Erupsi, Ternyata Ini 9 Sosok yang Konon Jadi Penunggu Gunung Merapi

Jelas mereka tak tampak mata, tapi betul-betul diyakini ada bukan dalam konsep semata. Tapi 9 sosok ini konon jadi penunggu Gunung Merapi. Boleh percaya, tidak pun tak dilarang.

Ditulis Oleh Shyntia

Fakta Gunung Merapi.

Setiap penduduk di suatu lereng gunung pasti memiliki sistem kepercayaan tertentu yang konon dipercaya mampu membantu penduduk melihat suatu tanda adanya kejadian, seperti tanda meletusnya gunung misalnya.

Sistem kepercayaan ini juga dipegang oleh penduduk lereng Gunung Merapi yang kini sedang mengalami erupsi. Hal ini karena penduduk lereng percaya bahwa Keberadaan Gunung Merapi bukan hanya gejala panjang geologis, melainkan karena proses alam yang adikodrati.

Baca juga: Gunung Merapi Erupsi, Beginilah Hasil Rekaman Kamera CCTV Puncak Merapi

penunggu gunung merapi

Gunung Merapi (Foto/Wikipedia)

Di sana ada kehidupan, karena ada yang menggerakkan. Pun, masing-masing dari mereka para penghuni Gunung Merapi punya tugasnya masing-masing dan letaknya tersebar di berbagai tempat.

Berikut ini sembilan tokoh lelembut yang konon menjadi Penghuni Merapi:

1. Eyang Rama dan Permadi

Dua nama ini konon adalah kakak-beradik yang dipercaya sebagai dayang gunung atau tokoh utama seluruh lelembut penghuni Merapi.

Kedua penghuni Gunung Merapi ini konon letaknya berada di puncak gunung.

2. Nyai Gadung Melati

Namanya juga Nyai, sudah pasti ia adalah sosok wanita. Konon, sosok inilah pemimpin para makhluk halus wanita di merapi.

Banyak yang bilang, sosok Nyai Gadung Melati ini berseragam gadung melati atau hijau daun.

3. Kiai Petruk

Namanya seperti tokoh wayang, namun sosok ini kelewat masyhur dan sering jadi tokoh dambaan penduduk saat merapi sedang kritis.

Sosok ini biasanya masuk ke dalam mimpi salah satu penduduk atau juru kunci Merapi bagaimana caranya menghindari lava dan abu panas.

4. Kartadimejo

Sosok ini konon adalah komandan para pasukan makluk halus sekaligus penjaga ternak dan satwa gunung.

Tokoh ini akrab dengan para penduduk, dialah yang mendatangi penduduk untuk memberi tahu kapan Merapi meledak. Tandanya beragam, biasanya lewat hewan gunung.

5. Eyang Antaboga

Konon inilah sosok yang tugasnya paling berat. Ialah penunggu Gunung Merapi yang menjaga keseimbangan gunung agar tidak melorot dan tenggelam ke bumi.

Baca juga: Astaga, Ternyata 9 Pos Pendakian Ini Adalah Rumah Para Makhluk Halus

6. Eyang Megantara

Inilah sosok yang konon menjadi pemimpin setan di puncak gunung. Ia bertugas menjaga keseimbangan cuaca. Konon mereka berkendra kuda terbang dan melayang-layang di atas gunung dan sesekali memperlihatkan diri pada penduduk.

Itu sebabnya perlengkapan sesaji labuhan Keraton Yogya kadang perlu persembahan pakaian kuda yang terkenal dengan sebutan Kiai Cekatak.

7. Kiai Sapuangin

Kalau sosok ini adalah sosok pemimpin roh halus khusus mengatur arah dan cepat lambatnya deru angin di gunung.

8. Kiai Wola-Wali

Dedemit penjaga teras keraton Merapi. Letak keratonnya masih belum diketahui di mana. Tapi banyak pendaki yang menghilang dan konon ia masuk ke dalam kawasan keraton Merapi.

9. Eyang Sapujagad

Nama satu ini mungkin tidak asing di telinga karena menjadi nama jalur pendakian di Merapi, ternyata sosok ini adalah kunci meletusnya gunung.

Ialah penunggu Kawah Merapi.

Meskipun ke-9 penghuni Merapi tersebut masih tak bisa diperlihatkan keberadaannya, namun konon merekalah kunci segala hal tentang Merapi.

Boleh percaya, tidak pun tak dilarang.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang GUNUNG MERAPI, tulisan lain Shyntia

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post