6 Tip Aman dan Nyaman Berkunjung ke Festival Asian Games 2018

Super Store Asian Games (Foto/Tribun)

Festival Asian Games ini merupakan wahana yang disediakan panitia bagi para turis maupun warga yang tidak kebagian tiket menonton pertandingan.

Festival ini digelar di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, hingga ajang olahraga terbesar se-Asia itu berakhir pada September nanti.

Baca Juga: Rekomendasi Pilihan Aneka Souvenir Asian Games di Bawah Rp50 Ribu

Festival Asian Games menyediakan beragam stan kuliner, suvenir, pertunjukan musik, bahkan ruang terbuka untuk nonton pertandingan secara massal.

Tersedia layar besar yang terletak di tengah-tengah kawasan festival, yang umumnya menyiarkan secara langsung pertandingan-pertandingan skala besar, seperti sepakbola.

Bila ingin berkunjung ke Festival Asian Games, ada beberapa tip yang dapat diterapkan demi keamanan dan kenyamanan. Berikut adalah 6 tip yang dapat Anda jadikan inspirasi.

festival asian games

Pengunjung Asian Games 2018 tengah melihat-lihat suvenir (Foto/Francisca Christy Rosana)

1. Moda transportasi umum

Sejumlah ruang parkir di kawasan Inasgoc untuk sementara waktu ditutup bagi masyarakat umum. Penutupan dilakukan selama Asian Games.

Kantong-kantong parkir pun dialihkan ke sejumlah gedung di sekitar Jalan Asia-Afrika dan Jalan Jenderal Sudirman. Hal itu membuat para pengunjung yang membawa kendaraan harus rela berjalan cukup jauh ke venue festival.

Jadi, disarankan pengunjung memilih moda transportasi umum, yakni bus Transjakarta, yang akan menurunkan penumpang di Halte Gelora Bung Karno, tak berjauhan dengan pintu masuk festival.

2. Pintu masuk

Tiket Festival Asian Games bisa Anda beli di area pintu 2 hingga pintu masuk 5 Gelora Bung karno, Jakarta. Bagi Anda yang datang dari arah Jalan Jenderal Sudirman, Anda bisa langsung membeli tiket dan masuk melalui pintu 5.

Hal ini dikarenakan pintu 5 merupakan jalan utama menuju area Festival Asian Games 2018.

3. Harga tiket dan cara transaksi

Harga tiket festival tengah diturunkan oleh pihak penyelenggara (Inasgoc). Bila sebelumnya tiket ini dibanderol dengan harga Rp 25 ribu, kini harga tiket menjadi Rp 10 ribu.

Sebagai saran, sebaiknya Anda membawa uang pas dan cash. Hal ini dikarenkan penjualan tiket festival dilakukan secara manual oleh petugas-petugas yang berkeliling di depan pintu gerbang.

4. Berburu suvenir

Antrean suvenir termasuk panjang, terlebih pada waktu-waktu tertentu seperti jam pulang kerja maupun pada akhir pekan. Bahkan tak sedikit pengunjung yang rela mengantre meski lebih dari 1 jam lamanya.

Bila Anda ingin membeli dan masuk ke gerai suvenir di SUper Store Asian Games, sebaiknya Anda datang pada pagi hari di hari-hari kerja.

5. Jaga barang bawaan

Pada arena festival, kondisi lapangan akan terlihat ramai dan cukup padat, terlebih di tengah kawasan. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada dan mengantisipasi segala hal.

Jangan lengah pada apa yang sedang Anda bawa. Letakkan selalu tas atau barang-barang lain di depan tubuh dan kontrol selalu barang bawaan.

festival asian games

Spot foto di kawasan festival Asian Games 2018

6. Sampah

Sampah selalu jadi momok tersisa yang nampaknya biasa dalam tiap pertunjukkan akbar, namun hal tersebut tentu sangat disayangkan.

Baca Juga: Suvenir Maskot Asian Games Jadi yang Paling Diburu Wisatawan

Bagi Anda yang hendak menonton melalui arena festival, diimbau untuk membuang sampah pada tempat sampah. Setelah minum dan makan, Anda dapat menyimpan bungkus Anda terlebih dahulu.

Pada sekitar arena festival, telah tersedia banyak tempat sampah. Buanglah bungkus makanan dan minuman Anda pada tempat sampah yang telah tersedia di titik-titik kawasan tersebut.

Dapatkan ulasan menarik tentang asian games 2018 dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags:

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar