Sidebar

Potret Carut Marut Dunia Akibat Ulah Manusia

Anda mungkin tidak khawatir dengan apa yang terjadi, tapi ulah tangan manusia efeknya sangat terasa seiring jungkir balik dunia.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Sudah jelas bahwa saat ini manusia membuat dampak yang mengesankan pada planet bumi. Sayangnya, dampak yang diberikan bukan positif. Anda mungkin tidak khawatir dengan apa yang terjadi, tapi efeknya sangat terasa dan itu bertambah buruk seiring jungkir balik dunia.

Lihat saja foto berikut yang menunjukkan tingkat polusi di Mexico City. Ketika populasi makin bertambah, Anda akan melihat bagaimana area ini menjadi tidak ramah bagi hewan di wilayah tersebut.

Meksiko City terlihat dipenuhi dengan polusi udara yang mengerikan. Foto/Center for Deep Ecology

Baca juga: Bagaimana Menjadikan Perjalanan Anda Semakin Sustainable Untuk Lingkungan

Tak hanya sampai situ saja, coba lihat foto di bawah ini. Foto ini diambil di Port-au-Prince, Haiti, salah satu negara termiskin di dunia.

Keadaan ruma-rumah di Haiti. Foto oleh Center for Deep Ecology

Perhatikan bagaimana rumah-rumah ditumpuk. Dari atas, Anda tidak bisa melihat tanah. Sedihnya, kota ini tidak memiliki cukup uang untuk melaksanakan upaya pembuangan limbah dan konservasi yang tepat. Sehingga bisa diprediksi bahwa Haiti tidak akan mengalami perubahan dalam waktu dekat.

Beginilah keadaan New Delhi, India berkat 25 juta manusia yang meninggalinya

Ini foto udara India. Foto oleh Center for Deep Ecology

Ini adalah potret New Delhi yang padat dari udara. India ternyata memiliki efek yang merusak lingkungan dunia. Kami tahu itu sulit dipercaya. Namun, bisakah Anda benar-benar menyangkalnya setelah melihat bidikan udara kota ini?

Ada lebih banyak bangunan daripada pepohonan. Bahkan, hampir tidak ada tanaman hijau di mana saja dan itu berkat 25 juta orang yang tinggal di sini.

Amerika Serikut ikut serta membawa kerusakan bumi

Foto/Center for Deep Ecology

Apakah Anda pikir kerusakan lingkungan tidak mempengaruhi Amerika Serikat? Kami kira tidak. Kebiasaan masyarakat Los Angeles pada malam hari yang tidak terlalu menyoalkan listrik, menjadi penyumbang pemborosan listrik dunia yang tidak bisa ditolerir.

Pabrik yang tak pernah peduli tentang efek lingkungan di Bangladesh

Foto/Center for Deep Ecology

Foto ini menunjukkan bagaimana manusia merusak bumi. Ini adalah keadaan wilayah pabrik pembakaran di Bangladesh. Jelas sekali, ini adalah salah satu daerah di dunia yang tidak peduli tentang lingkungan.

Hidup akan sulit jika tempat-tempat seperti ini tidak segera mengatasi masalah ini.

Kanada yang terkenal cantik pun tak selalu sempurna, tangan manusia memang sama saja

Foto/Center for Deep Ecology

Ini adalah salah satu potret pabrik pengolahan pasir minyak di Kanada. Meskipun di Kanada keindahan alamnya sangat cantik dan hijau, nampaknya tempat ini jadi pengecualian.

Hutan yang ditebang semakin banyak

Pepohonan ditebang. Foto/Center for Deep Ecology

Anda tidak melihat mesin di foto ini. Tetapi Anda tidak perlu kacamata untuk melihat dampak utama yang dimiliki umat manusia terhadap salah satu hutan di Oregon. Meskipun kami tidak menyangkal bahwa bendungan memiliki nilai tersendiri, namun tak sepadan dengan dampak penggundulan hutan.

Baca juga: Menjadi Traveler Ramah Lingkungan Ternyata Tidak Sulit, Ketahui Faktanya di Sini!

Lubang besar eksploitasi sumber daya planet

Manusia ternyata mengerikan. Foto/Center for Deep Ecology

Ini bukanlah pemandangan yang bisa dianggap mengagumkan. Justru, manusia harusnya malu karena keserakahannya mengekploitasi sumber daya planet. Bisa dibilang, kini bumi makin tergerus, dan mungkin menghilang seiring waktu.

Pertambangan minyak Kanada yang ditinggalkan setelah dikuras habis

Pertambangan yang ditinggalkan. Dulunya cantik tapi sekarang tidak lagi. Foto/Center for Deep Ecology

Anda tidak melihat banyak mesin di pabrik pengembangan pasir minyak Kanada ini. Tetapi Anda dapat melihat efek samping yang sangat besar yang dihasilkan oleh pengembangan manusia di lingkungan sekitar pabrik.

Tanah pembuangan ini dulunya indah dan hijau. Sekarang ini telah direduksi menjadi tidak lebih dari tanah kosong yang mengerikan.

Dan beginilah potret hutan di Kalimantan Tengah yang katanya jadi paru-paru dunia

Potret deforestasi lahan di Kalimantan Tengah pada tahun 2014. Foto dari Lili Lambe / Mongabay

Per September tahun 2013, PT. Wahana Catur Jaya Utama (WCJU) telah mengubah hutan seluas 1400 hektar menjadi perkebunan sawit. PT. Wahana Catur Jaya Utama (WCJU) sendiri merupakan salah satu perusahaan sawit di Kalimantan Tengah yang hingga saat ini masih melakukan alih fungsi hutan dan lahan gambut menjadi perkebunan sawit.

Bila dulu hutan di Kalimantan dikenal sebagai salah satu paru-paru dunia dengan keragaman hayatinya, kini laris manis bisnis perkebunan sawit mengubah hutan menjadi lahan monokulturasi. Dampaknya, deforestasi hutan meningkatkan kerawanan bencana alam seperti longsor, banjir, dan kekeringan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kiamat Sudah Dekat? Populasi Penduduk Bumi Diprediksi Menurun Tajam

Sisi Lain Negara India yang Tak Terlihat di Film Bollywood, Seperti Apa?

Tempat Wisata di Indonesia Seharusnya Ditata Ulang Setelah Pandemi

Limbah Infeksius Covid-19 Pasca Pandemi, Ancaman Baru Lingkungan

San Rafael Waterfall, Misteri Raibnya Air Terjun Tertinggi di Ekuador

Setop Penyebaran Virus Corona dengan Basmi Kelelawar, Benarkah?

FALLBACK
The END