Inilah Deretan Kuliner Khas Indonesia yang Hampir Punah, Dari Gulo Puan Hingga Gabus Pucung

Banyaknya makanan kekinian dan sulitnya bahan baku untuk memasak menu kuliner khas Indonesia akhirnya membuat banyak makanan tradisional hampir punah dan sulit dicari. Sebelum benar-benar punah, sesekali cobalah cicipi kuliner berikut.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Keberadaan makanan cepat saji dan makanan kekinian sedikit demi sedikit memang mulai menggeser berbagai kuliner khas Indonesia yang sudah ada sejak zaman dulu. Mulai kehilangan peminatnya, beberapa kuliner khas Indonesia ini bahkan bisa dibilang hampir mengalami kepunahan.

Tak melulu karena keberadaan kuliner kekinian, beberapa kuliner khas Indonesia juga mulai langka ditemukan karena minimnya bahan baku yang dibutuhkan untuk memasak menu tersebut.

Baca juga: Alasan Mengapa Ubud Jadi Destinasi Wisata Kuliner Indonesia

Setidaknya inilah beberapa kuliner khas Indonesia yang kini hampir punah, atau setidaknya sudah mulai jarang ditemukan.

Sayur Babanci khas Betawi

Sayur Babanci, kuliner khas Indonesia yang kini mulai langka. Sumber

Namanya memang sayur Babanci, tapi tak ada bahan sayuran sama sekali di dalam masakan ini. Sayur Babanci berisi daging sapi, kelapa muda, dan petai yang disiram dengan kuah asam peda bersantan. Kuliner khas Betawi ini kini mulai jarang ditemukan di pedagang makanan, kecuali jika ada yang sengaja memasaknya untuk dinikmati sendiri.

Nasi Kapau khas Tilatang Kamang

Nasi Kapau memang sekilas mirip dengan nasi Padang. Sumber

Sekilas tampilannya mirip dengan nasi Padang. Dalam satu porsi nasi Kapau terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau.

Yang membedakan nasi Kapau dengan nasi Padang adalah menu gulai sayur nangka atau cubadak. Menu khas inilah yang jadi ciri khas nasi Kapau.

Gulo Puan khas Palembang

Gulo Puan jarang ditemukan karena langkanya susu kerbau. Sumber

Gulo Puan merupakan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari susu kerbau dan gula pasir yang diaduk selama beberapa jam. Rasanya tentu saja manis seperti permen. Langkanya susu kerbau akhirnya membuat kuliner manis ini begitu sulit ditemukan.

Baca juga: 10 Kuliner Indonesia Favorit Mark Wiens, Travel Food Vlogger Internasional

Bubur Bassang khas Makassar

Bubur Bassang pun kini mjlai sulit dicari. Sumber

Bubur yang dulu sering disajikan sebagai menu sarapan di Makassar ini, kini mulai sulit ditemui. Bubur ini terbuat dari campuran jagung, ketan, tepung terigu, santan, gula, dan garam.

Gabus Pucung khas Betawi

Kuliner berbahan ikan gabus ini makin sulit dicari. Sumber

Tak hanya sayur Babanci, ternyata kuliner khas Betawi yang satu ini juga mulai hilang dari peredaran. Gabus Pucung adalah kuliner berbahan dasar ikan gabus yang disiram kuah pucung, kuah berbumbu hitam yang terbuat dari kluwek.

Banyak yang mengatakan bahwa Gabus Pucung merupakan asal muasal dari masakan rawon.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU