Ini Wujud Replika Candi Borobudur di Seoul yang Gegerkan Warga Korea Selatan

replika candi borobudur

Replika Candi Borobudur di Seoul yang gegerkan wisatawan. Sumber

Seoul International Buddhism Expo 2018 baru saja digelar pada Kamis (29/3) di Hall 3 Seoul Trade Exhibition and Convention (SETEC) Korsel. Dalam ajang ini stand Indonesia mendatangkan sebuah replika Candi Borobudur berukuran 1.2 x 1.2 meter persegi. Replika yang diterbangkan langsung dari Jawa Tengah ini dibuat dari bahan tembaga.

Meski sangat jauh dari ukuran yang sebenarnya, namun replika Candi Borobudur ini rupanya sukses menarik minat dan perhatian para wisatawan yang datang dalam ajang Seoul International Buddhism Expo 2018 tersebut. Tak kurang dari 1.000 orang telah berkunjung ke stand Indonesia untuk meminta informasi dan berfoto dengan replika Candi Borobudur tersebut.

Baca juga: Pose Cantik Ayana Jihye Moon, Hijabers Korea Saat di Borobudur

Salah satu pengunjung pun mengungkapkan kekagumannya pada bangsa Indonesia. Di mana pada masa abad 9, di mana segala hal masih sangat terbatas namun masyarakat Indonesia telah berhasil membangun sesuatu karya yang indah dan sarat dengan nilai budaya dan ajaran.

Di lain kesempatan Biksu Beophyeon, salah satu biksu terkemuka di Korea Selatan pun menyampaikan pesannya bagi warga Indonesia. Biksu yang akan menjadi Biksu Kepala ini meminta agar warga Indonesia mau menjaga dan melestarikan Candi borobudur. Menurutnya candi tersebut adalah salah satu peninggalan dan sumbangsih terbesar umat Buddha di dunia.

replika candi borobudur

Replika Candi Borobudur yang menarik minat warga Korsel. Sumber

Replika Candi Borobudur yang dihadirkan dalam ajang Seoul International Buddhism Expo 2018 sebetulnya merupakan sumbangan dari Philip Widjaja. Ia adalah salah satu tokoh Buddha Indonesia. Replika Candi Borobudur didatangkan khusus ke Korea Selatan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia sebagai pesan perdamaian.

Kedubes Indonesia ingin menyampaikan pada dunia bahwa, meski Borobudur yang merupakan peninggalan Umat Buddha tetap dijaga dengan baik di tengah masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam.

Baca juga: Jasa Penyewaan Stroller di Candi Borobudur Ini Mudahkan Liburan Bersama Si Kecil

Selain itu, Candi Borobudur juga telah menjadi simbol keharmonisan, toleransi dan kebesaran Bangsa Indonesia yang juga mengandung nilai-nilai sosial, pendidikan, budaya dan pariwisata.

Sekilas tentang International Buddhism Expo, ajang ini merupakan pameran yang digelar oleh organisasi terbesar Buddha di Korea Selatan. Sudah beberapa tahun belakangan Indonesia selalu rutin mengikuti ajang tersebut. Dan dalam penyelenggaraan tahun 2018 ini KBRI Seoul bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko serta Garuda Indonesia.

Dapatkan ulasan menarik tentang Candi Borobudur dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar