9 Tempat di Indonesia yang Sajikan Kuliner Super Pedas

Kuah seblaknya bikin huh hah! Sumber foto

Makan tanpa sambel itu bagai traveling tanpa foto-foto,

Entah mengapa, sambal sebagai lambang rasa pedas tak pernah bisa lepas dari tiap hidangan masakan Indonesia.

Sebagai surganya kuliner pedas, Indonesia juga memodifikasi beragam kuliner dengan rasa pedas. Mulai dari hidangan ringan hingga hidangan beratnya.

Berikut ini adalah kuliner super pedas Indonesia yang bisa bikin Kamu ngomong kalau “Indonesia adalah surganya kuliner pedas dunia”.

1. Oseng-oseng Mercon Yogyakarta

kuliner pedas indonesia

Oseng-oseng Mercon Yogyakarta. Sumber foto

Jogja identik dengan masakan manisnya, tapi di warungnya Bu Narti Kamu bakalan merasakan kuliner super pedas yang bisa bikin Kamu meler-meler. Namanya Warung Oseng-oseng Mercon Bu Narti.

Warung ini sudah ada sejak tahun 1965. Dinamai mercon karena hidangannya dibumbui dengan cabai super pedas yang bisa bikin mulut terbakar bagai kena letupan mercon. Meskipun terkesan lebay, tapi kalau Kamu sudah coba masakan ini Kamu bakalan ketagihan.

Isi hidangan ini terdiri dari daging sapi, lemak dan kikil. Di warung bu Narti, Kamu juga bisa makan burung puyuh goreng atau ayam goreng di sini. Nanti disediakan sambal super pedas sebagai pelengkap.

2. Warindo Abang Adek, Jakarta

kuliner pedas indonesia

Warindo Abang Adek. Sumber foto

Semua orang Indonesia pasti nggak pernah bisa jauh dari yang namanya mie instan. Warung mie instanpun bertebaran, namun ada warung super keren yang bisa Kamu cobain di Jakarta. Namanya Warmindo Abang Adek.

Di warung ini Kamu bisa pesan mie instan plus telor ceplok super pedas. Cabai yang digunakan cabai rawit super pedas. Banyak turis yang datang ke sini untuk coba warung makan ini, tapi semuanya tumbang. Hahaha

3. Warung Penyetan Neng Tati Surabaya

masakan pedas indonesia

Bikin NGILERRRR!!! Sumber foto

Lupakan hidangan mie, kini beralih ke penyetan khas Surabaya yang bikin bibir dower, namanya Penyetan Neng Tati Surabaya.

Penyetan merupakan hidangan ayam goreng atau pun lauk lainnya (bisa lele, tempe, atau tahu) yang dipenyet dengan sambal. Jika dibandingkan dengan penyetan lain, penyet Nen Tati ini agak unik karena Kamu bakalan merasakan sambal yang diuleg dengan kemangi sehingga sambelnya terasa wangi dan menggiurkan.

Kalau Kamu ingin merasakan penyetan ini jangan sampai kemalaman karena biasanya tutup jam sebelas malem.

4. Masakan rumahan Jawa yang super duper pedas di Mbah Jingkrak Restaurant Semarang

kuliner pedas indonesia

Mbah Jingkrak Restaurant Semarang. Sumber foto

Masakan Jawa biasanya identik dengan rasa manis, tapi saat cicipi olahan masakan di warung Mbah Jingkrak, Kamu bakalan jingkrak-jingkrak karena kepedesan. Yap, karena masakan rumahan ini penuh dengan “ranjau dan petasan” yang rasanya pedes banget.

Menu favoritnya adalah mangut iwak pe alias gulai pedas ikan pari. Yang spesial lainnya, ada menu Pitik Rambut Setan yang pedasnya bikin Kamu nambah nasi.

{QWERTY}

5. Es krim rasa pedas di Sub7ero Frozen

kuliner pedas indonesia

Mau cobain? Yakin berani? Sumber foto

Di Indonesia, nggak cuma makanan berat yang bikin dower, menu penutup mulut yang biasanya punya rasa manis pun jadi pedes. 

Yep, di Bandung ada es krim pencuci mulut yang rasanya pedas gila, namanya Sub7ero Frozen.

Di sini Kamu bisa merasakan es krim bertabur lada hitam yang diracik khusus oleh penjual. Kalau pengen nyoba, jangan kaget karena dijamin bakal dower deh.

6. Sate Petir Pak Nano Jogjakarta

makanan pedas indonesia

Sate Petir Pak Nano. Sumber foto

Kamu penggemar sate? Em.. berani coba sate pedas nggak? Jadi, di Jogja tuh ada tempat makan sate super pedas milik Pak Nano.

Di warungnya Pak Nano ini Kamu bisa milih level pedasnya. Selain bisa makan sate, di sana Pak Nano juga menyediakan tongseng yang juga super pedas.

Biasanya Pak Nano bakal bilang “Nambah cabe nggak neng?” pada setiap pengunjung yang datang. Padahal tanpa ditambah rasa satenya sudah bikin keringat bercucuran. Yang lebih keren lagi, tempa ini tuh sudah buka sejak 1984. Legendaris banget deh pokokny!

7. Ceker Setan di Kampung Setan Malang

kuliner pedas semarang

Bikin ngiler nih cabainya! Sumber foto

Lupakan sate, kini Kamu juga bisa merasakan tamparan surgawi di Kampung Setan Malang. Di sini Kamu bisa cari warung Ceker Setan.

Di sini para pelanggan bisa pesan ceker sambil melihat atraksi hebat dari Abang Penjual yang memasak ceker ini. Selain ceker, di sini Kamu juga bisa pesan sayap ayam pedas juga.

Rasanya? Dijamin nampol deh! Coba aja kalau nggak percaya!

8. Rica-rica Ayam Mbok Usrek yang nampol banget!

kuliner pedas indonesia

Rica-rica Ayam Mbok Usrek. Sumber foto

Terletak di Boyolali, warung yang sudah berdiri sejak 13 tahun yang lalu ini memang ramai sekali dengan pembeli yang suka dengan cita rasa pedas.

Meski masih menggunakan cara memasak yang manual, namun cita rasa rica-rica ayam ini nggak bisa bohong! Kamu harusnya sesekali ke sini saat mampir ke Boyolali.

9. Seblak Jeletet Murni

kuliner pedas indonesia

Kuah seblaknya bikin huh hah! Sumber foto

Seblak terkenal sebagai kuliner Bandung, tapi di Jakarta ada lho seblak super pedas yang nampol banget. Namanya Seblak Jeletet Murni.

Kedai Seblak Jeletet Murni ini menyajikan olahan seblak dengan beragam level dengan level maksimum 5. Rasanya jangan ditanya, pedes banget lah pokoknya! Bagi Kamu yang penasaran mending coba sendiri.

Seblak ini memiliki ragam isian yang bisa Kamu pilih, mulai dari ceker, kerupuk, makaroni, jeroan, dan lain-lain.

***

9 Kuliner di atas jadi bukti bahwa Indonesia adalah surganya kuliner pedas.

 

Baca juga:

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar