Sidebar

Pendaki Gunung Merapi Dilarang Buat Api Unggun!

Gunung Merapi kini larang pendakinya membuat api unggun! Aturan baru ini untuk menyiasati dan menekan penyebab kebakaran di Gunung Merapi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Foto diambil dari sini

Kasus kebakaran yang sering terjadi di gunung tidak jauh dari kegiatan para pendaki gunung. Pembuatan api unggun yang tidak bertanggung jawab sering menjadi sebab kebakaran gunung. Selain itu, putung rokok yang dibuang sembarangan juga menjadi hal yang dikhawatirkan menjadi titik api penyebab kebakaran.

Jangan Buat Api Unggun! Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan!

Koordinator Tim SAR Barameru Merapi, Syamsuri, melakukan tindakan tegas untuk mencegah kebakaran hutan Gunung Merapi dengan menghimbau para pendaki untuk tidak membuat api unggun dan tidak membuang putung rokok secara sembarangan.

Dilansir dari Sindo News, Koordinator Perlindungan dan Pengamanan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM), Kurnia Adi Wirawan, mengatakan pihaknya mengimbau agar para pendaki yang naik tidak berbuat ceroboh saat menyalakan atau mematikan api unggun.

Kejadian kebakaran yang terjadi beberapa bulan yang lalu di Gunung Merapi dan Merbabu diindikasikan terjadi karena kecerobohan pendaki meninggalkan api unggun yang masih dalam keadaan menyala. Hingga kebakaranpun tak ter-elakkan.

Jangan Naik Sampai Puncak Merapi!

Selain menghimbau untuk tidak membuat api unggun dan tidak membuang putung roko sembarangan, pendaki Gunung Merapi juga tidak diperbolehkan untuk melakukan pendakian sampai ke puncak Merapi. Pasalnya, pasca erupsi tahun 2010 bebatuan menjadi sangat labil dan akan membahayakan pendaki.

***

Anda yang telah berencana untuk mendaki Gunung Merapi di liburan panjang ini sebaiknya mematuhi aturan baru ini. Meskipun belum pasti akan adanya denda yang akan dikenakan kepada pendaki yang melanggar. Namun, tak ada salahnya menjaga lingkungan saat mendaki.

Bawalah stok tabung gas yang lebih banyak guna menghangatkan Anda saat berada di camping ground untuk menyiasati larangan pembuatan api unggun. Jika Anda ingin melihat keindahan puncak Merapi, Anda bisa mendirikan tenda di Pasar Bubrah.

Di Pasar Bubrah Anda akan melihat puncak Merapi dengan jelas. Jadi, Anda tidak perlu membahayakan diri Anda untuk naik ke puncak Merapi yang memiliki medan bebatuan rawan saat dipijak.

 

Baca juga:

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Hotel Terbaik di Pantai Parangtritis Jogja, Cocok untuk Staycation Seru

5 Hotel Murah di Jalan Malioboro dengan Arsitektur Unik, Harus Coba!

5 Homestay Unik di Jogja yang Bertema Alam, Cocok untuk Staycation

Sisi Gelap Kota Jogja yang Tidak Banyak Diketahui Orang, Ngeri!

Yabbiekayu Eco-Bungalows, Penginapan Alam di Jalan Parangtritis Jogja

Awandaru Village Jogja, Surga Tersembunyi di Hutan Tropis Kota Pelajar

FALLBACK
The END