Sidebar

Demi Selfie, Pria Ini Nekat Langgar Aturan di Kawasan Candi Borobudur

Jangan ditiru ya tingkah laku yang satu ini jika berlibur ke Borobudur

SHARE :

Ditulis Oleh: Faiz Abi

Melanggar aturan demi selfie? Sumber foto infocegatanjoga.

Lagi ramai di sosial media, seorang pengunjung tertangkap basah melanggar aturan di kawasan Candi Borobudur pada Senin (7/8). Pengunjung tersebut terlihat sedang ber-selfie menggunakan smartphone-nya. Kalau dilihat kasat mata, sebenarnya tidak ada yang salah dengan pose dia ber-selfie. Namun, yang menjadi masalah karena dia memanjat di atas candi yang ada di sana.

Pengunjung yang melanggar aturan tersebut bernama Ardia Arga Pramoedya. Dia membagikan foto-fotonya di sebuah grup Facebook bernama Info Cegatan Jogja. Total, dia membagikan 3 buah foto.

Yang harus Kamu tahu, Candi Buddha terbesar di Indonesia ini memiliki beberapa peraturan yang harus ditaati pengunjung. Salah satunya adalah untuk tidak memanjat candi maupun stupa yang ada.

Tapi pengunjung satu ini sepertinya tidak peduli dengan peraturan tersebut. Padahal dia sudah diingatkan oleh pengunjung lain. Bahkan turis mancanegara-pun yang notabene “pendatang” di Indonesia pun ikut memperingatkan agar tidak memanjat ke atas candi. Sayangnya, semua himbauan tersebut dihiraukan begitu saja.

Balai Konservasi Borobudur segera menindaklanjuti kasus pelanggaran ini

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB), Marsis Sutopo dengan tegas menjelaskan bahwa apa yang dilakukan pengunjung tersebut merupakan sebuah pelanggaran. Setelah mendapat laporan adanya pelanggaran ini, pihak BKB langsung mengadakan rapat evaluasi dengan petugas candi. BKB meminta PT. Taman Wisata Candi (TWC) untuk memberikan edukasi kepada pengunjung setelah melakukan pembelian tiket.

Menurut Marsis, edukasi tersebut bisa berupa pengetahuan apa saja yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama berada di kawasan Candi Borobudur.

Sampai berita ini terbit (8/8), Marsis mengaku masih memikirkan bagaimana mengatur pengunjung agar tertib pada peraturan yang sudah ada. Meskipun sudah banyak papan-papan larangan yang sudah terpasang di area candi, tapi masih ada saja pengunjung yang dengan sengaja melanggar larangan tersebut.

Selain itu Marsis juga mengaku bahwa menertibkan pengunjung menjadi kendala bagi BKB. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang dimiliki BKB. Pengawas Candi Borobudur sangat tidak seimbang dengan jumlah pengunjung yang datang, sehingga mereka masih sering kecolongan oleh pengunjung yang melakukan pelanggaran.

***

Padahal, masih banyak spot foto lain yang jauh lebih bagus yang tidak perlu melanggar aturan yang sudah ada. Nah bagi Kamu yang berkunjung ke Candi Borobudur, jangan ikuti tingkah laku pengunjung yang satu ini ya! Karena selain Kamu dianggap tidak sopan, Kamu juga tidak menghargai aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh Balai Konservasi Borobudur. Tetap menjadi wisatawan yang taat, sob!

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

3 Jasa Penjajahan Hindia Belanda Terhadap Pariwisata Indonesia

Air Terjun Kedung Kayang, Keindahan Jurrasic World di Magelang

Sejarah Candi Pawon yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

Misteri Candi Mendut, Kisah Tragis Wanita Cantik Penjual Rokok

Candi Borobudur, Benarkah Dibangun Nabi Sulaiman AS?

Misteri Gunung Tidar, Legenda Paku Bumi Penyeimbang Tanah Jawa

FALLBACK
The END