Paropo di Danau Toba, Ranu Kumbolonya Sumatera Utara

Tahukah Kamu, bahwa keindahan Danau Toba nggak melulu tentang Pulau Samosir lho. Ada juga Paropo yang nggak kalah cantik dan menawan. Masih asing dengan destinasi wisata ini? Kuy kenalan dulu kita!

Paropo Danau Toba, desa kecil yang jadi tempat strategis untuk menikmati Danau Toba

paropo danau toba

Panorama alam Paropo Danau Toba. Sumber foto dari anakmandiri.org

Paropo adalah sebuah desa kecil yang letaknya di Kecamatan Silalahi Sabungan Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Merupakan desa indah yang letaknya tepat di tepian Danau Toba.

Tempat ini jadi salah satu tempat strategis dan asyik untuk sekadar duduk santai sambil menikmati keindahan Danau Toba. Ditemani angin sepoi-sepoi dan udara yang sejuk, Kamu pasti betah tinggal lama di Paropo.

Selain untuk bersantai menikmati Danau Toba, destinasi yang fotogenik ini juga sering dijadikan wahana buat hunting foto.

Banyak yang bilang bahwa Paropo adalah Ranu Kumbolonya Sumatera

paropo danau toba

Potret Ranu Kumbolo Gunung Semeru. Foto dari tekoo.com

Ini adalah gambar Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, yang terkenal sebagai salah satu danau tercantik di Indonesia. Kalau Paropo Danau Toba dibilang Ranu Kumbolonya Sumatera, maka otomatis destinasi ini emang indah banget. Nggak kalah deh sama Ranu Kumbolo.

Perairan Danau Toba yang bersih dan hijaunya perbukitan di sekitar bikin tempat ini mirip banget sama Ranu Kumbolo. Kamu pasti tambah yakin kalau Paropo ini mirip Ranu Kumbolo setelah lihat foto ini.

paropo danau toba

Potret Paropo Danau Toba yang tampak mirip Ranu Kumbolo. Foto dari www.agnesiarezita.com

Gimana, setuju kan?

Panoramanya yang cantik membuat Paropo jadi tempat favorit buat camping

paropo danau toba

Jadi spot favorit buat camping, Sumber foto dari mulpix.com

Camping nggak harus selalu di gunung, tapi bisa juga di tepi pantai atau danau. Kayak di Paropo ini, banyak wistawan yang sering camping di area tepi danaunya. Bahkan Paropo ini jadi salah satu spot camping favorit di kawasan Danau Toba.

Selama camping di sini, Kamu bakal disuguhi sebuah keajaiban alam yang menakjubkan. Di satu sisi tenda Kamu bisa melihat hamparan air Danau Toba, sedang di sisi lain Kamu akan melihat jejeran perbukitan yang nggak pernah bosen buat dinikmati.

Biar suasana camping makin seru, bisa juga nih sambil mancing dan bakar-bakar ikan

paropo danau toba

Mancing terus bakar ikan deh. Sumber foto www.slyzor.com

Banyak di antara wisatawan yang datang ke sini menyempatkan diri buat mancing. Selain bisa buat refreshing, mancing juga bisa buat ajang untuk mengasah kesabaranmu. Syukur-syukur kalau dapet ikan banyak, bisa tuh langsung dibakar rame-rame pas lagi camping. Pasti tambah seru!

Saran: Kalau Kamu pengen mancing di sini, jangan lupa buat bawa peralatan mancing sendiri ya gais. Soalnya di Paropo Danau Toba nggak ada yang nyewain peralatan buat mancing.

Yang bikin lebih bangga, banyak pihak yang peduli dengan keindahan dan kelestarian lingkungan di kawasan ini

paropo danau toba

Event 1001 tenda di Paropo Danau Toba. Foto dari tribunnewsmedan

Tanggal 24 Juli 2017 lalu, digelar sebuah acara dengan tema 1.000 tenda yang mengajak anak-anak komunitas traveling dan anak muda. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengajak anak-anak muda yang hobi jalan-jalan untuk mau mengeksplore keindahan Paropo Danau Toba dan mempromosikannya menjadi destinasi wisata camping.

Acara ini digelar oleh  Rumah Karya Indonesia (RKI) bekerja sama dengan PLN Peduli, Jendela Danau Toba, dan Geopark Danau Toba. Dengan adanya acara 1.000 tenda ini harapannya makin banyak anak muda yang mau peduli dengan keindahan dan kelestarian lingkungan.

Artinya nggak cuma suka menikmati keindahannya aja, sibuk berfoto dan mengupload ke sosmed, tapi juga ikut menjaga lingkungan. Misalnya dengan membawa pulang sampah yang udah Kamu buat, ikut membersihkan kalau menemukan sampah di sekitar dan nggak merusak pohon.

Nah dengan begitu nantinya destinasi Paropo Danau Toba ini makin terkenal dan kelestarian alam pun ikut terjaga juga. Keren kan?

***

Percayalah bahwa Indonesia itu terlalu indah untuk dinikmati sendiri. Nggak masalah sih mengajak orang untuk ikut menikmati keindahan di setiap celahnya. Tapi jangan lupa juga untuk mengedukasi agar mereka juga mau ikut serta membantu melestarikan dan menjaga alam. Biar tetap indah dan sedap dipandang mata. Setuju?

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang Danau Toba dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar