Sidebar

Kampung Ketandan Yogyakarta Viral Dikira Shanghai

Kampung Ketandan yang terletak di Jalan Malioboro, Yogyakarta menjadi viral di sosial media Instagram setelah diunggah oleh akun @shanghai.explore.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Baru-baru ini, Kampung Ketandan yang terletak di Jalan Malioboro, Yogyakarta menjadi viral di sosial media Instagram setelah diunggah oleh akun @shanghai.explore pada Senin, 10 Juni 2019. Dalam unggahan @shanghai.explore tampak sebuah potret seseorang yang sedang berfoto di depan gapura bernuansa Tionghoa dan menuliskan caption “Peaceful days in Shanghai“. Sontak hal tersebut menghebohkan jagat maya di Indonesia.

Ada beberapa hal yang membuat warga net Indonesia meyakini bahwa potret gambar tersebut berada di Indonesia. Diantaranya yaitu 1) tulisan ‘Kampung Ketandan‘ di bagian atas gapura; 2) pamflet yang bertuliskan ‘Parkir Mobil dan Motor‘ disamping kanan gapura; 3) baliho promo salah satu pusat perbelanjaan asli Indonesia yang bertuliskan ‘Promo Lebaran‘.

(Instagram/@lambe_turah)

Setelah mendapatkan protes dari warga net Indonesia, pengelola akun @shanghai.explore kemudian merevisi unggahannya tersebut. Akun @shanghai.explore mengira bahwa lokasi foto tersebut adalah Shanghai mengingat suasana kotanya yang sangat mirip. Selain itu dalam unggahan pertama dari @bagaswisnuaji menandai lokasi foto di Shanghai, China.

Kampung Ketandan merupakan sebuah kawasan pecinan yang berlokasi di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kampung Ketandan telah dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa sudah sejak 200 tahun lalu. Oleh pemerintah daerah Yogyakarta, Kampung Ketandan ditetapkan sebagai kawasan wisata. Sejak tahun 2006, setiap menyambut Tahun Baru Imlek di Kampung Ketandan akan diadakan Pekan Budaya Tionghoa.

Menurut kabar yang beredar, Kampung Ketandan bakal menjadi pusat budaya Tionghoa di Yogyakarta. Bahkan menurut salah seorong tokoh dari Kampung Katandan bernama Gaotama Fatoni, Duta Besar China untuk Indonesia pernah meninjau langsung tempat ini.

Tertarik untuk berkunjung ke Kampung Ketandan ini? Segera kunjungi halaman Phinemo Marketplace untuk dapatkan penawaran spesial. Klik link berikut >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

RIP Didi Kempot, Kenapa Lagunya Selalu Berlatar di Tempat Wisata?

7 Desa Adat di Indonesia yang Telah Mendunia, Bukti Keragaman Bangsa!

7 Hotel Murah di Jalan Malioboro Dibawah Rp 150 Ribu

5 Tempat Wisata Bersejarah yang Dibangun Karena Cinta

Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Benarkah Candi Prambanan Dibangun Dalam Satu Malam? Berikut Penjelasannya

FALLBACK
The END