7 Tips Memilih Sleeping bag untuk Mendaki Gunung

Sleeping Bag (kantung tidur) merupakan barang yang wajib dibawa saat mendaki gunung untuk menjaga kehangatan tubuh kita saat tidur.

Di pasaranpun kini telah banyak beredar berbagai jenis kantung tidur dengan bermacam harga dan model. Namun bagaimana memilih sleeping bag yang tepat untuk melakukan kegiatan pendakian?

Berikut Tips memilih sleeping bag untuk mendaki gunung:

1. Bentuk Sleeping Bag

Pilihlah bentuk sleeping bag yang cocok untuk kegiatan kamu. Sumber foto

Tips memilih sleeping bag yang pertama adalah pemilihan bentuk. Secara umum bentuknya terbagi ke dalam dua macam, yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan bentuk tikar/selimut. Sleeping bag dengan bentuk mumi dirasa paling pas untuk kegiatan mendaki gunung karena bentuk inilah yang dirasa paling dapat menghangatkan tubuh.

Sleeping bag lain dengan bentuk tikar biasanya lebih disukai oleh mereka yang hobi melakukan travelling atau backpacking. Lalu juga ada bentuk lainya yaitu memiliki  lubang pada tangan, tipe ini membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan model mumi atau tikar.

 2. Pilihlah sleeping bag yang mempunyai penutup kepala

Dengan penutup kepala akan lebih menghatkan bagian kepalamu dengan baik. Sumber foto

Sleeping bag dengan penutup kepala mampu menghangatkan kuping yang mudah terpapar suhu dingin. Bahkan mampu menghangatkan pipi kamu saat keadaan sedang dingin. Pemilihan sleeping bag ini mampu menghindarkan kalian dari hipotermia yang dirasakan. 

Masih banyak tips lainya untuk  mengatasi hipotermia saat naik gunung, Baca artikel tersebut dengan klik di sini.

3. Bahan Sleeping Bag

Bahan yang berbeda juga menentukan fungsi yang berbeda. Sumber foto

Sleeping bag dibuat dari berbagai macam bahan dan fungsi diantaranya adalah :

  • Bahan parasit: yang memiliki bobot yang cukup ringan, bahan parasit biasanya dilapisi dengan kapas atau bulu di bagian tengahnya yang akan membuat Kamu lebih hangat
  • Bahan sintetis (polyester): sleeping bag dengan bahan sintetis lebih ringan dan mudah kering
  • Dacron: bahan ini seperti isi boneka, bersifat ringan dan cukup hangat namun kadang memakan tempat dalam ransel.
  • Bahan polar: memiliki keunggulan memberikan kehangatan yang lebih baik dengan ukuran yang lebih minim

Tips memilih sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat naik gunung yaitu pilihlah bahan  dengan campuran polar dan dracon agar menjadi lebih hangat, hanya saja harga sleeping bag ini bisa dibilang lebih mahal dari lainnya.

4. Pilihlah sleeping bag yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan

Pilihlah sleeping bag sesuai dengan tinggi badan kamu. Sumber foto

Sangat penting mengetahui panjang dari sleeping bag yang akan kita beli. Sehingga mampu membuat seluruh tubuh kita tertutup bahkan sampai ujung kaki. Ujung kaki pun sangat perlu di perhatikan karna bagian tubuh ini juga sangat gampang menjadi dingin saat tekanan udara sedang rendah.

Walaupun harga sleeping bag yang lebih panjang lebih mahal, namun jika kita memilih sleeping bag dengan ukuran yang sedikit pendek malah membuat kaku kita menjadi tertekuk dan hal tersbut dirasa kurang efektif, apa lagi untuk mendapatkan tidur yang bekualitas. 

Selain sleeping bag juga ada beberapa barang yang tak boleh ketinggalan saat kita sedang naik gunung. Baca artikel tersebut dengan klik di sini.

5. Pastikan sleeping bag mempunyai resleting yang baik

Resleting yang tak lancar terkadang bikin kamu badmood. Sumber foto

Beberapa sleeping bag bermasalah pada bagian resleting yang macet dan rusak, padahal masih baru atau baru beberapa kali dipakai. Sebelum memilih, uji terlebih dahulu kualitsa resleting tersebut. Tips memilih sleeping bag selanjutnya yaitu jangan malu untuk mencoba resleting sleeping bag tersbut beberapa kali saat berada di toko untuk memastikan kualitas tebaik agar tidak menyesal nantinya.

Pemilihan resleting juga berpengaruh pada kehangat di sleeping bag. Jika ingin yang lebih hangat lebih baik kamu memilih sleeping bag dengan resleting ukuran rit yang lebih kecil dan lebih rapat. jika kamu memilih ukuran rit yang kecil dan rapat maka udara yang masuk akan semakin sedikit dari pada resleting dengan ukuran rit yang lebih besar.

6. Jangan terpaku pada brand

Sleeping bag merek lokalpun juga tak kalah nyaman. Sumber foto

Merek luar negri mungkin memang sudah terpercaya dan memiliki kualitas yang baik, namun terkadang harganya yang tak masuk akal untuk harga sleeping bag. Untuk sebagian orang yang memiliki budget lebih mungkin tak ada salahnya untuk memilih brand brand luar yang sudah terpercaya.

Tapi untuk kamu yang masih berfikir panjang, ada tips memilih sleeping bag yang bisa Kamu siasati, yaitu pilihlah brand dalam negeri yang harganya lebih bersahabat dengan kantong kamu. Produk dalam negri tak kalah dengan merek luar negri, kamu bisa pilih eiger atau consina untuk membeli sleeping bag kamu. 

Jika dirasa masih mahal kamu bisa membeli atau meminjam di toko daerah kamu yang menjual  peralatan peralatan outdoor dengan harga lebih murah. Baca juga 8 perlengkapan outdoor dengan harga dibwah 100 ribuan dengan klik di sini.

7. Perhatikan fitur pendukung lainya

Fitur tambahan lainya bisa menambah kemudahan kamu. Sumber foto

  • Ketersediaan saku : dengan adanya saku di sleeping bag kamu bisa menyimpan barang yang penting di dekatmu ketika tidur, contohnya menyimpan Hp untuk alarm. 
  • Kantung untuk menyimpan sleeping bag: ada beberapa toko yang menjual sleeping bag tanpa kantungnya. Hal tersebut dirasa kurang efektif saat packing, maka pilihlah yang memiliki kantung untuk mempermudah kamu saat pendakian.
  • Jaminan baik dari produsen maupun jaminan dari pihak toko: jika ingin membeli sleeping bag pilihlah toko yang menyediakan garansi resmi atau garansi toko, untuk menghindari kerusakan dengan jangka waktu yang belum lama dan bisa dipertanggung jawabkan di toko tesebut.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Ramadhiana Ayu

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Iklankan Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar