Daftar Terbaru Negara yang Berikan Bebas Visa pada Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara dengan kenaikan paling signifikan di dunia selama 2017. Tercatat, di daftar terbaru ada 11 negara yang berikan bebas visa pada Indonesia selama tahun lalu.

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

Lembaga konsultan Arton Capital baru saja merilis Global Passport Index 2018 yang berisi peringkat negara di dunia berdasar jumlah bebas visa yang dimiliki. Meski peringkatnya tak jauh berubah, Indonesia menjadi salah satu negara dengan kenaikan paling signifikan selama 2017 dengan kenaikan 11 poin, artinya ada tambahan 11 negara yang berikan bebas visa pada Indonesia.

Total ada 11 negara yang berikan bebas visa bagi Indonesia selama 2017. (Foto/JakartaPost).

Baca juga: Paspor terkuat kini dipegang 2 negara dari Asia

Bebas visa yang dimaksud adalah bebas visa reguler, visa on arrival, dan visa elektronik.

Siapa saja 11 negara yang berikan bebas visa bagi Indonesia?

Pertama pada awal tahun 2017, ada Belarusia yang memberikan bebas visa, lalu berturut-turut Mali, Serbia, dan Qatar. Setelah itu ada Gabon, Mauritius, Azerbaijan, Mozambik, dan Ukraina yang memberikan kemudahan berupa visa on Arrival bagi para pemegang paspor hijau Indonesia.

Menjelang akhir tahun 2017, Australia menjadi negara yang berikan bebas visa (hanya cukup mengajukan visa secara online) pada pemegang paspor hijau Indonesia. Kini warga Indonesia tak perlu datang ke Kedutaan Besar Australia untuk mengajukan visa.

Terakhir, ada Rwanda, negara yang berikan bebas visa bagi Indonesia.

Perubahan peringkat negara pemilik paspor terkuat

Setelah pada tahun 2017 negara Jerman menyandang gelar paspor terkuat dunia versi Global Passport Index tahun 2018 ini, Jerman tergeser oleh 2 negara Asia yakni Singapura dan Korea Selatan.

Baca juga: Makna warna paspor berbagai negara di dunia

Singapura dan Korea Selatan menjadi pemegang paspor terkuat dunia dengan keistimewaan berupa akses bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke 162 negara di dunia.

Untuk Jerman, mereka harus tergeser ke peringkat dua berdampingan dengan Jepang, di mana keduanya memiliki akses bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke 161 negara di dunia.

Sedangkan untuk paspor hijau negara Indonesia, masih tetap bertahan di peringkat 62 dengan akses bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke 70 negara.

Walau masih di peringkat yang sama, ada tambahan 2 negara yang memberi akses bebas visa kunjungan dan visa on arrival bagi Indonesia. Di peringkat yang sama, juga ada negara Swiss.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU