facebook pixel

Kuliner Indonesia memang lezat kok, nggak heran sih kalau Obama suka.

Dari tanggal 23 Juni 2017 sampai tanggal 2 Juli 2017. Barack Obama liburan ke Indonesia bersama keluarganya. Selain berkunjung ke tempat masa kecilnya, beliau rupanya juga mencicipi kuliner Indonesia. Ragam makanan Indonesia ini pun mengingatkan beliau akan masa kecilnya lho.

Inilah ragam makanan yang dia cicipi saat berada di Indonesia kemarin. Apakah Kamu juga suka dengan makanan yang dimakan Obama ini? Cek yuk!

1. Nggak cuma Kamu doang yang doyan banget makan bakso, Obama ternyata juga suka 

bakso memang lezat. Sumber

Beneran deh. Jadi, saat Obama berkunjung ke Istana Bogor (30/6) lalu, dia makan bakso bareng Pak Presiden Jokowi. Apalagi suasana di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor sedang hujan, duh pas banget kan momennya. Ujan-ujan makan bakso. Pantas aja Obama “sikat” abis baksonya.

2. Selain bakso rupanya Obama juga berbagi sate dengan pak Jokowi di Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor

Satenya menggoda. Sumber

Selain menyantap bakso di Grand Garden Cafe, Kebun Raya Bogor. Barack Obama juga makan sate lho. Uniknya, Obama berbagi sate dengan pak Jokowi karena porsi yang disajikan sangat besar. 

3. Anek jajanan pasar juga nggak luput disantap oleh Obama

wah jajannya enak. Sumber

Nggak cuma makan bakso dan sate, Obama juga cicipi aneka jajanan pasar khas Indonesia. Ada onde-onde, talam ubi, kue mangkok, roti panda isi cakalang dan lemper ayam. Obama makan jajan pasar Indonesia sambil minum teh hangat manis. 

4. Obama penasaran dengan Es Cendol, beliau pun nggak lupa mencobanya

Segernya. Sumber

Entah di mana Obama mencicipi es cendol. Tapi beliau berkata saat pidato Konferensi Diaspora Indonesia akan mencari es cendol. Katanya es cedol masuk dalam 50  minuman terenak di dunia lho.

5. Saking senengnya sama Mie Lethek, Obama sampai mencobanya berulang kali

Aduh jadi lapar. Sumber

Di Restoran Bumi Langit Obama mencoba makanan khas Bantul, Yogyakarta bernama Mie Lethek. Nggak cuma Obama saja sih, rupanya keluarganya juga doyan sama mie lethek. Mungkin karena enak dan tanpa bahan pengawet, jadi cita rasa mie lethek sangat original.

6. Urap, sop, dan sambal juga nggak luput dicicipi Obama saat berada di Yogyakarta

Ini juga nggak kalah enak. Sumber

Nggak cuma mie lethek yang dia cicipi saat makan di Restoran Bumi Langit. Tapi Obama juga mencicipi urap bali, sop ikan gurame dan sambel terong. Rupanya Obama dan keluarga juga suka dengan hidangan yang ada di sana, katanya bebas dari bahan pengawet gitu.

7. Obama suka dengan Beras Jatiluwih, sampai harus dibawa pulang lho

beras merah. Sumber

Saat Obama ada di Bali, menyempatkan waktu untuk makan di area persawahan Jatiluwih, Tabanan Bali. Ternyata beliau suka dengan beras merah Jatiluwih lho. Sampai-samapai membawa pulang 2.5 kilogram beras merah produksi Jatiluwih.

8. Saat di Bali Obama ketahigan jajanan khas bali bernama Laklak

Jajanan khas Bali. Sumber

Laklak, jajanan pasar khas Bali yang terbuat dari tepung beras, santan dan garam ini membuat Obama terkesima. Obama pun ketagihan saat menyantap jajanan ini. Apalagi kalau dicampur dengan gula merah cair. Duh… endes banget.

9. Nasi campur nusantara juga jadi menu pilihan Obama saat di Yogyakarta 

Lezatnya. Sumber

Salah satu menu yang dipilih Obama saat ada di Yogyakarta adalah Nasi Campur Nusantara. Dalam satu piring dihidangkan beragam macam lauk pauk seperti udang bakar, rendang dan keripik kentang. Itulah yang membuat Obama jadi tertarik untuk mencobanya. 

Baca artikel tentang kuline di Indonsia lainnya di sini;

banner experience