7 Rekomendasi Hotel Untuk Rayakan Imlek di Singkawang

Murah belum tentu murahan. Pilih hotel di Singkawang sesuai dengan bujet, kebutuhan, dan tujuan liburan.

Ditulis Oleh Echi

Warna-warni bangunan Wisma Astina. Foto dari sini

Para tatung yang siap ramaikan pawai Cap Go Meh Singkawang. Foto dari sini

Singkawang, julukan kota 1000 Kelenteng memang layak diberikan kepada kota kecil di Kalimantan Barat ini. Saat menyusuri kota, setiap sudutnya dipenuhi kelenteng. Menariknya, klenteng-klenteng tersebut selalu ramai orang bersembahnyang. 

Saat Imlek tiba, Singkawang merayakan Imlek dengan meriahnya. Salah satu tradisi perayaan Cap Go Meh yang jadi daya tarik wisatawan adalah Pawai Tatung. Dalam pawai ini, ratusan tatung atau orang yang dirasuki roh-roh leluhur mengenakan baju berdarah dengan wajah yang ditusuk benda tajam.

Mengerikan, tapi banyak wisatawan dari berbagai daerah pun luar Indonesia tertarik untuk datang langsung ke perayaan Imlek 2018 nanti. Bahkan, Kemenpar telah memasukkan Perayaan Cap Go Meh Singkawang dalam program 100 Wonderful Events Indonesia. 

Tertarik ramaikan perayaan Imlek Singkawang? Berikut penginapan yang bisa jadi rekomendasi saat liburan di sana; 

1. Swiss-Belinn Singkawang 

hotel di singkawang

Kolam renang dengan pemandangan pegunungan. Foto dari sini

Jika liburan di Singkawang akan dihabiskan bersama keluarga atau pasangan tercinta, Hotel Swiss-Belinn Singkawang ini bisa dimasukan dalam daftar. Terletak di Jalan Alianyang, hotel ini menawarkan pemandangan pegunungan kecil yang terlihat indah dari sisi kolam renang outdoornya dan area restoran hotel. 

hotel di singkawang

Pemandangan dari dalam restoran. Foto dari instagram @swissbelinnsingkawang

Kolam renang outdoor hotel ini biasanya jadi tempat favorit untuk bermain-main air bersama si kecil. Atau, jika ingin mengajak mereka jalan-jalan ke mall pun tak perlu menempuh perjalanan jauh. Karena hotel ini dibangun kawasan Singkawang Grand Mall Complex. 

Karena hotel masih relatif baru, bangunan dan furnitur terlihat bersih, rapi, dan terjaga estetika bangunannya. Kamarnya pun luas dengan kasur empuk dan perlengkapan yang lengkap seperti TV, AC, shower. Lebih aman lagi, hotel di Singkawang ini dilengkapi dengan key lift, jadi hanya tamu hotel yang bisa masuk ke dalam. 

Lokasi: Singkawang Grand Mall Complex, Jl. Alianyang, Pasiran, Singkawang

2. Dangau Resort Singkawang 

hotel di singkawang3

Kolam renang Danagau Resort Singkawang. Foto dari sini

Rekomendasi hotel di Singkawang lainnya adalah Dangau Resort Singkawang. Hotel ini pun cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga. 

Kolam renang dengan prosotan dan pemandangan gunung jadi tempat seru untuk bermain-main. Perosotannya pun cukup panjang, pasti si kecil betah berlama-lama di dalam kolam. Selain itu, suasana resort yang sejuk dan adanya taman luas bisa jadi tempat bermain si kecil. Mereka bisa berlarian dengan leluasa di sana. 

Lokasi: Jalan Ahmad Yani No.108, Pasiran, Singkawang Barat, Singkawang

Baca juga rekomendasi kuliner khas Singkawang yang enak dan bikin ketagihan 

3. Wisma Astina 

hotel di singkawang4

Warna-warni bangunan Wisma Astina. Foto dari sini

Sedangkan jika ingin melihat keramaian perayaan Cap Go Meh Singkawang bersama teman-teman atau sendirian, penginapan Wisma Astina rasanya jadi pilihan yang tepat. Lokasi hotel yang berada di area Kampung Jawa ini memang jauh dari keramaiaan. Tapi, kamar hotel yang bersih dan fasilitas yang lengkap sangat cocok untuk melepas lelah setelah berdesak-desakan saksikan Pawai Tatung. 

