung. Sumber foto

Jembatan Rajamandala merupakan jembatan yang menghubungkan Bandung Barat dan Cianjur. Jembatan ini sering digunakan untuk melakukan aktivitas rope jumping. Rope jumping ini mirip dengan bungee jumping hanya saja rope jumping menggunakan peralatan panjat tebing, seperti tali karmantel, seat harness dan sebagainya. Ini karena harganya lebih murah ketimbang peralatan khusus bungee jumping, tapi tetap menjamin keamanan.

Kamu yang berada di Bandung juga bisa menjajal permainan ekstrem ini. Kamu akan melompat dari ketinggian tepat di atas Sungai Citarum. Jembatan Rajamandala ini lebih tepatnya berada di Kutalaksana Desa Mandalawangi, Mandalasari, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selain main rope jumping, di Bandung Kamu juga bisa menjajal sensasi berjalan di jembatan kaca dengan ketinggian yang ekstrem. Jembatan kaca ini dikatakan mirip dengan yang ada di China.

7. Jembatan Duwet, Kulon Progo, DIY

bungee jumping

Spot bungee jumping di Kulon Progo. Sumber foto

Jembatan Duwet ini merupakan jembatan penghubung antara Yogyakarta dan Kulon Progo. selain sebagai sarana transportasi, jembatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan aktifotas ekstrem rope jumping. Mirip yang ada di Bandung, peralatannya menggunakan peralatan panjat tebing.

Kamu akan diajak untuk melompat dari ketinggian kurang lebih 60 meter. Kalau liburan ke provinsi Yogyakarta, rasanya wajib untuk mampir ke sini. Biaya untuk sekali main juga cukup murah, hanya Rp200.000 saja.

Kalau sedang berlibur ke Kulonprogo, jangan lupa juga untuk mampir ke Hutan Mangroovenya. Selain bisa menikmati hijaunya hutan mangroove, Kamu juga bisa hunting foto di spot-spot yang menarik.

8. Jembatan Gantung Lau Hulung, Deli Serdang

bungee jumping

Swing rope di Medan. Sumber foto

Jembatan Gantung Lau Hulung yang berada di Desa Durian Tinggung, STM Hulu, Deli Serdang familiar disebut warga sekitar dengan Titi Gantung STM Huluerada. Di jembatan ini, komunitas “The Hunter Extreme” sering melakukan olahraga ekstrem swing rope.

Swing rope ini mirip dengan bungee jumping, Kamu akan melakukan lompatan dari ketinggian dan merasakan bagaimana rasanya terbang. Tinggi jembatan inipun tak main-main, yaitu mencapai 120 meter.

“The Hunter Extreme” membuka kegiatan ekstrem ini untuk wisatawan juga, dengan syarat jumlah wisatawan minimal 10 orang. Untuk Kamu warga Medan atau yang sedang berlibur ke Medan, tak ada salahnya untuk mencoba permainan ini. Tentunya selain mencoba swing rope ini, Kamu juga bisa menjajal delapan hal ini saat liburan ke Medan.

***

Meski menakutkan, tak ada salahnya mencoba aktivitas ekstrem ini sekali seumur hidupmu. Tapi kalau Kamu sudah terindikasi lemah jantung atau punya tekanan darah tinggi, sebaiknya hindai permainan ini karena sangat berbahaya.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar