Upacara Adat Cing Cing Goling, Tradisi Unik Ungkap Syukur di Gunungkidul

Tradisi ungkapan syukur warga Gunungkidul (Foto/Wibowo)

Cing Cing Goling adalah tradisi ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan berlangsung turun-temurun di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Tradisi ini dilakukan atas melimpahnya hasil panen dan air yang terus ada meski musim kemarau melanda. Cing Cing Goling ditandai dengan penyembelihan ratusan ekor ayam.

Baca Juga: Meski Berbahaya, Tradisi Perang Obor di Jepara Ini Punya Tujuan Mulia

Masyarakat membuat kenduri dan sebanyak 500 ekor ayam disembelih serta dibagikan kepada masyarakat yang turut serta dalam kirab budaya.

cing cing goling

Ratusan ayam yang disiapkan dalam kirab budaya (Foto/Markus Yuwono)

Selain itu, ada pula parade kesenian seperti tarian khas Cing Cing Goling yang hanya dimainkan setahun sekali. Ada pula tarian teatrikal yang dimainkan oleh 24 orang.

Teatrikal ini menceritakan gambaran sejarah tradisi ini dan bendungan yang dibangun pada ratusan tahun yang lalu. Dikisahkan bahwa pelarian prajurit Majapahit, Wisangsanjaya dan Yudopati berhasil membuat bendungan sehingga bisa mengairi lahan pertanian menjadi sawah dan membuat warga setempat menjadi semakin sejahtera.

Para petani bisa menanam meski saat ini sedang musim kemarau. Bendungan sudah dimoderinisasi sekitar tahun 1974, saat ini bisa mengaliri sekitar 50 hektar lahan pertanian warga sekitar.

Tak hanya bermain peran, pemain teatrikal ini juga bernyanyi Cing… Goling, Cing…. Goling, Cing… Goling… sambil mengelilingi tokoh peran Wisangsanjaya dan istri beserta seorang pengawal pembawa cemeti.

cing cing goling

Tetrikal yang dilakukan sejumlah warga Gunungkidul (Foto/Suharjono)

Baca Juga: Miris, Inilah Potret Tradisi Pembantaian Paus di Denmark yang Menuai Kecaman

Lokasi yang digunakan untuk Cing-cing Goling tidak pernah berubah karena lokasi yang digunakan adalah awal Wisangsanjaya membuka lahan.

Tradisi Cing Cing Goling ini tak hanya unik namun juga dapat menarik wisatawan, letak yang berdekatan dengan Goa Pindul membuat lokasi tradisi ini dapat dijadikan sebagai detinasi wisata budaya.

Dapatkan ulasan menarik tentang tradisi unik dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar