Sidebar

8 Danau Berwarna Biru di Indonesia

8 Danau Berwarna Biru di Indonesia

Indonesia tak melulu tentang pantai dan gunung. Indonesia juga mempunyai danau-danau biru yang mampu memanjakan mata dan pikiran.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Indonesia memang terkenal dengan keindahan tempat wisata alamnya. Dari Sabang sampai Merauke semua daerah mempunyai wisata alam yang menarik dan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Selain gunung dan pantai, Indonesia mempunyai banyak danau biru yang sangat indah dan menyegarkan untuk dipandang.

Danau-danau di Indonesia banyak yang menawarkan keindahan airnya. Baik yang sudah terkenal maupun yang belum pernah dijamah sekalipun. Mempunyai warna air yang menari, yaitu biru dan hijau membuat danau-danau tersebut menjadi destinasi para wisatawan.

Untuk para traveler yang sudah bosan berlibur ke gunung ataupun pantai, Bisa jadikan danau-danau biru ini sebagai destinasi wisata berikutnya.

1. Danau Biru, Kawal

Keindahan danau biru Bintan. Foto oleh rezarinaldimardja.

Bintan memang sedang ‘naik daun’ dan akhir-akhir ini memang menjadi destinasi favorit masyarakat Indonesia maupun mancanegara. Di Bintan terdapat banyak sekali destinasi wisata yang mampu menyegarkan pikiranmu. Salah satunya adalah Danau Biru dengan air birunya yang istimewa.

Fotomu akan tampak lebih indah. Foto oleh mjrina8.

Danau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih yang tampak kontras dengan warna danau. Sebelum menjadi danau, tempat ini merupakan daerah penambangan. isatawan tak akan menemukan banyak wisatawan jika berkunjung ke sini karena memang pada dasarnya danau ini bukanlah sebagai tempat wisata.

Abadikan momen jika berkunjung ke danau ini dengan berfoto atau membuat sebuah video. Tapi ingat, jangan tinggalkan sampah sekecil apapun di sana agar kelestarian lingkungan tetap terjaga.

2. Danau Biru Cisoka, Tangerang

Ada perahu yang bisa digunakan. Foto oleh bukancap_chay.

Tangerang yang terkenal dengan kota industri ternyata memiliki sebuah danau dengan air berwarna biru yang sangat indah. Jika wisatawan mencari wisata alam yang tak jauh dari ibukota, bisa menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata.

Di danau ini wisatawan juga bisa menyewa sebuah perahu untuk berkeliling di sekitar danau. Dengan mengeluarkan selembar uang Rp 20.000 sudah bisa menikmati berkeliling danau menggunakan perahu.

Berfoto ala-ala juga bisaa. Foto oleh nadyamaharani.

Dikelilingi oleh pasir dan bebatuan berwarna putih, membuat Danau Cisoka ini mempunyai warna yang enak dipandang. Berfoto dengan latar danau ini menjadi sebuah kewajiban jika berkunjung ke sana. Ekspresikan gaya ketika berfoto di sana, karena pengunjung sedang berada di tempat yang sangat istimewa.

3. Danau Biru Sawahlunto, Sumatera Barat

Sumatera Barat tidak mau ketinggalan. Foto oleh rahimasyabrina.

Danau Sawahlunto menjadi sebuah destinasi alam yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Dikelilingi oleh tumbuhan dan pohon berwarna hijau membuat danau ini tampak keren dan alami. Padahal danau ini terbuat karena tadinya adalah tempat penambangan yang kemudian terisi oleh air.

Jika berkunjung ke danau ini wisatawan akan tetap melihat banyak alat-alat tambang di sekitar danau karena memang masih digunakan sebagai tempat penambangan.

Keindahan foto lanskap. Foto oleh lenymardiyantiharahap.

Wisatawan bisa menjadikan danau tersebut sebagai latar untukmu berfoto. Foto lanskap menjadi salah satu foto yang populer di sana. Latar foto akan menampakkan keindahan danaunya dan pemandangan langit yang indah. Pepohonan rimbun dan tebing yang mengelilingi danau ini menambah ke-aestetikan hasil jepretan dan nampak seperti oasis di tengah gurun.

4. Danau Biru Singkawang

Keindahan air yang berwarna biru. Foto oleh indarxx_

Kota Singkawang mendapat julukan Kota Amoy karena tata kota Singkawang yang mempunyai khas tersendiri. Selain keunikan tata kotanya, Singkawang juga mempunyai banyak destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik, salah satunya adalah Danau Biru.

Menjadi destinasi favorit warga sekitar karena keindahan air danau yang biru. Menjadi surga bagi para fotografer karena mereka dapat mengeksplorasi danau ini sesuai keinginan dan kebutuhan foto mereka sesuka hati.

Foto ala-ala-pun tetap terlihat bagus. Foto oleh ristaxmx.

Di sana, tidak diperbolehkan untuk menceburkan diri ke dalam danau. Hal itu karena air danau yang dianggap berbahaya bagi tubuh karena dulunya danau ini merupakan tempat pembersihan hasil penggalian tambang, sehingga mengandung banyak zat kimia.

5. Danau Kaolin, Bangka Belitung

Hasil dari pertambangan lagi. Gambar diambil dari Business Lounge.

Belitung tidak hanya melulu identik dengan batu granit besar yang menjadi ciri khas novel ‘Laskar Pelangi’. Belitung juga mempunyai sumber daya yang digunakan sebagai mata pencaharian masyarakatnya, yaitu penambangan kaolin. Berupa tanah liat lunak, halus, dan berwarna putih untuk bahan pembuatan kosmetik, karet, atau kertas. Hasil dari lahan tambang inilah yang menciptakan lubang-lubang tak beraturan menyerupai danau besar dengan air berwarna biru tosca dengan pasir putih yang sangat menawan. Kalau Bandung memiliki Kawah Putih Ciwidey, wisata Belitung mempunyai Danau Kaolin.

Gambar diambil dari Belitung Info.

Danau Kaolin sangat cocok untuk pecinta fotografi. Danau ini adalah spot terbaik untuk mencari obyek indah untuk di jepret oleh kamera, terutama sebagai tempat berburu foto pre-wedding. Wisatawan bisa berfoto bak bidadari bersama pasanganmu dengan latar hamparan putih yang lebih terlihat seperti salju dengan air biru jernih dan akan membuatmu berdecak ‘nyatakah semua ini ada di negeriku, Indonesia?’

6. Blue Lagoon Sleman, Yogyakarta

Di sana bisa berenang. Foto oleh alfiandickyp.

Blue Lagoon Sleman atau yang memiliki nama asli Pemandian Tirta Budi adalah tempat pemandian umum yang memiliki ciri khas tersendiri dari pemandian umum lainnya. Selain pemandangan yang akan memanjakan mata, kesegaran air yang ada di Blue Lagoon Jogja ini memang bisa menarik wisatwannya untuk berkunjung lagi kesini. Air yang mengalir dari mata air asli dan warna air yang biru ini menjadi daya tarik tersendiri  bagi para pecinta alam dan photograpy.

Bisa menjadi destinasi berlibur bersama keluarga. Foto oleh royndiki.

Jika sedang musim penghujan, tempat pemandian di Wisata Blue Lagoon Sleman akan menyatu dengan aliran air Kali Tepus yang mengakibatkan efek birunya menghilang. Meskipun demikian, tak perlu berkecil hati, kita tetap bisa berwisata air di sini. Pinjam saja pelampung dan ban yang disewakan oleh Pokdarwis Blue Lagoon Sleman dan cobalah meluncur dari sebuah bendungan kecil di ujung kali. selain itu jita juga dapat mencoba  terapi pijat dari pancuran tinggi di sebelah Sendang Lanang yang tak kalah menariknya. 

Jika ingin mengulik lebih dalam tentang Wisata Blue Lagoon Jogja atau sekedar menghentikan sejenak aktivitas yang ada di kota dan menikmati keindahan Desa Wisata Blue Lagoon, coba saja untuk live in di sini dan berbaur bersama warga. Tinggal di homestay, mencicipi sego wiwit, es dung-dung hingga belajar membatik pasti akan memberikan pengalan wisata yang luar biasa.

7. Danau Biru, Majalengka

Majalengka juga mempunyai danau biru. Foto oleh d_wardhani.

Danau Biru yang ada di Majalengka ini lebih dikenal dengan sebuan Telaga Nila. Kecantikan yang ditawarkan adalah airnya yang biru dan jernih. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana karena letaknya memang berada di daerah terpencil dan sekelilingnya dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

Air danau dapat berubah menjadi hijau ketika kemarau. Sumber foto.

Keindahan airnya membuat wisatawan yang datang ingin segera menceburkan diri ke danau tersebut. Namun karena belum dianggap sebagai objek wisata, maka harus berhati-hati jika berenang di danau tersebut. Keamanan dan keselamatanmu menjadi tanggungjawabmu sendiri.

8. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Sangat jernih. Foto oleh fennyfresya.

Dikatakan sebagai Danau Labuan Cermin karena danau ini memiliki air yang sangat jernih dan jika berada di atasnya, Wisatawan akan melihat bayangan sendiri dengan sangat jelas di air danau ini. Air yang ada di danau ini memiliki dua rasa, yaitu asin dan tawar. Masyarakat lokal kemudian menyebut danau ini sebagai Danau Dua Rasa.

Spot foto yang bisa digunakan juga banyak seperti misalnya berdiri di atas perahu atau ketika sedang menyelam. Wisata-wisata alam seperti ini akan memanjakan bagi seorang fotografer karena bisa berekspresi semau Anda.

Bisa menyelam juga. Foto oleh celebrityonvacation.

Ketika anda berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa dana lebih. Karena banyak sekali wahana menarik dan menantang yang bisa dinikmati. Untuk menikmati wahana-wahana tersebut harus menyewa perlengkapan yang telah di sediakan di lokasi. Selain berfoto, di sana pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti snorkeling, berenang, dan naik perahu. 

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END