Liburan Asik, Kamu Bisa Kunjungi 11 Camping Ground di Jawa Barat Ini!

Bisa jadi referensi camping seru juga buat Kamu yang tinggal di Jakarta

Ditulis Oleh Mia Kamila

Tendanya bagus Sumber

Kegiatan akhir pekan rasanya seru kalau diisi dengan kegiatan camping. Apalagi kalau bersama sahabat, pacar dan keluarga. Kejenuhan rutinitas seakan hilang dengan sekejap. Biar liburan akhir pekan Kamu makin seru, 11 camping ground di Jawa Barat ini bisa jadi rekomendasi buat menghabiskan waktu di akhir pekan!

Bergaul dengan alam membuat Kamu jadi semakin dewasa.

1. Camping sambil naik sepeda keliling Ranca Upas Bandung bisa Kamu lakukan di akhir pekan

Suasananya sejuk. Pas buat camping. Sumber

Liburan akhir pekan rasanya kurang asik kalau hanya digunakan berdiam diri di rumah. Kamu bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk piknik bareng. Di pusat wisata Ciwidey yang tak jauh dengan Kawah Putih terdapat sebuah camping ground asik lho!

Area perkemahan yang cukup luas ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun dan danau buatan. Camping ground ini sudah lengkap dengan fasilitas MCK lho jadi Kamu nggak perlu bingung kalau ingin buang air. Selain itu banyak juga pedagang makanan yang menjual beraneka camilan dan makanan. 

Kamu bisa menyalakan api unggun di malam hari dan menikmati milky way kalau cuaca cerah. Asik kan? Kamu juga nggak perlu repot membawa perlengkapan kemah karena di sana juga di sediakan tenda untuk disewakan. Kamu juga bisa menyusuri Ranca Upas dengan naik sepeda yang sudah disediakan.

2. Berkemah di area bekas stasiun radio milik Belanda di Gunung Puntang Bandung

Banyak pinus jadi adem Sumber

Gunung Puntang pun tak kalah ramai dikunjungi pada saat akhir pekan. Terlebih lagi kawasan ini juga sering digunakan untuk para pelajar melakukan kegiatan berkemah. Area camping ground Gunung Puntang ini terletak di Banjaran, kira-kira sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. 

Fasilitas yang dimiliki oleh camping ground ini pun juga lengkap. Mulai dari mushola, warung, hingga penyewaan tenda. Kamu seolah termanjakan bila datang ke sana. Tak heran tempat ini pun digemari oleh para wisatawan yang mengajak keluarganya untuk berkemah di sini. 

Uniknya lagi, di sekitar area perkemahan terdapat bekas stasiun radio milik Belanda, lho. 

3. Bermain air soft gun sambil berkemah bisa jadi kegiatan yang asik bersama teman-teman di Ciwangun Indah Camp Bandung

Seru pasti Sumber

Camping sendirian itu nggak asik. Kamu bisa ajak teman-teman Kamu untuk datang ke Ciwangun Indah Camp Bandung. Lahan seluas 22 hektar ini berada di ketinggian 1000 mpdl lho. Hawa dingin pasti akan menyapamu saat berkemah di sana.

Ditambah lagi rimbunnya hutan pinus yang akan menambah suasana teduh. Danau buatan, sungai, air terjun dan kebun teh pun menambah suasana jadi benar-benar alami. Kamu dan teman-teman bisa melakukan kegiatan seperti bermain air soft gun, dan permainan outbond lainnya. 

Untuk datang ke sana Kamu langsung saja menuju ke Jalan Kolonel Masturi Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parompong Bandung Barat. Lokasi ini juga berdekatan dengan obyek wisata Curug Tilu Leuwi Opat dan Dusun Bambu.

4. Menikmati air terjun saat berkemah di Kapolaga Subang, rasanya susah move on

Bisa mandi di air terjun Sumber

Camping ground ini terletak di perbatasan Lembang dan Subang. Tak jauh dari pemandian air panas Sari Ater. Keistimewaan camping di sini adalah adanya 3 air terjun yang bisa sekaligus Kamu nikmati. Ada Curug Karembong, Curug Sawer dan Curug Goa Badag lho. 

Liburan akhir pekanmu akan terasa istimewa kan? Kamu juga bisa tea walking lho di sana. 

5. Mengajak anak-anak mengenal alam dengan camping di Sukamatri Bogor, bisa jadi pengalaman seru lho!

malamya Indah banget Sumber

Mengajak anak-anak berlibur harus tepat memilih destinasi wisata. Apalagi mengajak mereka camping. Kamu bisa memilih Bumi perkemahan Sukamatri Bogor. Area ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Salah dengan ketinggian 800 mpdpl.

Udara di sana sejuk tapi nggak sampai menusuk tulang kok. Di sana juga ada air terjun lho. Jadi kegiatan campingmu pun nggak monoton.

6. Gunung Pancar Bogor, nggak jauh dari Jakarta, sepertinya cocok untuk referensi liburanmu di akhir pekan

trip tipis ke sini 1 jam dari Jakarta Sumber

Gunung Pancar ini terletak di kawasan Sentul Bogor. Kamu bisa melakukan kegiatan outdoor di sana selain berkemah. Banyaknya pohon pinus yang tumbuh subur bisa dijadikan area hammocking lho! Nah seru kan. Apalagi di sana banyak sekali fasilitas yang memanjakan seperti colokan listrik untuk mengisi daya smartphone.

Selain itu Kamu juga bisa mengunjungi obyek wisata lain berupa pemandian air panas. Kalau Kamu ingin mengajak anak-anak, kawasan Gunung Pancar ini pas banget karena nggak jauh dari Jakarta.

7. Suasana camping yang berbeda bisa Kamu temukan di Pondok Halimun, Sukabumi

Tendanya bagus Sumber

Biasanya orang memilih Bandung atau Bogor untuk tempat camping. Nah, Kamu juga bisa coba camping di kawasan Sukabumi lho! Kamu bisa menuju di area camping Pondoh Halimun. Letaknya di kaki gunung Gede Pangrango, tepatnya di perbatasan desa Perbawati dan desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi kabupaten Sukabumi.

Asiknya, di area perkemahan ini dilewati aliran sungai Cipelang yang bisa Kamu manfaatkan untuk kebutuhan camping. Selain itu ada juga fasilitas MCK yang bersih, area parkir dan deretan warung yang menjual makanan. Kamu juga bisa mengajak si kecil berargowisata di kebun teh dan sayur yang dikelola warga. 

8. Tanakita Camping Ground, menyediakan fasilitas camping tanpa harus bawa tenda dari rumah

kemping istimewa Sumber

Tanakita camping ground ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sukabumi. Tempat ini pas banget buat dijadikan tempat camping dengan suhu udara yang sejuk. Kamu nggak perlu repot membawa perlengkapan kemping seperti tenda, kasur hangat, kantong tidur karena sudah di sedikan. 

Semacam kemping mewah gitu. Cukup bawa perlengkapan pribadi saja Kamu bisa merasakan tidur di tenda tanpa harus bawa bawaan yang berat. Di sana juga sudah dilengkapi fasilitas kamar mandi air hangat dan toilet. Benar-benar dimanjakan. 

9. Camping dengan fasilitas modern bisa Kamu temukan di Sayang Heulang Bandung

Bisa BBQ-an nih Sumber

Konsep yang di tawarkan tempat ini adalah camping premium. Artinya Kamu cukup menyediakan uang untuk bisa menikmati suasana alam dengan pemandangan Gunung Burangrang. Arena kemping ini sudah dilengkapi dengan fasilitas modern yang buat para wisatawan merasa istimewa untuk menghabiskan malam di akhir pekan.

Glamping ground ini masih dalam satu bagian Dusun Bambu Leisure Park. Jadi Kamu nggak perlu susah untuk mencari lokasi Sayang Heulang Bandung.

10. Camping mewah di Consina Bumi Geulis, buat Kamu yang bosan dengan suasana camping yang biasa

tidur di tenda seras di hotel euy Sumber

Kalau Kamu bosan dengan cara kemping itu-itu aja. Kamu harus coba nih, camping istimewa di camping ground eksklusif yang ada di Gunung Salak. Kamu hanya menempuh perjalanan sekitar 1 jam saja dari Jakarta. Kamu dan teman-teman bisa menikmati tidur di tenda yang berisi 4 orang.

Ada 12 tenda yang tersedia di area Consina Bumi Geulis ini. Selain itu tersedia pula lodge dan 2 bungalow. Camping ground ini pun sudah dilengkapi dengan kolam renang, listrik toilet dan kamar mandi.

11. Berwisata ke Kawah Putih, Kamu bisa sekalian camping ceria di Legok Kondang Ciwidey

asik ya kemah di sini Sumber

Legok Kondang Ciwidey ini memiliki pemandangan yang indah dan tanah yang luas untuk dijadikan kegiatan outdoor. Camping di sini Kamu bisa menikmati beberapa fasilitas yang mewah seperti TV kabel dan wifi. Wah, asik kan? 

Kamu juga nggak perlu bingung mencari tempat yang berada di Ciwidey ini. Lokasinya nggak jauh juga dari Bandung. Legok Kondang Ciwidey ini berada tidak jauh dari Kawah putih dan perkebunan stroberi. Karena lokasi yang berdekatan, Kamu bisa sekalian mampir menikmati pemandangan Kawah Putih dan memetik strawberry saat balik pulang dari Legok Kondang Ciwidey.

***

Nampaknya asik ya, kalau akhir pekan Kamu diisi dengan acara camping di 11 tempat tadi. Kamu juga bisa seru-seruan bersama teman-teman dan keluarga.

Kalau Kamu butuh referensi tempat wisata menarik lainnya untuk akhir pekan, Kamu bisa buka beberapa artikel menarik di bawah ini!

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BANDUNG, tulisan lain Mia Kamila

Tag : , , , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post