14 Fakta Taman Nasional Bawah Laut Bunaken yang Tak Semua Orang Tahu

Foto dari belajardiving.com

Wisata Bunaken tidak hanya tentang menyelami pemandangan taman bawah laut paling indah di dunia.

Kamu perlu tahu hal-hal yang berhubungan dengan Taman Nasional Bawah Laut Bunaken sebelum kamu datang ke sini;

1.  5 titik penyelaman yang wajib dikunjungi

Terdapat 5 titik penyelaman yang akan membuatmu menelan ternganga dan menelan air laut karena tercengang melihat keindahannya, yaitu: Bunaken Timur, Mandolin, Reruntuhan Kapan, dan Puncak Barakuda.

2. Bertemu duyung, barakuda dan unicornfish

Putri duyung yang selama ini hanya ada dalam dunia dongeng masa kecilmu, bisa kamu lihat di sini. Apakah akan cantik seperti di dunia dongengmu?

Selain itu di sini kamu bisa bertemu dan menari-nari bersama dengan unicornfish, ikan yang memiliki sungut di kepalanya.

Ikan barakuda langka dapat kamu temui di Puncak Barakuda, spot penyelaman terjauh di Taman Laut Nasional Bunaken.

3. Menyelam di reruntuhan kapal kuno

Salah satu spot yang dinamakan reruntuhan kapal, adalah kapal milik pedagang Jerman yang dahulunya karam. Kapal ini kemudian menjadi rumah bagi puluhan ribu ikan di sini.

4. Waktu terbaik untuk berkunjung

Waktu yang tepat untuk pergi ke Pulau Bunaken adalah pada bulan Mei – Agustus. Karena pada bulan tersebut ombak dan arus air cukup tenang. Kamu akan lebih menikmati diving dengan kondisi air yang jernih. Didukung suhu udara juga hangat yaitu berada di 26-31 derajat celcius.

5. Bunaken tak hanya tentang taman bawah laut

Tidak hanya diving. Kamu juga bisa berwisata pantai dan berburu foto bagus seputar wisata laut. Karena tidak hanya dasar lautnya saja yang indah tapi semua Pulau Bunaken ini.

6. Keindahan tempat berjuluk segitiga emas terumbu karang dunia

Mengapa taman laut Bunaken memiliki keindahan yang sanggup membuat banyak turis berdatangan? Tentunya turis tidak mau membuang sia-sia uang dan tenang bukan? Ini karena Taman Laut Nasional Bunaken berada di segitiga emas terumbu karang dunia. Sehingga tidak diragukan lagi keindahan taman bawah lautnya.

7. Lengkapnya fasilitas di Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken memiliki  fasilitas dan alat-alat penyewaan yang lengkap. Mulai dari penginapan, sewa alat selam, dan kamera bawah laut. Momen indah kamu di sini tidak akan terlewatkan sedikitpun.

8. Icip-icip kelezatan Bubur Tinutuan Manado

Berkunjung hanya untuk menikmati wisata alam saja rasanya kurang lengkap. Nikmati wisata kuliner mulai dari makanan laut, bubur Tinutuan Manado, dan makanan yang terbuat dari kelapa bisa kamu cicipi.

9. Harga tiket masuk yang terjangkau

Kamu bisa masuk ke Taman Laut Nasional Bunaken dengan harga Rp 50.000,- per orang. Jika kamu ingin menikmati paket terusan, kamu bisa membayar Rp 150.000,- dan berlaku untuk 1 tahun. Dengan membayar tiket terusan ini, kamu akan diberikan sebuah lencana sebagai tanda.

10. Berbagai cara mencapai Bunaken

Untuk sampai di Pulau Bunaken ada 3 alternatif. Dari Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC), dan Marina Blue Banter. Jarak tercepat adalah dari Marina Blue Banter yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

11. Ingin irit? Coba sewa kapal tradisional

Untuk berkeliling wisata Pulau Bunaken, kamu bisa menyewa kapal seharga sekitar Rp 400.000,- dari Pasar Bersehati atau sekitar Rp 800.000,- dari Marina. Sedangkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah kamu bisa menggunakan kapal tradisonal dengan harga Rp 50.000,- per orang.

12. Penemu Bunaken pertama kali

Bunaken di temukan oleh Nusantara Diving Club (NDV), salah satu klub selam tertua di Indonesia. Dan akhirnya, mereka berhasil merintis wisata lokal tersebut hingga terkenal seperti sekarang ini.

13. Melihat keindahan bawah laut dari perahu berdinding kaca

Pengunjung wisata Bunaken tidak semuanya pandai menyelam. Namun bagi mereka yang ingin menikmati 13 jenis terumbu karang dan 91 jenis ikan yang ada di Taman Laut Nasional Bunaken bisa menggunakan perahu semi selam berdinding kaca.

14. Malu bertanya sesat di jalan

Sebelum menggunakan jasa apa pun di sana, sebaiknya bertanya terlebih dahulu sampai jelas. Karena, bisa-bisa kamu akan dipatok harga dengan tarif mahal di sana.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Ade Setiawan

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran