11 Aplikasi Edit Foto Agar Foto Liburanmu Nampak Kekinian

Sering jalan-jalan sambil motret menggunakan smartphonemu? Coba poles hasil jepretanmu menggunakan aplikasi edit foto kekinian rekomendasi kami.

Ditulis Oleh Meilia Surya W

Era sekarang, mengunggah foto ke akun sosial media tanpa diedit rasanya bagaikan sayur tanpa garam, berasa kurang. Mengedit foto tidak harus menggunakan perangkat komputer, tapi sudah sangat mudah untuk dilakukan, hanya menggunakan smartphone pun hasilnya sudah mumpuni.

Ada beberapa aplikasiedit foto  smartphone yang kami rekomendasikan, agar hasil foto jalan-jalanmu, terutama yang menggunakan smartphone, bisa nampak kekinian:

1. Adobe Photoshop Lightroom

bahan lightroom

Aplikasi lightroom membuat fotomu lebih hidup

Mengedit foto menggunakan lightroom membuat foto yang kurang bagus menjadi lebih bagus dan hidup seperti pada gambar di atas.

Pertama, exposure foto harus kamu sesuaikan terlebih dahulu. Kedua, editlah kontras, highlight, shadow pada foto, kemudian barulah mengedit warna yang meliputi vibrance dan saturasi. Setelah itu kamu bisa mengedit ke pengaturan yang lebih susah yaitu bermain pada fitur kurva dengan Hue Saturasi Luminance. Kurva adalah lanjutan dari highlight shadow dan midtone. Sementara fitur Hue Saturation Luminance itu untuk tone warna yang lebih selektif.

 

2. Airbrush : Easy Photo Editor

airbrush

Aplikasi airbrush dengan segala filternya layak Kamu coba

Foto saat liburan di tempat yang bagus memang penting, namun tak kalah penting, kondisi wajah yang cantik atau ganteng saat difoto.

Dengan menggunakan aplikasi Airbrush ini, wajah yang kusam dan terdapat bintik bintik hitam dapat diatasi dengan mudah.

 

 3. Adobe Photoshop Fix

adobe photoshop fix

Adobe photoshop fix memiliki fitur yang cukup lengkap.

Menggunakan aplikasi ini, foto yang kamu hasilkan seperti dijepret menggunakan ‘kamera mahal’. Mengapa? Karena foto kamu terlihat sangat tajam dan jernih. Jadi, jika performa kameramu kurang maksimal, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi ini.

 

 4. Adobe Photoshop Express

adobe photoshop fix

Sering menghadapi cuaca buruk saat memotret di luar? Manfaatkan aplikasi Adobe Photoshop Express

Salah satu hambatan saat traveling ke tempat wisata yaitu cuaca yang buruk atau mendung dan tidak cerah seperti yang diharapkan. Ketika mendung atau matahari sudah tenggelam, foto pemandangan yang baguspun menjadi gelap dan kurang menarik. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop Express.

 

5. VSCO Cam

bahan VSCO cam

Anak kekinian instagram banyak yang menggunakan aplikasi ini

Aplikasi ini mempunyai banyak preset atau filter yang bisa langsung digunakan sesuai dengan selera tone warna kamu.

Setelah menentukan preset yang dipilih, Kamu masih bisa mengatur exposure, contrast, temperature, saturation, dll.

Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu banyak preset-preset bagus yang berbayar jika ingin menggunakannya. Hal tersebut dapat diatasi dengan menginstal master file preset VSCO lengkap melalui komputer kemudian baru dimasukan ke smartphone.

 

6. Snapseed

snapseed

Snpaseed merupakan aplikasi yang cukup familiar di kalangan fotografer.

Aplikasi ini termasuk simple dalam pengoperasiannya, kamu hanya perlu mengekspor file foto dari galeri kemudian buatlah preset sendiri jadi tidak terpatok pada preset yang sudah jadi. 

 

7. PicsArt

bahan picsart

Hasil foto editan menggunakan picsart

Fitur di aplikasi ini beragam dan unik sehingga bisa menghasilkan foto seperti animasi yang terdapat di komik. Memang terlihat kurang natural namun tetap terlihat menarik.

 

8. TinyPlanet FX

bahan tiny planet

Tiny planet, aplikasi edit foto kekinian yang bisa menghasilkan foto dengan angle tak biasa.

Bosan dengan mode foto yang itu-itu saja? Kamu perlu mencoba Tiny Planet. Hasil editan aplikasi ini tergolong unik, yaitu mengubah foto dengan format standar menjadi 360 derajat dan nampak seperti foto yang dijepret dari langit. Penasaran?

 

9. Prisma

bahan prisma

Dengan aplikasi prisma, foto saat kamu traveling bisa seperti lukisan

Aplikasi prisma jugamampu menghasilkan foto anti-mainstream. Tak sekadar mengubah warna, kontras maupun highlight, namun sampai tahap yang ekstrem sampai menyerupai lukisan. Tanpa harus menyewa jasa lukis, kamu bisa membuat foto lukisanmu sendiri hanya dengan menggunakan fitur dalam aplikasi prisma ini. 

 

10. Pixlr

pixlr

Aplikasi edit foto pixlr ini mudah digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Foto di atas merupakan before after menggunakan aplikasi Pixlr. Kamu bisa merubah tone foto hasil traveling sesuai dengan selera kamu seperti gambar di atas.

 

11. Picmonkey

bahan picmonkey

Hasil edit foto di atas nampak seperti diedit oleh editor foto profesional, kan? Padahal hanya di edit menggunakan aplikasi picmonkey yang ada di smartphone. Aplikasi picmonkey bisa kamu unduh di google play store dan bisa langsung digunakan. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang FOTO, tulisan lain Meilia Surya W

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post