Sidebar

Kuliner Indonesia Vs Luar Negeri

Kuliner Indonesia memiliki banyak kemiripan dengan kuliner luar negeri, sebenarnya, makanan manakah yang asli Indonesia ya?

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Kuliner Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari cemilan hingga makanan beratnya. Saking beragamnya, ternyata beberapa kuliner Indonesia memiliki kesamaan dengan kuliner luar negeri. Nggak percaya? Berikut ini adalah kuliner Indonesia yang mirip dengan kuliner luar negeri.

1. Lemper vs sushi

Mirip banget, tapi lapisan luar berbeda bahan. Sumber foto dari sini dan sini

Kamu pasti sudah nggak asing dengan Sushi. Jika melihat Sushi yang dibungkus dengan rumput laut, Kamu pasti akan teringat dengan makanan tradisional Indonesia bernama Lemper. Meskipun terbuat dari bahan yang berbeda, Kamu akan merasakan atmosfir kemiripan saat melihat wujudnya.

2. Serabi vs Pancake

Mirip banger! Bedanya, pancake dimasak mengunakan pan, kalau serabi menggunakan wajan tanah liat. Sumber foto dari sini dan sini

Siapa sih yang nggak tahu cemilan khas Indonesia bernama serabi? Kalau saya sih sering makan serabi ketika menuju ke Jogja. Nah, cemilan yang satu ini ternyata sedikit mirip dengan Pancake, lho. Bahkan, bahan-bahannyapun hampir sama. Yang membedakan hanya topping dan media yang digunakan untuk memasaknya.

3. Sashimi & Gohu Ikan

Mirip banget sama masakan Jepang! Sumber foto dari sini dan sini

Gohu ikan merupakan makanan khas ternate. Sekilas melihat hidangan ini, Kamu pasti akan teringat dengan hidangan dari Jepang bernama Sashimi, bukan?

Well, hidangan ini memang cukup mirip. Perbedaannya, Sashimi dimakan dengan menggunakan kecap asin, parutan jahe, atau wasabi. Sedangkan Gohu Ikan dimakan dengan garam, lemon cui, dan balakama (kemangi).

4. Kue cincin vs donat

Ini mah mirip banget. Sumber foto dari sini dan sini

Apa yang ada dibenakmu saat melihat foto kue cincin ini? Donat? Yap, kue cincin dan donat memiliki bentuk yang cukup mirip. Bedanya adalah toping yang digunakannya.

5. Sate vs Shish Kebab

Enak banget dua kuliner ini! Sumber foto dari sini dan sini

Shish Kebab merupakan hidangan dari Azerbaijan, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India. Di mana terbuat dari daging domba, kambing, dan daging lainnya dan dipadukan dengan paprika merah dan hijau. Sebuah hidangan mirip sate bernama Shish Kebab ini memang bikin ngiler. Bagaimana tidak? Lha wong dibakar layaknya sate Indonesia sih.

6. Gado-gado vs Salad sayur

Bumbu kacang vs bumbu mayonaise. Sumber foto dari sini dan sini

Siapa sih yang nggak tahu gado-gado. Makanan asli Indonesia ini ternyata sedikit mirip dengan salad sayur yang diberi mayonaise. Meskipun isian sayurannya sama, namun rasanya sangat beda. Bahkan, banyak yang menyebutkan kalau gado-gado itu salad khas Jawa.

7. Leker vs Crepes

Ketipu deh kalau dua hidangan ini disajikan bersama. Mirip banget. Sumber foto dari sini dan sini

Cemilan leker terbuat dari tepung dan pisang di dalamnya. Jika kamu pernah jajanan bernama Crepes pasti kamu bakalan ingat dengan leker. Rasanya tak jauh beda dan isiannya juga cukup mirip. Yang bikin beda sih harganya.

8. Nasi Uduk vs Samgak kimbap

Di beberapa daerah, nasi uduk dibentuk di dalam daun pisang sedangkan Samgak kimbap di rumput laut. Sumber foto dari sini dan sini

Di Korea Selatan, banyak sekali dijual nasi kepal yang dibentuk segitiga dengan isian daging dan lapisan luar rumput laut. Kemasan nasi kepal Korea ini sekilas sedikit mirip dengan nasi uduk yang dijual-jual di warung nasi uduk.

Meski mirip, jangan makan daun pembungkus nasi uduknya ya!

9. Moci vs Tteok

Ini nih kue yang mirip sama mochi. Sumber foto dari sini dan sini

Saya sering makan mochi saat mampir ke Tegal. Rasanya kenyal dan manis. Rasanya mirip sekali dengan makanan khas Korea bernama Ttoek. Ttoek berisi kacang dengan lapisan luar yang berbahan sama dengan mochi.

***

Banyak banget kuliner Indonesia yang mirip dengan kuliner luar negeri. Bisa jadi, hal ini dikarenakan pengaruh penyebaran budaya bangsa asing yang pernah menjajah Indonesia atau bangsa asing yang hanya singgah sementara untuk keperluan bisnisnya.

Baca juga:

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Timor Leste Jadi Negara Miskin Setelah Lepas dari Indonesia, Kok Bisa?

Peuyeum Mengandung Alkohol, Kenapa Peuyeum Halal Tapi Bir Tidak?

7 Bir Tradisional Indonesia yang Populer dan Mendunia

Bolu Batik Kukus, Kuliner Unik yang Bermotif dan Khas Indonesia

7 Restoran Legendaris di Jakarta yang Masih Eksis Hingga Kini

Kenapa Waktu Puasa di Setiap Negara Berbeda-Beda? Ini Penjelasannya

FALLBACK
The END