New Yogyakarta International Airport, Bandara Baru di Yogyakarta yang Siap Beroperasi Akhir April 2019

New Yogyakarta International Airport di Yogyakarta (Instagram/@sutopopurwo)

Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport-YIA) di Kulon Progo beberapa waktu telah melaksanakan uji kelayakan operasional dan secara resmi akan mulai beroperasi pada 29 April mendatang. PT. Angkasa Pura I menunggu lampu hijau dari Kementerian Perhubungan untuk operasi bandar udara baru ini.

Bandara Internasional Yogyakarta atau juga sering disebut New Yogyakarta International Airport (NYIA) sebenarnya belum sepenuhnya selesai terbangun. Hingga bulan April 2019 ini penyelesaian baru mencapai 50%.  Airside telah selesai 100% dan bangunan terminal selesai 12.900 meter persegi dari 210.000 meter persegi yang direncanakan. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada sepenuhnya pada akhir tahun 2019.

NYIA ini berdiri diatas lahan seluas 600 hektar dan menelan biaya sekitar Rp. 6 triliun. Bandara tersebut diprediksi akan memiliki terminal seluas 106.500 meter persegi dengan kapasitas 10 juta penumpang per tahun. Hanggar pesawat di NYIA memiliki luas 371.125 meter persegi yang mampu menampung hingga 28 unit pesawat.

Beberapa waktu lalu Menteri Perhubungan Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Instagram pribadinya (@sutopopurwo) membagikan beberapa potret keindahan NYIA yang setengah jadi ini.

Landasan pesawat di Bandara NYIA.
Suasana Bandara NYIA saat senja.
Bandara NYIA saat malam hari.
Ruang tunggu Bandara NYIA
Tempat pemesanan tiket pesawat.
Bangunan bandara tampak dari hanggar pesawat.
Tempat pemeriksaan koper dan barang bawaan penumpang.

Setelah menyelesaikan proses pembangunannya, bandara ini nantinya akan menerima penerbangan hasil pengalihan dari Bandara Adi Sucipto. Selama ini Bandara Adi Sucipto sudah sangat kewalahan menampung kapasitas penumpang dan pesawat.

Dapatkan ulasan menarik tentang Yogyakarta dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar