facebook pixel

Pertama Kali Caving ke Gua Jomblang? Perhatikan Hal Ini Sebelum ke Sana

Best time mengunjungi Gua Jomblang adalah ssekitar pukul 10:00-14:00 WIB. Karena "the light of heaven" bagus dinikmati jam-jam ini.


Hingga saat ini, susur gua masih menjadi salah satu kegiatan alam bebas yang lumayan ekstrim. Memang tidak sepopuler naik gunung, namun caving adalah kegiatan alam yang harus kamu coba. Apalagi salah satu gua di Indonesia, yaitu Gua Jomblang mendapatkan gelar Amazing photo of the Year’s 2016 oleh The Weather Channel.

amazing photo of the years gua jomblang

Foto dari sini

Nah, sebelum menelusuri keindahan Gua yang terletak di Gunung Kidul ini, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar petualanganmu menyusuri gua ter-amazing ini menjadi pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Perhatikan waktu kunjungmu ke Gua Jomblang, karena pilar cahaya indah muncul di jam tertentu

Best time mengunjungi Gua Jomblang adalah ssekitar pukul 10:00-14:00 WIB. Karena pilar cahaya yang orang sering menyebutnya “the light of heaven” bagus dinikmati jam-jam tersebut. Jadi, jangan sampai kamu salah waktu saat mengunjungi Gua ternama di Jogja ini.

Perhatikan transportasi yang akan kamu gunakan

Transportasi adalah hal yang penting saat memutuskan untuk ke Gua ini, usahakan gunakan kendaraan pribadi, karena transportasi umum menuju ke Gunung Kidul tidak ada (biasanya hanya ada ojek).

Perhatikan jalur menuju Gua ini, karena banyak pengunjung mengaku kebingungan dengan jalurnya. Apalagi jika kamu kemalaman, kebanyakan jalur ke Gunung Kidul masih minim pencahayaan. Jadi, usahakan untuk datang sebelum malam tiba.

Well, jika kamu menggunakan transportasi umum, dari terminal Giwangan, carilah bus tujuan Wonosari, lalu setelah sampai di terminal Wonosari, naiklah minibus jurusan Semanu, setelah sampai di terminal Semanu kamu bia menuju lokasi dengan Ojek.

Butuh tempat menginap?

Jika kebetulan sudah kemalaman saat sampai di Jogja, lebih baik kamu menginap perkotaan Jogja, karena jarak pusat kota menuju lokasi caving sangatlah jauh, kira-kira kamu akan menempuh jarak 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam. Kamu juga bisa mengisi malam menginap di kota dengan menikmati ramainya Jogja dengan foto-foto di tugu Jogja, ke Alun-alun Selatan, atau Malioboro.

Jika kamu ingin menginap di daerah Gunung Kidul, kamu bisa mencari pantai disekitar dan mendirikan tenda di sana. Ini lumayan menekan pengeluaranmu. Tapi, jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa menginap di resort Jomblang, tapi jangan tanya biayanya berapa lho ya!

Alat yang perlu kamu persiapkan?

Kamu nggak usah khawatir dengan peralatan caving, karena di Gua Jomblang sudah disediakan peralatan yang memadai, dari helm, tali, dan semua peralatan SRT (Single Rope Technique). Yang perlu kamu persiapkan hanyalah mental, senter, kamera dan baju ganti.

Tidak usah khawatir dengan teknik naik dan turun gua karena kamu juga akan diajari oleh para instruktur caving.

Bujet yang harus kamu persiapkan

Jika kamu ikut open trip mungkin harganya akan lebih mahal, sekitar lebih dari Rp 650 ribu belum termasuk transport sampai ke Jogja. Jika kamu melakukan perencanaan sendiri, kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih dari Rp 650 ribu plus transportasi plus keliling spot menarik di perkotaan Jogja.

Caving Jomblang biasanya dipungut biaya Rp 450 ribu plus transport+dijemput dari Wonosari+makan siang. Jika kamu menginap disekitar pantai kamu hanya akan mengeluarkan uang Rp 4 ribu untuk retribusi pantai, jika dibandingkan menginap di ressort akan jatuh mahal. Paling tidak kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 300 ribuan.

***

Have fun dengan rencana liburanmu ke Jomblang, ya! Jika ada pertanyaan seputar Jomblang atau destinasi wisata lain, kamu bisa menambahkan komentarmu di kolom komentar di bawah ini.

banner experience