Sidebar

Ketentuan Bagasi Pesawat Berbagai Maskapai Lokal Indonesia

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sejak Januari 2019 lalu, berbagai maskapai pesawat lokal di Indonesia telah merevisi fasilitas pemberlakuan bagasi gratis. Bagi calon penumpang yang membawa bagasi melebihi ketentuan akan dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu sebelum berpergian sangat penting memastikan ketentuan ukuran barang bawaan yang akan diletakkan di kabin bagasi.

Berikut ini disajikan ulasan tentang ketentuan bagasi pesawat dari maskapai penerbangan lokal di Indonesia.

1. Batik Air

Ketentuan bagasi di Batik Air menyediakan fasilitas bagasi tidak terdaftar yaitu diijinkan membawa barang bawaan tidak lebih dari 7 kg ke dalam kabin. Setiap calon penumpang boleh membawa tas bagasi kabin dan 1 tas laptop atau 1 tas tangan. Dimensi tas bagasi tidak lebih dari panjang 40 cm, tinggi 30 cm, dan lebar 20 cm. Fasilitas bagasi gratis dari Batik Air diberikan kepada penumpang sebanyak 20 kg. Jumlah bagasi tercatat yang diperoleh bervariasi tergantung dengan kelas perjalanan dan ketentuan tiket.

2. Lion Air

Lion Air menerapkan fasilitas bagasi 0 kg, artinya fasilitas bagasi tidak gratis. Tarif bagasi harus dibayarkan saat check-in dengan besaran yang berdasarkan pada berat, waktu, dan jarak tempuh. Menghindari biaya bagasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan kabin bagasi, ketentuannya panjang 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm. Sedangkan untuk bagasi yang dibawa ke kabin tidak boleh lebih dari 7 kg. Bagasi maksimal setiap penumpang yang diijinkan hanya 30 kg.

(foxnews.com)

3. Sriwijaya

Sriwijaya telah merevisi peraturan bagasi gratis sejak Maret 2019 lalu. Bagasi untuk kelas ekonomi dari 20 kg menjadi 15 kg, serta ATR dari 15 kg menjadi 10 kg. Dimensi tas yang dibawa tidak boleh lebih dari 56 cm x 33 cm x 23 cm dengan berat 7 kg. Tas tangan harus muat untuk diletakkan di bagian bawah kursi penumpang selama perjalanan.

4. Air Asia Indonesia

Bagasi gratis dari Air Asia Indonesia hanya untuk penumpang domestik dengan berat 15 kg. Jika bagasi lebih dari ketentuan yang berlaku harus membawa kelebihan bagasi. Tas yang ditaruh di kabin tidak boleh lebih dari ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat maksimal 7 kg. Laptop atau tas tangan dapat diletakkan di bawah kursi.

5. Garuda Indonesia

Bagasi gratis dari Garuda Indonesia diberikan pada barang bawaan dengan berat maksimal 20 kg kelas ekonomi, 30 kg kelas bisnis, 40 kg first class. Bagasi kabin penumpang yang diijinkan harus memiliki ukuran maksimal tas 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat 7 kg. Khusus untuk Economy Class CRJ atau ATR harus memiliki batas maksimum ukuran 41 cm x 34 cm x 17 cm dengan berat 7 kg.

6. Citilink

Fasilitas bagasi dari Citilink untuk setiap penumpangnya maksimal 20 kg, tarif tambahan untuk kelebihan bagasi disesuaikan dengan waktu, jarak tempuh, dan berat. Untuk bagasi kabin berat maksimal adalah 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm (pesawat A320) dan 41 cm x 34 cm 17 cm (pesawat ATR).

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Korea Selatan dan Korea Utara Terpisah? Miris, Ini Alasannya

5 Geopark UNESCO di Indonesia yang Indah dan Penuh Pesona

Pegunungan Alpen di Swiss, Misteri Salju yang Berubah Semerah Darah

Grand Palace Hotel Jogja, Akomodasi Murah Ala Raja di Istana Megah

Capella Ubud Resort, Hotel di Tengah Hutan Dinobatkan Terbaik Sedunia

The Edelweiss Hotel, Akomodasi Murah di Jantung Parwisata Yogyakarta

FALLBACK
The END