Ini Negara-negara yang Paling Tidak Ramah Bagi Turis Muslim

Mana negara paling tidak ramah bagi turis muslim? (Foto/best-tourism).

Berwisata di negara yang mayoritas non muslim bagi turis muslim memang tidak selalu mudah. Beberapa di antara mereka memiliki fasilitas yang sangat mendukung turis muslim, namun beberapa lainnya tidak tamah bagi turis Muslim.

negara paling tidak ramah bagi turis muslim

Mana negara paling tidak ramah bagi turis muslim? (Foto/best-tourism).

Baca juga: Ini negara-negara non muslim yang dianggap paling ramah pada turis muslim

Perusahaan riset Crescent Rating yang bergerak untuk mengakomodir kebutuhan turis muslim merangkum sejumlah negara yang dianggap tak ramah bagi turis muslim melalui Global Muslim Travel Index (GMTI)

Global Muslim Travel Index (GMTI) merupakan sebuah indeks yang digunakan untuk menilai suatu negara destinasi wisata memiliki fasilitas yang mendukung turis muslim atau tidak. Indeks ini berdasarkan hasil studi komprehensif dari Crescent Rating terhadap 130 negara di dunia, melalui metode penilaian dari banyak komponen.

Dari GMTI ini, seseorang bisa mengetahui apakah negara yang akan dikunjungi ramah atau tidak ramah bagi turis muslim. Ramah dalam artian, turis muslim akan mudah untuk menjalankan aktivitas ibadah ataupun mencari makanan halal selama liburan di sana.

Dari 130 negara di dunia, terdapat 10 negara yang index GMTI-nya paling rendah.

Rendahnya index GMTI menunjukkan bahwa 10 negara ini tidak punya fasilitas atau pun pelayanan yang mendukung turis muslim untuk berwisata di sana sesuai syariat.

Negara paling tidak ramah bagi turis muslim berdasar index GMTI adalah El Savador, sebuah negara yang terletak di Amerika Tengah. Indeks GMTI El Savador hanya sekitar 25,7 poin saja. Itu menandakan turis muslim akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan rohani yang berdasarkan syariat Islam saat liburan ke sana.

Beberapa komponen penilaian GMTI El Savador yang dinilai tidak ramah turis muslim di antaranya tentang ketersediaan pilihan makanan halal dan jaminan kehalalannya, atau juga tentang fasilitas bandara yang tanpa ruangan untuk salat. Aspek penilaian lain adalah ketersediaan masjid, pilihan akomodasi yang terbatas, serta kurangnya pengetahuan warga lokal tentang Islam dan turis muslim.

Baca juga: 5 bangsa yang paling merasa religius di dunia, Indonesia peringkat berapa?

Setelah El Savador, negara lain di dunia yang juga memiliki nilai GMTI rendah yaitu Kosta Rika dengan skor 26,5 poin. Disusul oleh Bolivia, Nikaragua dan Guatemala yang menggenapi posisi 5 terbawah. Nilai indeks GMTI-nya berkisar antara 26,8 sampai 27,0 poin saja.

Berikut daftar lengkap 10 negara di dunia yang paling tidak ramah bagi turis muslim menurut indeks GMTI:

1. El Savador (Peringkat 130) nilai GMTI: 25,7 Poin
2. Kosta Rika (Peringkat 129) nilai GMTI: 26,5 Poin
3. Bolivia (Peringkat 128) nilai GMTI: 26,8 Poin
4. Nikaragua (Peringkat 127) nilai GMTI: 26,8 Poin
5. Guatemala (Peringkat 126) nilai GMTI: 27,0 Poin
6. Kolombia (Peringkat 125) nilai GMTI: 27,1 Poin
7. Uruguay (Peringkat 124) nilai GMTI: 27,5 Poin
8. Republik Dominika (Peringkat 123) nilai GMTI: 28,0 Poin
9. Guam (Peringkat 122) nilai GMTI: 28,8 Poin
10. Andorra (Peringkat 121) nilai GMTI: 29,3 Poin

Dapatkan ulasan menarik tentang Unik dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags:

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar