Menguak Sisi Lain Taman Nasional Baluran, Tak Melulu Sabana Bekol

Ide wisata Taman Nasional Baluran, tak melulu soal sabana bekol (superadventure.co.id).

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional di Provinsi Jawa Timur, tepatnya diantara wilayah Wongsorejo-Banyuwangi dan Banyuputih-Situbondo. Baluran menjadi taman nasional yang memiliki vegetasi paling beragam, diantaranya padang sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan evergreen, dan hutan pantai.

Berkunjung ke Taman Nasional Baluran tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan menyambangi sabana bekol, padang rumput luas layaknya di Benua Afrika. Sebenarnya Taman Nasional Baluran tidak melulu soal sabana bekol saja, ada banyak kegiatan seru yang juga dapat dilakukan di kawasan lindung ini. Berikut ini beberapa ulasannya.

1. Bermain Air di Pantai Bama

Pantai Bama merupakan kawasan pesisir dari Taman Nasional Baluran yang memiliki pasir putih dan perairan jernih berombak tenang. Kehadiran kawanan monyet hutan di hutan pesisir pantai, menambah daya tarik Pantai Bama. Pengunjung yang seringkali datang ke Pantai Bama adalah para penjelajah hutan, namun demikian tak sedikit rombongan wisatawan juga menyambangi pantai ini tempat rekreasi.

2. Bird Watching

Taman Nasional Baluran adalah habitat bagi puluhan spesies burung endemik yang terancam punah, sehingga sangat cocok untuk kegiatan bird watching. Beberapa spesies burung di Taman Nasional Baluran diantaranya adalah alap-alap api, kangkareng, rangkong, merak, ayam hutan merah, tuwuk asia, dan bangau tong-tong.

(itraveling.xyz)

3. Berinteraksi dengan Banteng dan Rusa

Banteng merupakan hewan endemik di Taman Nasional Baluran. Pada saat-saat tertentu kawanan banteng liar akan merumput di padang sabana bekol untuk mengisi perut. Beberapa kawanan rusa liar juga sesekali akan merumput di tempat yang sama. Berbeda dengan banteng, rusa liar cenderung lebih tenang dan jinak.

4. Safari dengan Jeep

Mengingat bahwa Taman Nasional Baluran sangat luas dan memiliki vegetasi yang beragam, untuk menjelajahi sampai ke sudut yang terdalam dapat dilakukan dengan bersafari menggunakan jeep. Berkeliling melihat-lihat hewan-hewan buas seperti banteng, kerbau liar, rusa, macan tutul, dan kancing. Bersafari dengan jeep di Taman Nasional Baluran akan serasa menjelajahi padang sabana di Benua Afrika.

(pesona.travel)

Jelajahi indahnya Afrika di Pulau Jawa dengan mengunjungi Taman Nasional Baluran bersama Phinemo Marketplace. Ratusan produk wisata dari tour opertaor terbaik tersedia di halaman Phinemo Marketplace. Transaksi aman dengan fitur dompet bersama. Baca selengkapnya melalui link berikut >> Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang taman nasional baluran dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....