Video Oleh FromparisEric

Cara Membuat Foto Panorama 360 dengan Satu Kamera

Ghozali Qodratullah • June 13, 2016

panorama 360

dengan foto panorama 360 anda akan lebih mudah dalam mempresentasikan satu ruangan secara utuh. sumber foto

Setelah anda mengetahui bahwa foto panorama 360 telah di support oleh facebook, kini pasti anda penasaran bagaimana cara untuk membuat foto seperti itu. Sebenarnya caranya bisa dibilang sederhana, cukup diperlukan urutan dan akurasi yang baik di setiap langkahnya.

Anda bisa membuat foto panorama 360 menggunakan kamera DSLR, kamera pocket atau bahkan kamera smartphone. Untuk kamera DSLR dan kamera pocket, ikuti langkah berikut ini ;

 

1. Pahami Lebar Cakupan Kamera dan Lensa Anda

Foto panorama 360 adalah foto dengan sudut pandang 360 derajat, jadi semakin kecil cakupan kamera dan lensa anda, maka akan semakin banyak foto yang anda butuhkan dalam pembuatan foto panorama 360 ini. Semisal anda menggunakan kamera d3100 dengan lensa kit 18 mm, maka anda memerlukan sekitar 32 gambar untuk bisa mengambil ke semua arah. Namun bila anda mengambil foto panorama 360 dengan kamera full frame dipadu dengan lensa fish eye 8 mm, maka anda paling hanya memerlukan 6 foto saja. Untuk mempermudahnya, anda bisa menghitung cakupan kamera dan lensa anda pada fov calculator.

 

2. Mencari Titik Tengah Kamera dan Lensa

panorama 360

tripod dengan panohead membuat titik tengah kamera dan lensa anda tidak berpindah-pindah ketika anda mengambil foto panorama 360. sumber foto

Konsep utama foto panorama 360 adalah titik pengambilan gambar, hal tersebut ditujukan untuk menghindari adanya perpedaan sudut pandang dari satu gambar ke gambar yang lain. Oleh karena itu diperlukanlah titik tengah tersebut untuk membuat semua gambar yang diambil tidak mengalami pergeseran sudut pandang ketika kamera diputar. Anda dapat mengetahui titik tengah masing-masing kamera dan lensa pada database ini.

 

3. Pengambilan Gambar

Ketika anda akan mengambil foto panorama 360, maka sebaiknya anda menggunakan tripod dengan pano head agar anda lebih fleksibel dalam mengambil gambar. Pastikan anda menggunakan pengaturan eksposure manual, hal ini untuk meminimalisir pembacaan cahaya yang berbeda oleh kamera di setiap arah pengambilan gambar. Ambilah sesuai dengan cakupan lensa dan kamera anda, anda dapat memahaminya melalui video yang tayang di atas.

 

4. Mengolah Gambar

panorama 360

mengolah gambar dengan menyatukannya menjadi satu file terlebih dahulu, baru dilakukan peningkatan kualitas foto. sumber foto

 

Bila anda memang ingin mengolah kualitas gambar lebih lanjut seperti kontras atau pencahayaan, lakukanlah setelah anda selesai menggabungkan foto panorama tersebut menjadi satu file. Anda bisa menggunakan software gratisan yang mudah seperti PTGui atau jika anda terbiasa menggunakan photoshop dan sudah paham konsep penggabungan gambar secara panorama maka bukanlah masalah besar.

 

5. Menampilkan Gambar

Anda dapat menggunakan FSPViewer untuk melihatnya sebelum anda unggah, semisal anda akan menhunggahnya ke facebook yang kini telah mendukung foto 360.

Bila anda berniat menggunakan smartphone untuk mengambil foto panorama 360, maka akan lebih mudah apabila anda menggunakan kamera android yang telah memiliki sensor gyroscope, karena akan membantu anda untuk membantu pergerakan kamera yang tepat di setiap derajatnya.

panorama 360

menggunakan aplikasi pada android adalah hal yang sederhana untuk mencoba belajar foto panorama 360. sumber foto

Ada banyak aplikasi di android yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan foto panorama 360, seperti photosphere atau google camera. Anda tinggal menggerakan smartphone anda sesuai dengan instruksi yang muncul pada layar smartphone, akan muncul titik panduan kemana Anda harus bergerak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto panorama 360 menggunakan smartphone ;

  • Pastikan bagian tengah yang dijadikan poros untuk berputar adalah kamera smartphone anda, bukan badan dan kaki anda.
  • Ketika menggunakan kamera smartphone, sensor akan mengukur cahaya pada masing-masing frame, hal ini akan mengakibatkan kondisi cahaya yang tidak merata. Untuk menghindarinya, ambillah saat matahari berada tegak di atas anda.

Selamat mencoba!

 

Baca Juga ;





YANG MENARIK LAINNYA


TINGGALKAN KOMENTAR