Mengenal Pahlawan yang Telah Selamatkan 13 Pesepak Bola Thailand dari Gua

Kesuksesan tim penyelam dan penyelamat mengevakuasi 13 pesepak bola Thailand tak bisa lepas dari sosok ahli anestesi asal Adelaide, Richard Harris.

Ditulis Oleh Echi

An honour guard hold up a picture of Samarn Kunan, 38, a former member of Thailand's elite navy SEAL unit who died working to save 12 boys and their soccer coach trapped inside a flooded cave, at an airport in Rayong province, Thailand, July 6, 2018. REUTERS/Panumas Sanguanwong - RC1FCCB34170

Dua belas pesepak bola tim Wild Boar dan pelatihnya yang terperangkap di dalam gua di Chiang Rai telah berhasil diselamatkan pada 11 Juli 2018. Setidaknya mereka harus istirahat selama seminggu untuk memastikan mereka dalam keadaan aman dan tak terjangkit infeksi.

Baca juga: 10 hari terjebak dalam gua, 13 pesepak bola Thailand ini berhasil ditemukan

Penyelam Harris. Foto dari smh.com.au

Kesuksesan tim penyelam dan penyelamat mengevakuasi korban tak bisa lepas dari sosok ahli anestesi asal Adelaide, Richard Harris. Richard Harris menjadi salah satu ahli selam internasional yang membantu misi penyelamatan sulit dan berbahaya tersebut. Pada Sabtu (7/7), Harris menyelam menuju lokasi terperangkapnya tim sepak bola tersebut. Ia berupaya membersihkan jalan supaya penyelamatan yang dilakukan pada Minggu (8/7) berjalan mulus.

Melansir dari smh.co.au, David Strike, pemilik dive center, telah mengenal Dr Harris selama lebih dari satu dekade. Dia mengatakan bahwa Dr. Harris memiliki semua karakteristik untuk melakukan misi penyelamatan.

Dr. Harris telah menyelam selama lebih dari 30 tahun, dan dengan cepat mengembangkan kemajuan teknologi penyelaman untuk membantu menjelajah dan memotret gua di Australia dan luar negeri.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ia juga terlibat dalam eksplorasi gua-diving di Australia, Cina, Pulau Christmas dan Selandia Baru. Menurut David Strike, Harris adalah sosok yang sangat aktif dan tertarik pada penyelaman keselamatan dan investigasi kecelakaan.

Terlepas dari pengalaman eksplorasi guanya, sebagai ahli anestesi dan profesional medis yang juga terlibat dalam pengambilan obat, dia adalah seseorang yang tenang menilai situasi apa pun dan kemudian bertindak dengan tepat.

Dr. Harris ini hanyalah satu dari banyak anggota tim penyelaman internasional yang telah membantu mengevakuasi korban. Mereka adalah sosok yang sudah memenuhi kualifikasi dan bersiap mengorbankan nyama demi keselamatan, kenyaman, dan kesejahteraan orang lain.

Samarn Kunan, mantan anggota SEAL Thailand meninggal dalam usia 38 tahun. REUTERS/Panumas Sanguanwong – RC1FCCB34170

Selain Dr. Harris, sosok superhero di dunia nyata yang telah menyelamatkan ke dua belas siswa dan seorang guru adalah Samarn Kunan. Ia adalah mantan anggota Angkatan Laut Kerjaan Thailand yang merupakan pensiunan berpangkat Petty Officer 1st Class.

Baca juga: Flying fox macet, ayah dan anaknya terjebak di tali dan di bawahnya ratusan buaya

Dalam upaya membantu proses penyelamatan anak-anak tersebut, Kunan tewas. Ia kehabisan oksigen usai memberikan tabung oksigen kepada para siswa dan pelatihnya.

Melansir dari berbagai sumber, Kunan sempat pingsan setelah memberikan tabung oksigen tersbeut. Petugas lainnya telah mencoba membangunkannya tapi tidak berhasil. Petugas lalu membawanya ke rumah sakit yang kemudian ia dinyatakan meninggal.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BANGKOK, tulisan lain Echi

Kontes menulis berhadiah voucher hotel dari Phinemo. Ikuti sekarang

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post