Begini Aturan Makan di Resto Fine Dining Agar Tak Salah dan Akhirnya Malu

aturan makan di resto fine dining

Bagaimana ya kira-kira aturan makan di resto fine dining?

Masih hangat jadi pembicaraan kasus Tina Toon yang ditolak oleh sebuah resto elit di bilangan Jakarta. Tina Toon ditolak karena sebelum masuk ke resto tersebut dirinya hanya menggunakan sandal jepit. Perlakuan tak mengenakkan itu langsung membuatnya melampiaskan kekecewaannya di stories instagramnya dan viral.

Namun setelah dikonfirmasi, ternyata kekecewaan Tina Toon sebetulnya bukan pada aturan restoran tersebut, melainkan karena dirinya gagal makan di resto yang sedang dia inginkan.

Baca selengkapnya: Ini Klarifikasi Tina Toon Setelah Dilarang Masuk Restoran Karena Pakai Sandal

Kasus Tina Toon ini sebetulnya juga jadi pembelajaran untuk kita semua. Bahwa memang ada beberapa aturan makan di resto fine dining. Aturan ini memang terkadang berbeda antara resto yang satu dan lainnya. Ada juga beberapa yang yang mengatur kostum atau dresscode, mulai dari baju hingga alas kaki.

Setidaknya ada 10 aturan makan di resto fine dining yang wajib diketahui. Jangan malas baca agar tak malu di belakang.

1. Selalu gunakan pakaian yang rapi, baik untuk pria maupun wanita

Paling tidak seorang pria harus memakai jas dan dasi, apalagi jika makan malam bersama tamu undangan yang penting. Minimal pakailah baju yang formal dan sopan. Begitu juga untuk para wanita, sebaiknya gunakan dress atau rok juga sepatu (high heels) untuk pengganti sandal.

2. Biarkan tamu undangan memesan terlebih dahulu

Pastikan bahwa tamu dipersilakan untuk memesan menu terlebih dahulu, apalagi jika sang tamu seorang wanita. Berikan aba-aba pada pelayan, misalnya dengan memberikan kalimat “Tamu saya ingin memesan terdahulu”.

3. Jangan sekali-kali menaruh benda apapun di atas meja

Salah satu aturan makan di resto fine dining adalah, meja harus selalu bersih. Jadi pastikan tak ada barang tercecer di meja, mulai dari telepon genggam, kunci, atau tas.

4. Sang pengundang sebaiknya menyiapkan pembayaran dari awal

Hal ini untuk menghindari pihak tamu yang membayar makanan. Untuk mencegahnya, pengundang bisa menitipkan kartu kredit di awal reservasi.

5. Memotret makanan? Boleh jika…

Anda makan malam hanya bersama pasangan dan bukan rekan bisnis atau tamu undangan penting. Usahakan juga selama memotretnya tidak mengganggu tamu resto yang lain.

Baca juga: 10 Aturan Unik di Berbagai Negara yang Perlu Diketahui Sebelum Berkunjung ke Sana

6. Pastikan Anda meletakkan kain dengan benar

Saat prosesi makan akan dimulai, letakkan kain di pangkuan. Jika ingin pergi ke kamar mandi, letakkan kain di kursi. Jika makan malam sudah selesai, letakkan kain di sisi kiri piring tanpa perlu melipatnya kembali.

7. Jangan mencoba mencicipi makanan yang dipesan orang lain

Ini sangat tidak disarankan, apalagi jika rekan makan malam adalah tamu formal atau tamu penting. Jika yang diajak makan malam bersama adalah orang dekat, maka boleh saja berbagi namun dengan cara membaginya lewat piring roti ukuran kecil.

8. Angkat tangan dan bukan berteriak ketika ingin memanggil pelayan

Jika menginginkan pelayan untuk datang ke meja kita, maka buat kontak mata dengan mereka. Atau bisa juga dengan mengangkat tangan dengan jari telunjuk sedikit diangkat untuk menarik perhatian mereka.

9. Pesan jumlah makanan yang sama dengan rekan makan malam

Jika orang-orang memesan lima jenis makanan, maka sebagai pengundang juga sebaiknya memesan jumlah yang sama. Ini untuk menjaga agar prosesi makan selesai bersamaan.

10. Jangan taruh peralatan makan di sebelah piring pada saat selesai makan

Saat selesai makan letakkan pisau dan sendok secara bersamaan dengan posisi jarum jam 10:20 di atas piring. Ini adalah silent code untuk pelayan jika Anda sudah selesai makan.

Dapatkan ulasan menarik tentang Aturan Makan dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar