Keroncong Zaman Now Di Pasar Keroncong Kotagede 2017

Yati Pesek pada saat tampil di Pasar Keroncong Kotagede 2016. Sumber foto

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang kaya akan budaya dan seni, selain memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik. Kota yang terkenal dengan gudegnya ini tidak pernah mati dari hingar bingar kreatifitas warganya.

Setelah sukses mengadakan event Ngayogjazz 2017 bulan lalu, kini Yogyakarta akan kembali diramaikan dengan syahdunya alunan musik keroncong dalam event Pasar Keroncong Kotagede 2017.

Pasar Keroncong Kotagede kembali digelar tahun ini tepatnya pada hari ini Sabtu, 9 Desember 2017. Ini adalah tahun ketiga event ini digelar.  Pasar Keroncong Kotagede tahun ini mengusung tema ‘Gotong Kroncong Bebarengan’.

Dipilihnya tema tersebut dikarenakan berakitan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Gotong Keroncong merupakan plesetan dari gotong royong yang berarti pergelaran ini dibuat secara bersama-sama.

Selain itu, kegiatan ini menjadi medium untuk kembali mengukuhkan nilai gotong royong yang perlahan mulai dilupakan masyarakat karena tergerus zaman.

Pada Pasar Keroncong Kotagede tahun ini porsi yang diberikan kepada musisi muda pun lebih besar. Hal ini dikarenakan ada banyak generasi muda yang menggeluti keroncong dengan gaya dan cara mereka.

Banyak juga musisi muda yang memadukan musik keroncong dengan sentuhan musik modern. Oleh karena itu salah satu tujuan Pasar Keroncong Kotagede 2017 ke depannya bisa lebih mendekatkan keroncong kepada publik dengan sentuhan modern.

Pembagian Panggung dan Rundown Pasar Keroncong Kotagede. Sumber foto

Ada sekitar 12 orkes keroncong (OK) yang ikut ambil bagian dan sejumlah bintang tamu, seperti Sruti Respati, OK Dara, OK Berangkat, OK Kharisma, Kelompok Swara Ratan, Hannah Standiford, dan sebagainya.

Dengan menggandeng banyak musisi muda, diharapkan keroncong sebagai produk seni harus tetap tumbuh. Keroncong harus berkembang dan tidak melulu berkisar pada stambul, langgam, dan keroncong asli.

Event ini dijadikan media untuk mendekatkan kembali komunitas-komunitas keroncong dan dikembangkan oleh anak-anak muda untuk menuangkan gagasan dan ide-idenya.

Ada tiga panggung yang disiapkan untuk memuaskan hasrat para penikmat keroncong. Ketiga panggung tersebut antara lain; Panggung Loring Pasar, panggung ini berlokasi di lor pasar (utara pasar) Kotagede dengan mengambil tempat di Jalan Mondorokan yang terbilang padat dan tepat di utara pasar. 

Panggung Sopingen, terletak di halaman Pendopo Sopingen yang terbilang luas akan digunakan lagi sebagai salah satu panggung Pasar Keroncong Kotagede. Berada di barat laut Pasar Kotagede, merupakan kediaman Raden Amatdalem Sopingi yang menjabat sebagai kepala lurah juru kunci makam Kesultanan Solo.

 Dan panggung yang ketiga adalah Panggung Kajengan terletak halaman Pendopo Kajengan yang luas akan digunakan sebagai panggung Pasar Keroncong Kotagedeberada di barat laut Pasar Kotagede lebih tepatnya di kampung Trunojayan, Prenggan, Kotagede.

Pasar Keroncong Kotagede 2017 akan diadakan pada hari ini Sabtu, 09 Desember 2017, mulai dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Denah Menuju Lokasi

Buat kamu yang bukan orang asli Jogja dan buta jalanan Kota Jogja, kamu tidak perlu bingung, karena kamu hanya perlu melihat denah menuju lokasi yang sudah diberikan pihak penyelenggara Pasar Keroncong Kotagede diatas.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Ahmad Nursani

Tags: ,

Paket Produk Penawaran