Mudik ke Lampung? Berikut Rekomendasi Destinasi Wisata Lampung yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Lampung adalah sebuah provinsi  di selatan Pulau Sumatera yang memiliki ciri khas yang tak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Pilihan destinasi wisata Lampung juga beragam, mulai dari keindahan alam, endemik bahkan budaya yang unik.

Selain jadi kota rantau, Lampung juga jadi salah satu tujuan mudik bagi para perantau di ibukota. Jika Anda termasuk salah satu pemudik yang baru saja pulang kampung ke Lampung, berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Lampung yang wajib Anda singgahi untuk melepas rindu:

1. Gunung Krakatau dan Pulau Sebesi

wisata unggulan lampung

Destinasi wisata Lampung yang jadi unggulan, Anak Gunung Krakatau. Foto oleh Wike Sulistiarmi/Phinemo

Kawasan Gunung Krakatau adalah kawasan cagar alam yang dilindungi. Saat ini Gunung Krakatau masih aktif dan masih mengeluarkan abu vulkanik serta gempa. Jarak aman menjelajahi gunung ini adalah sekitar 2-3 kilometer.

Dalam penjelajahan tim phinemo di Gunung Anak Krakatau, kami melihat sendiri luar biasanya Anak Krakatau. Daratan sepenuhnya berpasir dan beberapa berwarna merah bata karena aktivitas vulkanik yang masih aktif. Meskipun begitu, keindahan alamnya tidak terbantahkan. Di atas Anak Gunung Krakatau, pengunjung bisa melihat Pulau Panjang dan Induk Krakatau serta lautan yang indah.

Baca juga: Way Guyuran Gunung Rajabasa Lampung, Perosotan Air Alami Mirip Parit Abangan Lombok

Pulau Sebesi yang memiliki jarak sekitar 17 kilometer atau satu jam perjalanan dari kawasan Gunung Krakatau sering menjadi tempat paling aman untuk mengamati aktivitas Gunung Krakatau.

Bukan hanya mengamati aktivitas Gunung Krakatau saja, pengunjung juga bisa snorkeling, hiking ke gunung Pulau Sebesi dan melihat air terjun, hingga bermain kano.

2. Kota Bandar Lampung

wisata unggulan lampung

Kota Bandar Lampung. Sumber skyscrapercity.com

Ke Lampung tentu saja tidak lengkap jika belum mampir ke ibukota provinsinya yaitu Kota Bandar Lampung. Di sini pengunjung bisa merasakan budaya Lampung yang kental. Banyak festival budaya yang diselenggarakan untuk mengenalkan budaya Lampung kepada wisatawan. Salah satu contohnya adalah Lampung Krakatau Festival yang diselenggarakan tiap tahunnya.

Festival budaya seperti Lampung Krakatau Festival ini biasanya menampilkan tarian, kuliner, permainan daerah, hingga kain tapis sebagai kain khas daerah Lampung yang dibuat menggunakan cara tradisional.

Pilihan wisata di Bandar  Lampung juga beragam, mulai dari Museum Lampung, Slanik Waterpark, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung, Taman Kupu-kupu, Air Terjun Batu Putu, Monumen Krakatau, Anjungan Tulang Bawang dan banyak lagi.

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

wisata unggulan lampung

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan juga jadi destinasi wisata Lampung yangharus dikunjungi. Sumber foto

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan kawasan yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Taman nasional ini dilindungi dalam rangka pelestarian hutan hujan tropis.

Di taman nasional ini terdapat pantai, hutan hujan dataran rendah dan hutan hujan pegunungan yang menjadi rumah para Gajah Sumatera, Badak Sumatera, dan Harimau Sumatera. Jika beruntung, para pengunjung juga bisa melihat Rafflesia Arnoldi dan Kantong Semar di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini.

4. Wisata Taman Nasional Way Kambas

wisata unggulan lampung

Wisata Taman Nasional Way Kambas. Sumber foto

Taman Nasional Way Kambas adalah pusat konservasi hewan-hewan yang hampir punah seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Mentok Rimba, Badak Sumatera, dan Buaya Sepit.

Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Timur dan banyak menyimpan pemandangan yang tidak biasa. Di sini pengunjung juga bisa melihat Kuan Raja, Burung Pependang Timut, Bangau Tongtong, dan Sempidan Biru serta masih banyak lagi hewan unik dan langka lainnya.

5. Teluk Kiluan

wisata unggulan lampung

Destinasi wisata Lampung yang menawan, Teluk Kiluan dan para lumba-lumba. Sumber foto

Teluk Kiluan adalah sebuah tempat yang terkenal dengan pemandangan lumba-lumba di lautan lepas. Di sini para lumba-lumba biasa hidup dan beraktivitas.

Selain bisa melihat lumba-lumba, para pengunjung juga bisa mengunjungi Pulau Kelapa yang berada di dekat Teluk Kiluan yang terkenal dengan pasir lembut dan indah. Bukan hanya itu saja, di dekat Teluk Kiluan juga terdapat Laguna Gayau, sebuah kolam air alami yang terjebak oleh bebatuan karang. Pengunjung bisa berendam di sini dengan tenang.

6. Tanjung Setia

wisata unggulan lampung

Ombak di Tanjung Setia. Sumber foto

Tanjung Setia adalah tempat para surfer yang hobi mengarungi ombak. Biasanya tempat ini akan penuh dengan papan surfing  dan para bule yang ingin menjajal ombak Tanjung Setia yang sudah terkenal di mancanegara.

Bagi pengunjung yang hobi mengarungi ombak seharusnya juga mencoba untuk berselancar di Tanjung Setia ini.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Lampung yang Cocok untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

7. Menara Siger

wisata unggulan lampung

Menara Siger, destinasi wisata Lampung yang ikonik. Sumber foto

Menara Siger merupakan objek wisata yang bisa diakses dengan mudah saat ke Lampung. Objek wisata ini berada di Bakauheni, Lampung Selatan dan memiliki pemandangan yang sangat indah.

Menara Siger ini adalah menara yang menjadi ikon menyambut kedatangan orang-orang yang datang ke Pulau Sumatera khususnya Lampung.

Dapatkan ulasan menarik tentang Wisata Lampung dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar