Sidebar

Pulau Padar Nan Indah Kini 'Dihiasi' Sampah, Hayoo Salah Siapa

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Detik Travel baru saja merilis artikel, -yang menurut saya, isinya sangat memprihatinkan. Artikel yang dibuat dalam rangka “Let’s Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia” 26-29 Oktober 2016 yang lalu, berisi tentang Pulau Padar -yang notabene masih wilayah Taman nasional Komodo sebagai salah satu situs warisan dunia, mulai dikotori sampah pengunjung.

Banyak botol plastik berserakan di beberapa sudut Pulau Padar

Foto oleh Afif/Detik travel

Sampah, sampah, sampah. Masalah klasik. Destinasi wisata Indonesia seperti tak pernah jauh dari masalah sampah. Nampaknya, pemandangan indah di Pulau Padar (juga) tidak lagi menjadi pemandangan yang asri, karena beberapa sudut di Pulau Padar kini terdapat banyak sampah, mulai dari botol minum, plastik hingga tisu basah.

Meskipun terdapat tulisan ‘Akan Lebih Indah Tanpa Sampah’ di kawasan Pulau Padar, tapi masih banyak wisatawan tak sadar kebersihan lingkungan

Foto dari kopertraveler

Di pinggir pantai sebelum tanjakan menuju spot berfoto yang terkenal di kalangan iwisatawan, pihak dinas terkait telah memasang rambu-rambu untuk tidak membuang sampah sembarangan, namun nampaknya rambu-rambu ini tidak banyak dihiraukan oleh para wisatawan yang datang. Pasalnya, banyak sekali sampah plastik yang berceceran.

Nah loh.. Kerjaan siapa coba, tuh?

Di Pulau Padar memang belum ada tempat sampah, tapi ini bukan alasan untuk buang sampah sembarangan!

Cantiknya view dari Pulau Padar. Foto oleh kontributor Phinemo, Vivi Suciana

Di kawasan Pulau Padar memang belum disediakan tempat sampah. Namun meskipun begitu, kebersihan lingkungan haruslah tetap dijaga. Mari bersama-sama mulai memperhatikan hal-hal kecil selama traveling, seperti membawa sampah jika tidak disediakan tempat sampah di spot wisata.

***

Buat kamu yang suka jalan-jalan, jangan suka buang sampah sembarangan, ya! Meskipun nggak ada tempat sampah di spot wisata yang kamu kunjungi, masukan saja ke kantong plastik dan buang ketika kamu menemukan tempat sampah. Jika memang mengaku ‘traveler’, ayo kita buat destinasi wisata yang ada di bumi nusantara ini tetap terjaga.

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Pantai Senggigi Lombok, Melihat Pesona Gunung Agung di Bali dari NTB

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

Mentigi Bay Dome Villas, Hotel Unik di Lombok yang Indah dan Populer

Air Terjun Penimbungan, Keindahan Tak Terjangkau di Gunung Rinjani

Fenomena Unik Topi Awan di Gunung Rinjani, Pertanda Apa?

Cerita Misteri Pendakian Gunung Rinjani di Pulau Lombok

FALLBACK
The END