Setiap kamarnya dilengkapi dengan AC, TV, wi-fi, handuk yang bersih dan harum. Untuk harga per malam sekitar 170 ribuan, hotel ini bisa masuk ke dalam rekomendasi teratas hotel murah dan nyaman di Singkawang.

Lokasi: Jalan Melati No.32, Kampung Jawa, Singkawang Tengah,

4. Wahana Inn 

hotel di singkawang6

Bangunan hotel Wahana Inn terlihat dari luar. Foto dari sini

Terletak di Jalan Ahmad Yani, Wahana Inn pun bisa jadi alternatif pilihan hotel ramah backpacker di Singkawang selain Wisma Astina. Hotel di Singkawang ini memiliki kamar yang luas dan bersih. Di masing-masing kamar dilengkapi dengan AC,  TV dan wi-fi. 

Yang istimewa dari hotel ini, lokasinya yang berada di pusat keramaian. Jadi, sangat mudah untuk mengakses tempat-tempat populer Singkawang seperti Singkawang Grand Mall, Vihara Dewi Kwan Im, dan Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Ke pusat Pawai Tatung pun tak jauh. 

Dengan harga per malam sekitar 170 ribuan, Wahana Inn bisa jadi rekomendasi buat para backpacker dengan bujet liburan ke Singkawang yang pas-pasan. 

Lokasi: Jalan A Yani, Singkawang Barat, Singkawang

5. Hotel Sinar Khatulistiwa 

hotel di singkawang7

Bangunan hotel yang terhalang truk berwarna biru. Foto dari sini

Tak ada kolam renang atau pun layanan spa, tapi lokasi hotel yang sangat strategis jadi alasan mengapa hotel ini cukup worth it untuk diinapi. Apalagi buat mereka yang sedang lakukan perjalanan backpacking untuk saksikan pawai Tatung di Singkawang. 

hotel di singkawang

Teras kamar di hotel. Foto dari sini

Hotel ini berada di tengah-tengah lingkungan Kelenteng. Hanya berjarak 0.05 km menuju Vihara Tri Dharma Bumi Raya dan o.53 km menuju Vihara Dewi Kwan Im. 

Dengan harga 150 ribuan per malam, setiap kamarnya memang tidak luas, tapi selalu dijaga kebersihannya. Pelayanan pemilik hotel pun memuaskan. 

Lokasi: Jalan Selamat Karman No. 17, Singkawang Barat

6. Golden Hawaii Villa Singkawang 

hotel di singkawang11

Taman di Golden Hawaii Vila. Foto dari sini

Sedangkan Golden Hawaii Villa Singkawang bisa jadi alternatif tempat liburan di Singkawang bersama keluarga. Suasana villa yang tenang dan nyaman sangat merileksasikan dan menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota. 

Jika ingin turut saksikan pawai Tatung, para tamu vila memang harus melakukan perjalanan yang cukup jauh. Karena lokasi vila jauh dari pusat kota. Sekitar 5 km jauhnya. 

Villa ini sediakan taman cantik dan menarik. Jadi, saat memasuki kawasan vila, para tamu akan merasa seperi kembali ke rumah sendiri. Bagi tamu yang takut dengan anjing harap mempertimbangkan lagi untuk tinggal di vila ini. Karena pemilik vila memelihara anjing. 

Lokasi: Jl. Padang Pasir, Kecamatan Sedau, Singkawang Selatan

7. Villa Bukit Mas 

hotel di singkawang10

Vila Bukit Mas. Foto dari sini

Kamar bersih, luas, dan nyaman. Setiap kamarnya dilengkapi AC dan TV. Pemandangan kota saat siang atau pun malam hari pun terlihat begitu cantik. 

Soal lokasi, salah satu rekomendasi hotel di Singkawang ini memang tak berada di pusat kota. Tapi, juga tak begitu jauh dari pusat keramaian. Jarak dari hotel menuju lokasi Pawai Tatung pun tak jauh, hanya sekitar 2-3 km. Bisa ditempuh dengan sewa mobil atau motor di sekitar. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA SINGKAWANG, tulisan lain Echi

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post