Insiden Lion Air Tabrak Tiang Bandara, Penerbangan Ditunda 20 Menit

sayap pesawat (Foto/Tribun)

Insiden pesawat Lion Air tabrak tiang terjadi pada hari Rabu (7/11/2018) sekitar pukul 19.00 WIB. Diketahui sayap pesawat sebelah kiri menabrak tiang di Bandara Fatmawati, Bengkulu dengan titik koordinat di depan VVIP bandara.

Kejadian maskapai penerbangan Lion Air tabrak tiang ini dilaporkan hingga menyebabkan bagian sayap robek. Romidi Karnawan, salah penumpang Batik membenarkan insiden itu.

Baca Juga: Critical Eleven, Momen Kritis 11 Menit dalam Dunia Penerbangan

Saat itu, pesawat Batik yang ia tumpangi tak dapat ke landasan pacu karena insiden yang terjadi pada pesawat Lion Air tersebut. Para penumpang Batik sempat turun pesawat termasuk Romidi dan melihat pesawat Lion Air tersebut.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Pramintohadi Sukarno mengatakan pilot dan pesawat Lion Air JT 633 telah digrounded setelah sayap pesawat menabrak tiang listrik.

Hal tersebut dilakukan untuk keperluan investigasi terkait insiden di Bandara Fatmawati, Bengkulu. “Saat ini pesawat dan pilot telah digrounded untuk keperluan investigasi,” ujar Pramintohadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 7 November 2018.

Sayap Lion Air tabrak tiang

lion air tabrak tiang

sayap pesawat (Foto/Tribun)

Pramintohadi menjelaskan, sayap pesawat Lion Air tabrak tiang berjenis Boeing 737-900 ER, registrasi PK-LGY dengan nomor penerbangan JT 633 yang akan berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Soekarno Hatta di Banten pada sekitar pukul 18.20 WIB.

Atas insiden ini, Pramintohadi menuturkan akan dilakukan investigasi dan Pengoperasian Pesawat Udara, Inspektur Bandar Udara dan Inspektur Navigasi Penerbangan guna melihat penyebab kejadian dan langkah tindak lanjut yang tepat.

“Kami telah menginstruksikan kepada Kabandara untuk memastikan maskapai penerbangan memenuhi kewajiban sesuai ketentuan dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang,” kata Pramintohadi dilansir Tempo. 

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, meminta maaf atas insiden ini. Dia mengatakan saat ini telah mengirimkan tim guna pemeriksaan terhadap pesawat tersebut.

Baca Juga: Inilah 5 Faktor Penyebab Pesawat Jatuh yang Perlu Anda Ketahui

Penundaan penerbangan sempat dilakukan. Atas insiden ini diketahui penerbangan molor hingga 20 menit. Danang berujar, penerbangan JT-633 rencananya akan diberangkatkan pada malam ini, dengan menggunakan pesawat yang didatangkan dari Jakarta. Penerbangan Lion Air JT-633 ini akan mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang.

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,” ungkap Danang.

Dapatkan ulasan menarik tentang info penerbangan dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.