Potret Memukau Masjid Mengapung di Atas Air yang Ada di Indonesia

Masjid Amirul Mukminin di Makassar (Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah)

Sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 800.000 masjid. Beragam corak dan insfrastruktur unik juga ditampilkan dalam tempat ibadah yang kerap dijadikan wisata religi ini, salah satu keunikannya adalah tipe masjid mengapung di atas air.

Baca Juga: Masjid Agung Natuna, Ikon Wisata Religi Sekaligus Taj Mahal-nya Kepri

Masjid mengapung di atas air ini sejatinya berpangkal pula pada latar beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki budaya pesisir yang kuat.

Orang-orang yang tinggal di daerah sekitar sungai utamanya lebih akrab dengan membuat kehidupan dekat dengan air, atau bahkan di atasnya.

Hal ini termasuk ketika orang-orang dengan latar kultur ini mempraktikkan ajaran agama, melalui tempat ibadah, hingga terbentuklah bangunan masjid mengapung di atas air.

Wisata religi Masjid mengapung di atas air

View this post on Instagram

Masjid Oesman Alkhair #sukadana #oesmanalkhair #pulaudatok #kayongutara #wonderfullkayongutara #dronestagram #dronegear

A post shared by Borneo-Skycam (@borneoskycam) on

Kamu yang tertarik untuk beribadah sembari menyelami destinasi wisata religi yang unik ini, Kamu dapat berkunjung ke Masjid Oesman al Khair yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 silam, masjid mengapung di atas air ini diberi nama sesuai dengan pendirinya, yakni politisi dan pengusaha Oesman Sapta Odang.

Masjid ini terletak di tepi pantai dengan desainnya yang mengambil inspirasi dari Arab Saudi serta Maroko. Ketika berkunjung ke sini, Kamu akan mendapati Masjid Oesman al Khair tampak seperti mengambang di permukaan air dengan tiang setinggi 23 meter yang menopangnya dari dasar laut.

masjid mengapung di atas air

Masjid Amirul Mukminin di Makassar (Shutterstock/Akhmad Dody Firmansyah)

Satu lagi yang bisa Kamu kunjungi ketika hendak menyaksikan keindahan masjid mengapung di atas air, adalah bertandang ke Masjid Amirul Mukminin yang ada di Makassar.

Dikenal pula sebagai 99 Al Makazzary Mosque atau mengacu pada 99 nama Allah, Masjid Amirul Mukminin ini dibangun sekaligus pula sebagai landmark atau ikon utama dari Makassar, sulawesi Selatan.

Baca Juga: Mengenang Soeharto Melalui Masjid Istiqlal Indonesia di Bosnia

Masjid mengapung di atas air ini memiliki tiga lantai dan terletak di sebelah timur pantai Losari. masjid Amirul Mukminin dapat menampung hingga 500 jamaah.

Masjid ini memiliki dua kubah, masing-masing berukuran 9 meter. Kamu yang tertarik untuk jalan-jalan ke sini, bisa pula menikmati pemandangan laut lepas yang menarik untuk merenung maupun berontemplasi.

Dapatkan ulasan menarik tentang wisata religi dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran