Hotel Chanti Semarang, Hotel Minimalis dengan Nuansa Tradisional

Hotel Chanti Semarang, hotel minimalis nan elegan dengan nuansa Jawa dan tradisional yang begitu kental. Fasilitas yang disediakan pun tergolong lengkap.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Hotel Chanti Semarang, salah satu hotel minimalis bernuansa tradisional yang ada di Semarang. Semarang merupakan salah satu kota bisnis yang mulai mengembangkan diri sebagai salah satu tujuan destinasi wisata di Jawa Tengah. Sekarang Kamu tak perlu lagi pusing memilih hotel atau penginapan ketika berlibur ke kota ini. Sebab ada banyak pilihan jenis hotel yang bisa Kamu gunakan sebagai tempat menginap. 

Mulai dari hotel minimalis, hotel mewah, hotel bernuansa alam, hotel bernuansa Jawa semua ada di Semarang. 

Ulasan singkat

hotel chanti semarang

Lobi dan ruang resepsionis Hotel Chanti Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Chanti Semarang yang merupakan ‘sister hotel’ dari Hotel Tentrem Yogyakarta dikelola oleh Tentrem Hotel Management Indonesia ( THMI). Kata Chanti berasal dari bahasa Sansekerta yang juga dikenal dengan penulisan serta ejaan yang berbeda-beda seperti Shanti, Santhi atau Shanthi, tapi kata Chanti mengandung arti yang universal, yakni ‘kedamaian’. Meskipun berasal dari kultur dan bahasa yang berbeda, baik Tentrem maupun. Chanti merujuk pada makna yang sama yakni ketenangan, kedamaian dan ketentraman batin.

Didesain lebih minimalis, Hotel Chanti Semarang  tetap bisa tampil cantik dan elegan.

Saat pertama masuk ke area lobi, Kamu tidak akan banyak menemukan hiasan-hiasan dinding atau pernak-pernik lain. Hanya ada lukisan Kota Lama, sofa, bunga dan pepohonan asli, serta hiasan lampu gantung yang eksotis. Tapi dengan minimnya hiasan ini, lobi Hotel Chanti tetap memberi kesan mewah, dinamis namun tetap memiliki aura tradisional di dalamnya.  Dominan warna coklat muda memberikan suasana yang nyaman dan tenang. Beberapa ukiran berbentuk daun juga menjadi salah satu yang khas di Hotel Chanti Semarang.

Welcome drink yang disajikan benar-benar minuman tradisional, biasanya berupa alang sari dan kunyit asam. Ini tak lepas dari pengaruh sang empunya hotel yang juga merupakan pengusaha jamu tradisional. Bahkan di setiap kamarpun Kamu akan menemukan berbagai jenis minuman jamu yang berfungsi sebagai obat. Jadi memang tak hanya teh, gula dan kopi saja yang disajikan. 

Alunan musik Gambang Senarang dan beberapa musik lain yang diaransemen dengan nada keroncong akan membuatmu serasa sedang berada era dulu. Terasa menenangkan dan nyaman untuk sekadar duduk santai di lobi.

Hotel Chanti memiliki 106 kamar yang didesain dengan nuansa modern dengan luasan mulai dari 21–42 meter persegi dan terbagi menjadi 3 kategori kamar yaitu 88 tipe Deluxe, 16 Premier, dan 2 tipe Junior
Suite serta dilengkapi dengan fasilitas : LED TV 47’ , akses Internet berkecepatan tinggi, kolam
renang semi outdoor dan fitness centre hingga mini bar yang bisa dinikmati secara gratis. 

Sayangnya sekilas dari depan memang hotel ini tidak terlalu terlihat menarik. Ini karena bagian depan hotel merupakan basemen, sehingga untuk mengakses lobi Kamu harus lewat basemen dulu kemudian naik lift ke lantai lobi. Jadi memang dari bagian depan tampak kosong dan hanya terlihat tempat parkir saja. 

Lokasi

hotel chanti semarang

Ruang lobi Hotel Chanti Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotal Chanti termasuk salah satu hotel yang lokasinya cukup strategis. Berada di ruas jalan utama Kota Semarang dan dekat dengan berbagai destinasi wisata. Mulai dari destinasi wisata belanja, kuliner, hingga destinasi sejarah. Lokasi hotel ini juga tak terlalu jauh dari bandara atau stasiun. Jarak dari bandara Ahmad Yani ke Hotel Chanti Semarang hanya berkisar antara 6,1 km dan bisa ditempuh dengan mobil selama kurang lebih 15 menit jika jalanan tak macet. Sedangkan dari Stasiun Tawang berjarak 2,6 km dan bisa ditempuh dengan mobil selama kurang lebih 10 menit. 

Kalau ingin menikmati pemandangan Kota Semarang khususnya di Kota Lama dengan lebih santai, Kamu bisa naik kereta dan turun di Stasiun Tawang. Lalu untuk menuju hotel, Kamu bisa menggunakan becak. Dengan begitu sambil menuju ke hotel, Kamu bisa mampir sejenak untuk foto-foto dengan bangunan peninggalan kolonial Belanda di Kota Lama. 

Hotel Chanti yang terletak di tengah Kota semarang memang punya resiko rawan macet. Apalagi jika saat jam-jam sibuk, ditambah lagi di sekitaran hotel ini memang merupakan kawasan bisnis yang cukup ramai. Jadi saat Kamu tiba di Semarang siang hari pasti akan menemukan beberapa titik kemacetan saat menuju ke hotel ini. 

Ruang kamar

hotel chanti semarang

Ruang kamar Hotel Chanti Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Chanti memiliki tiga tipe kamar, yaitu junior, deluxe, dan premier. Meski tak punya banyak jenis kamar tapi setiap kamar di Hotel Chanti Semarang memiliki fasilitas lengkap dan juga nyaman. Fasilitas yang ada di setiap kamar misalnya, TV dengan ukuran 47″, AC, kimono batik, telepon, mini bar, meja kursi, brankas, , heater air, gula, kopi, teh, dan beberapa minuman jamu tradisional. 

hotel chanti semarang

Kamar tipe junior Hotel Chanti. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Jika Kamu memesan kamar bertipe junior, ada fasilitas tambahan yang akan didapat di antaranya setrika lengkap dengan papan setrikanya, living room yang juga dilengkapi dengan sofa, meja dan TV. Mini bar pun lebih lengkap dan pastinya kamar lebih luas. Selain pemandangan lanskap perkotaan, satu view yang asyik untuk dinikmati adalah laut utara Jawa dengan barisan kapal-kapalnya. Beberapa kamar memang langsung menghadap ke sisi utara Semarang, jadi area pelabuhan adalah salah satu lokasi yang bisa dilihat dari atas hotel ini. 

hotel chanti semarang

Living room kamar junior. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Kamar mandi di Hotel Chanti Semarang tidak memiliki bathtub. Jadi di semua tipe kamar hanya menggunakan shower saja. Akan sedikit mengecewakan jika Kamu adalah tipe orang yang suka berlama-lama berendam di bathtub.

Kolam renang

hotel chanti semarang

Kolam renang di Hotel Chanti Semarang. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Hotel Chanti Semarang juga memiliki fasilitas kolam renang di area dekat lobi. Kolam renang ini juga nampak minimalis. Jika Kamu menyadarinya, kolam renang ini berada tepat di atas lorong basemen. Di sudut-sudut kolam renang hanya ada beberapa kursi dan belum dilengkapi dengan kursi panjang yang biasa digunakan untuk rebahan.

Kolam renang di Hotel Chanti Semarang sangat bersih, tapi sayangnya hanya tersedia untuk dewasa. Ini karena memang Hotel Chanti Semarang  tidak memiliki kolam renang untuk anak-anak. Jadi jika ada anak-anak yang ingin berenang harus banyak dibantu dan diawasi oleh orang tua karena kedalaman kolam ini cukup dalam, yaitu 2 meter.

Makanan

hotel chanti semarang

Menu makanan di Hotel Chanti. Foto oleh Hotel Chanti

Membawa konsep tradisional tentu saja masakan di Hotel Chanti Semarang mayoritas adalah masakan tradisional Jawa. Mulai dari ayam goreng, bakmi, gulai, ayam bakar, cemilan pisang goreng dan banyaklagi lainnya. 

Setiap hari Jumat Hotel Chanti Semarang  selalu mengadakan “Asia Street Food Festival”. Kamu cukup bayar Rp88.000 dan Kamu bisa makan sepuasnya berbagai macam makanan Asia. Ada setidaknya 50 jenis makanan Asia yang akan disajikan dalam acara mingguan ini. 

Hotel Chanti Semarang juga memiliki resto yang terletak di lantai dua. Layanan Cafe & Resto ini tak hanya menyediakan menu masakan Jawa dan Asia, tapi juga menawarkan menu western. Ada beberapa kursi untuk bayi, jadi tak perlu repot saat Kamu membawa bayi ketika makan di sini. 

Hiburan

hotel chanti semarang

Diva Karaoke di Hotel Chanti. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Salah satu hiburan unggulan Hotel Chanti Semarang ini adalah adanya DIVA Karaoke by
Rossa yang menyediakan ruangan karaoke sebanyak 18 ruangan mulai dari jenis Deluxe hingga
VVIP. Terletak di lantai 3 hotel, DIVA Karaoke by Rossa menyediakan berbagai macam pilihan
lagu.

hotel chanti semarang

Ruang vvip di Diva Karaoke. Foto oleh Rizqi Y/Phinemo.com

Jika ingin hemat ada juga paket combo pemakaian ruangan yang sudah termasuk makanan dan minuman. Paket ini dimulai dari harga Rp. 238,000 sampai dengan Rp.2,500,000 untuk pemakaian small room dengan kapasitas 4 orang hingga VVIP room yang bisa menampung hingga 32 orang.

Hiburan lain yang bisa dinikmati tamu selain karaoke dan berenang adalah melakukan aktivitas kebugaran di fitness centre atau memanjakan diri di ruang spa. Ruang fitness centre tepat berada di samping kolam renang. Ukuran ruangnya memang tak terlalu besar, tapi cukup untuk melakukan latihan fisik. 

Untuk Kamu yang suka dengan spa juga disediakan fasilitas spa. Yang agak beda dari spa di Hotel Chanti Semarang adalah aroma khas yang akan menyambutmu ketika masuk ke area spa. Aroma serai yang wangi dan relaks akan membuatmu merasa lebih nyaman.

Kelebihan

  • Meeting room
  • TV, AC, Free Wi-Fi
  • Ada kolam renang
  • Kamar nyaman dan fasilitas lengkap
  • Lokasi di tengah kota Semarang

Kekurangan

  • Tidak ada kolam renang anak-anak
  • Lokasi di area rawan macet dan padat bangunan

Destinasi wisata terdekat

  • Wisata kuliner Semawis (+/- 4 menit)
  • Tugu Muda (+/-5 menit)
  • Lawang Sewu (+/- 5 menit) 
  • Toko Oen (+/- 2 menit)
  • Paragon Mall (+/- 3 menit)
  • Kawasan Kota Lama (+/- 4 menit)

Informasi lebih lanjut hubungi

Hotel Chanti
Jalan Gajahmada No.40, Bangunharjo
Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50133
Telepon: (024) 86570555

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang DESTINASI SEMARANG, tulisan lain Rizqi Y

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post