Cara Menuju Pantai Sukamade Banyuwangi

Cantiknya Pantai Sukamade. CC Flickr 2,0 William Kong

Banyuwang memiliki sejuta destinasi tersembunyi yang eksotis, salah satunya adalah Pantai Sukamade yang berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Lokasinya cukup terpencil dengan akses yang memacu adrenalin. Cara menuju Pantai Sukamade Banyuwangi sendiri ada dua cara, dari Banyuwangi dan dari Jember.

Baca juga: Cerita dari Dusun Sukamade yang Terpencil di Belantara Taman Nasional Meru Betiri

Jika ini adalah kali pertama Kamu menuju ke Pantai Sukamade, maka berikut ini adalah jalan yang bisa Kamu tempuh.

Sebelum berangkat, perlu diketahui lokasi Pantia Sukamade ini berada di Desa Sarongan, Pesanggaran Banyuwangi atau 15 kilometer dari Teluk Hijau.

Cara menuju Pantai Sukamade dari Banyuwangi dan Jember

cara menuju pantai sukamade

Jalan menuju Sukamade. Foto CC Flickr 2.0 Ijen Volcano

Untuk bisa sampai ke destinasi ini, traveler bisa memilih beragam transportasi dari perkotaan, bisa menggunakan motor, mobil atau bus tapi kendaraan yang paling direkomendasikan adalah jeep, karena medan perjalanannya berupa jalan berbatu, kelokan, jalan berlumpur dan tanjakan.

Rute Banyuwangi Kota (rute Timur) – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade

Rute Jember (rute Barat) – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade

Untuk bisa sampai ke Sukamade, baik rute Jember maupun Banyuwangi, traveler harus transit ke Kecamatan Jajag terlebih dahulu. Kamu bisa menaiki bus jurusan Terminal Jajag untuk bisa sampai ke sana.

Setelah sapai di terminal Jajag, naik angkotlah Pasar Pasanggaran. Lalu sambung lagi naik angkutan belanja warga sekitar untuk bisa sampai ke Sarongan – Rajegwesi, biasanya berupa truk atau cari penyewaan kendaraan karena untuk bisa sampai ke Sukamade jalannya cukup panjang bahkan harus menyeberang sungai dan jalanan becek.

Sesampainya di Sukamade, Kamu bisa memilih menginap di homestay atau Resort Sukamade. Dipastikan perjalanan yang Kamu lakukan memakan  waktu seharian, jadi alangkah baiknya untuk beristirahat sejenak dan ke pantai saat pagi hari saja. Jadi persiapkan untuk membawa baju lebih ketika mampir ke pantai ini karena lokasinya yang cukup terpencil.

cara menuju pantai sukamade

Sungai dekat Sukamade. CC Flickr 2.0 kennyng.com

Lokasi desa dan Sukamade Beach Turtle sangatlah dekat, jadi mudah untuk mengeksplor. Disarankan untuk mencari guide untuk melihat jejak penyu yang kerap bertelur di pantai ini.

Untuk pulangnya, Kamu juga harus naik angkutan truk warga, di perjalanan pulang Kamu akan melewati Teluk Hijau yang terkenal dan naik bis kecil untuk bisa sampai ke Jajag. Dari Jajag, Kamu tinggal pilih bus jurusan Jember atau Banyuwangi.

Total perjalanan pergi sekitar 5 jam lebih karena kadang busnya sering nge-tem untuk mencari penumpang. Tapi jika ingin perjalanan yang simpel, lebih baik sewa kendaraan saja.

Pesona Pantai Sukamade Banyuwangi

cara menuju pantai sukamade

Pada malam hari ada telur tukik yang dilahirkan oleh penyu. CC Flickr 2.0 sen

Seperti yang telah phinemo jelaskan tadi, Pantai Sukamade Banyuwangi terkenal dengan habitat penyunya. Ini adalah tempat di mana para penyu-penyu bertelur dan berkembangbiak.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke destinasi ini karena penasaran. Biasanya ada sekitar 80 penyu yang bertelur dengan kisaran 4-6 kali bertelur dalam setahunnya. Menarik bukan?

Dapatkan ulasan menarik tentang Banyuwangi dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: , , , , , ,

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.