Jokowi Sebut Umbul Ponggok Hasilkan 14 Miliar

"Saya mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini, apa pun keunggulan desanya," ujar Jokowi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Umbul Ponggok memang sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia. Bagaimana tidak, destinasi di Klaten, Jawa Tengah ini memiliki pemandangan bawah air yang instagenik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan memuji destinasi wisata ini di Instagramnya (27/11//2018). Ia menyebut destinasi ini memiliki penghasilan besar, yakni Rp14 miliar dalam setahun.

“Anak muda ini mengendarai sepeda motor di jalan berbatu dan beriringan dengan ikan-ikan. Beginilah gaya pengunjung kolam wisata Umbul Ponggok, Desa Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Mereka berfoto di bawah air.” tulis Jokowi di statusnya itu.

Baca juga: Menonton Tv di Bawah Air? Cobalah Pergi ke Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok di Desa Ponggok kini jadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah. (Foto/Vebma.com).

Jokowi memuji dan menjelaskan bagaimana masyarakat membangun Umbul Ponggok hingga sukses seperti sekarang.

“Umbul Ponggok memang begitu jernih karena dari mata air yang dibangun menjadi tempat wisata. Sejak tahun 2015, dengan memanfaatkan Dana Desa, pemerintah Desa Ponggok membangun infrastruktur penunjang pariwisata itu: jalan desa, sanitasi, drainase, MCK, sampai area parkir.” jelas Jokowi.

Hasilnya kini Desa Ponggok sukses dari sudut pariwisata. Nilai ekonomi naik bahkan menghasilkan Rp14 miliar per tahun.

“Hasilnya? Desa Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapatkan penghasilan sampai Rp 14 miliar setahun,” tambah Jokowi.

Jokowi pun mengajak desa lain untuk meniru Desa Ponggok yang kini sukses.

“Saya mengajak desa-desa lain yang memiliki potensi serupa untuk belajar dan meniru apa yang dilakukan Desa Ponggok ini, apa pun keunggulan desanya,” pungkas dia

SHARE :



REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU