Barong, Makhluk Mitologi Indonesia Simbol Kesenian Bali

Barong, makhluk mitologi Bali yang menjadi simbol kesenian (netralnews.com).

Barong atau disebut juga Barongan merupakan salah satu makhluk mitologi Indonesia yang berasal dari kebudayaan masyarakat Jawa dan Bali. Barong digambarkan dalam berbagai bentuk samaran binatang yang dipuja seperti singa, harimau, babi hutan, kerbau, gajah, atau anjing. Barong telah muncul sebagai bagian dari kebudayaan Jawa dan Bali sejak masyarakat masih meyakini kepercayaan animisme.

Berdasarkan cerita rakyat yang beredar, konon Barong merupakan sosok manusia normal yang dikutuk oleh peri hutan sebagai pembalasan atas pelecehan sekseual yang dilakukannya. Dalam mitologi dan legenda Jawa dan Bali, Barong adalah simbol dari nilai-nilai kebaikan serta keadilan. Ia memimpin kekuatan baik dalam pertempuran melawan kekuatan jahat yang dipimpin oleh sosok iblis bernama Rangda berwujud wanita tua buruk rupa.

(pegipegi.com)

Pertempuran antara Barong dan Bali dikisahkan dalam tarian tradisional yang populer di Bali bernama “tarian barongan” atau “barongan”. Mereka yang berperan sebagai Barong terdiri dari dua orang yang akan menggunakan atribut warna-warni yang dibuat dari kayu, kain, bulu, daun kelapa, dan bahan lainnya. Sedangkan Rangda diperankan oleh satu orang mengenakan kostum dengan rambut panjang, mata menonjol, dan taring yang sangat mengerikan.

Dalam pementasan tarian barong, pemeran Barong dan Rangda akan menari dengan gerakan bertarung seolah saling membunuh dikelilingi oleh penari yang diibaratkan sebagai pasukan yang saling bertempur. Alunan musik gamelan yang merdu terdengar begitu menegangkan mengiringi setiap lenggak-lenggok tarian barong. Pada tahun 2015, tarian barong bersama delapan tarian rakyat bali lainnya telah masuk dalam pendahuluan Daftar Warisan Budaya Takbenda Manusia Indonesia oleh UNESCO.

(payanadewa.com)

Pada awalnya, tarian barong merupakan ritual karakter yang didahului berbagai ritus mistik sebelum dipentaskan. Topeng Barong dan Rangda dianggap sakral sehingga disimpan di Candi Hindu. Nmaun seiring berjalannya waktu, tarian barong menjelma menjadi acara hiburan untuk menarik wisatawan, meskipun persiapannya masih disertai ritual tertentu.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bali dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar