Fakta Jatim Park yang Belum Diketahui Banyak Orang

Wisata keluarga di Malang, Jatim Park 1. Foto oleh @monikinom

Jawa Timur saat ini menjadi salah satu provinsi yang mempunyai banyak sekali tempat wisata. Dari wisata alam, museum, restoran, dan taman hiburan semuanya ada di sana, salah satunya adalah Jawa Timur Park (Jatim Park). Berada di kota Malang yang berada di dataran tinggi, memberikan sensasi yang menarik bagi wisatawan yang datang. Suasana sejuk khas pegunungan akan menyambutmu ketika Kamu sampai di sana.

Jatim Park sudah terkenal sampai ujung Indonesia, bahkan sampai luar Indonesia. Di Malang sendiri sudah memiliki dua Jatim Park, Jatim Park I dan Jatim Park II. Meski sama-sama berada di Batu, namun Jatim Park I dan II berada di beda daerah.

Meski sudah ada 2 Jatim Park, ternyata Jatim Park masih mempunyai fakta-fakta yang menarik untuk disimak. Berikut daftarnya:

1. Kota Batu menjadi satu-satunya kota yang alun-alunnya mempunyai bianglala

jatim park

Bianglala di alun-alun Batu. Sumber foto.

Alun-alun di tiap kota memang menjadi tempat yang asyik untuk berkumpul dan berbincang bersama teman-teman. Begitupula di Kota Batu, alun-alun kota Batu juga menjadi favorit masyarakat lokal untuk menghabiskan malam. 

Namun ada yang berbeda di alun-alun kota Batu jika dibandingkan dengan alun-alun kota lain. Di alun-alun kota Batu terdapat sebuah biang;ala yang bisa Kamu naiki jika bosan berdiam diri saja. Dengan biaya yang hanya Rp 3.000,- Kamu sudah dapat menikmati keindahan kota Batu dari atas bianglala.

2. Terdapat lebih dari 50 wahana

jatim park

Berbagai wahana di Jatim Park bisa Kamu nikmati. Sumber foto.

Menjadi salah satu destinasi liburan keluarga favorit masyarakat Jawa Timur, Jatim Park menawarkan berbagai macam jenis wahana. Setidaknya terdapat lebih dari 50 wahana yang bisa Kamu coba selama berada di sana.

Dengan tiket yang terbilang murah, Kamu bisa merasakan dan menjajal keseruan wahana-wahana wisata yang ada di sana. Dari wahana yang santai, menantang, dan ekstrem semuanya ada di sana. Kamu hanya perlu memilihnya saja mana dulu yang akan Kamu coba.

3. Mempunyai tempat belajar biologi, fisika, dan kimia

jatim park

Jatim Park Science Center. Sumber foto.

Meski Jatim Park merupakan tempat bermain, tapi di sana juga ada wahana yang memberikan informasi dan pengetahuan juga. Berada di Jatim Park I, Science Center menjadi salah satu wahana yang ramai dikunjungi anak-anak karena mereka mendapat pengetahuan tentang science.

Di Science Center kamu bisa belajar tentang hukum-hukum fisika, unsur-unsur kimia, hingga morfologi dari makhluk hidup. Belajar di sini sangat berbeda karena kamu bisa mempelajari ketiga bidang diatas dengan menyenangkan. Disetiap area pembelajaran disediakan alat peraga hingga papan yang berisikan informasi mengenai hal yang kamu pelajari.

4. Batu Secret Zoo menjadi unggulan wisata masyarakat Indonesia

jatim park

Ditangkap Kingkong di Batu Secret Zoo. Sumber foto.

Biasa disebut dengan kebun binatang modern, Batu Secret Zoo hadir dengan cara yang unik. Di sini Kamu akan disajikan berbagai jenis satwa hidup yang didatangkan dari berbagai daerah dan negara di dunia.

Interior kandang dari satwanyapun didesain dengan berbagi macam pernak-pernik yang menarik dan unik. Tujuannya agar kandang tersebut terlihat mirip dengan habitat asli dari sang binatang. Kamu juga dapat berfoto ala film Kingkong karena terdapat patung Kingkong raksasa yang bisa Kamu gunakan sebagai spot fotomu.

5. Terdapat Gong Terbesar kedua di Indonesia

jatim park

Gong terbesar kedua di Jatim Park I. Sumber foto.

Sebuah gong raksasa berwarna kuning keemasan, dan dua patung sapi berwarna kuning keemasan siap menyambutmu ketika pertama kali masuk ke dalam kawasan Jawa Timur Park I.

Meski tidak yang terbesar pertama, tidak membuat Gong ini sepi pengunjung. Gong tersebut bisa Kamu pukul dengan sekuat tenagamu dengan pemukul yang sudah disediakan.

6. Terdapat galeri etnik nusantara

jatim park

Salah satu patung yang ada di dalam gallery etnik. Sumber foto.

Kekayaan yang dimiliki oleh negara Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tapi, karena luasnya negara Indonesia. Pasti sulit untuk mengenal dan mempelajari budaya dan suku yang ada di Indonesia. Tapi jangan khawatir, Kamu bisa merasakan berkeliling Indonesia hanya dengan berkunjung ke Galeri Etnik Nusantara.

Di Galeri Etnik Nusantara Kamu bisa melihat macam-macam suku yang ada di Indonesia seperti Suku Jawa, Batak, Manado, Madura, hingga Papua. Galeri ini juga menyimpan alat musik, makanan khas, pakaian tradisional, kebudayaan dan rumah adat dari beberapa suku di Indonesia. Banyak hal bahkan yang belum kamu ketahui tentang keunikan dan kekayaan Indonesia, dan kamu bisa menemukannya di Galeri Etnik Nusantara Jawa Timur Park 1.

7. Roller coaster yang menembus gunung api

jatim park

Berani? Sumber foto.

Naik roller coaster biasa sudah sangat mainstream dan membosankan. Bahkan dengan kecepatan yang tinggipun juga nampak biasa saja. Tapi bagaimana jadinya kalau Kamu naik roller coaster namun menembus gunung berapi?

Volcano Coaster merupakan wahana roller coaster  yang akan membawamu melintasi pegunungan menuju ke puncak gunung, kemudian meluncur memutar dengan kecepatan tinggi menembus bebatuan. Kamu bisa mengekspresikan semuanya dengan berteriak sepuasnya ketika keretamu tiba-tiba meluncur keluar dari goa yang ada di dalam perut gunung berapi. 

Dapatkan ulasan menarik tentang jatim park dan tulisan Lain dari Faiz Abi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar