7 Kuliner Singkawang Wajib Dicicipi Pencinta Kuliner

Meskipun Kota Singkawang lebih dikenal dengan kota seribu vihara tapi di sini Kamu bisa menemukan kuliner halal di sini. Ini rekomendasinya.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Mie Tiaw Asuk. Foto oleh

Singkawang merupakan sebuah Kota di Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya merupakan keturunan Tionghoa yang memeluk Buddha dan Khonghucu. Di kota ini banyak sekali klenteng bahkan karena saking banyaknya kota ini disebut sebagai ‘Kota Seribu Klenteng’ dan ‘Hong Kong nya Indonesia’. Karena itu, di Singkawang cukup sulit mendapatkan kuliner halal.

Jangan risau, berikut ini rumah makan dan kuliner halal di Singkawang yang bisa dicoba.

1. Bubur Gunting

kuliner singkawang

Jangan lupa cicipi kuliner ini saat ke Singkawang. Foto oleh ibuta2

Meskipun Singkawang terkenal dengan hal-hal ajaib saat perayaan Cap Go Meh, bukan berarti makananya pun juga ajaib. Bubur gunting bukannya berisi gunting, melainkan biji kedelai yang dikupas dan direndam dalam kuah kental manis bersama potongan cakwe. Karena cakwe berukuran panjang, pemilik kedai biasanya memotongnya dengan gunting, jadilah dinamakan dengan Bubur Gunting.

Bubur Gunting ini banyak dijajakan di Jalan Antasari dan di pinggir jalan. Biasanya menjadi hidangan untuk sarapan. Jika ingin mencicipi kuliner ini lebih baik datanglah pagi-pagi agar tidak kehabisan.

2. Mie tiaw Asu

kuliner singkawang

Mie Tiaw Asuk. Sumber foto

Nama kedai ini berasal dari kata ‘asuk’ yang dalam bahasa Singkawang artinya Paman. Meskipun namanya sedikit nyeleneh, tapi paman pemilik kedai telah menjamin bahwa mie tiaw yang ia jual bukan dari daging anjing, bahkan ia menjamin mie tiawnya 100% halal.

Mie yang dipakai berbentuk pipih diracik dengan kecap, tauge, telur, daun cengkok manis (mirip daun katuk), dan perasan jeruk nipis. Semua bahan di oseng lalu disajikan dalam porsi besar. 

Mie ini berada di Jalan Yos Sudarso, silakan ke sana jika penasaran dengan rasanya.

3. Mie Kering Haji Aman

kuliner singkawang

Kuliner ini adalah kuliner wajib yang harus dicicipi wisatawan yang datang ke Singkawang karena rasa nya lezat dan legendaris. Foto oleh

Kulier lezat khas Singkawang selanjutnya ada di Jalan Ahmad Yani, Sedau Singkawang Selatan. Sesuai namanya, nama menu kuliner ini memang berupa bakmi kering. Bakmi kering ini lalu diberi daging sapi dan bakso yang empuk serta tahu bakso dan irisan telur yang digoreng tipis.

Harga bakmi kering ini dihargai mulai dari Rp 15.000 tersedia tanpa kaldu maupun berkaldu sehingga Anda yang tak suka mie kering bisa makan di sini. Kedai ini buka mulai dari pukul 8 pagi hingga 9 malam.

4. Choi Pan

kuliner singkawang

Tidak lengkap jika belum makan hidangan ini di Singkawang. Foto oleh yamie_singkawang

Kuliner ini sebenarnya berasal dari Tiongkok tapi karena banyak sekali keturunan Tiongkok yang tinggal di Singkawang jadi kuliner ini sudah seperti kuliner asli Singkawang.

Di Singkawang ada kedai Choi Pan yang cukup legendaris milik keluarga Tjhia di Jalan Budi Utomo Nomor 38. Choi Pan di sini halal dan bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Choi Pan sendiri terbuat dari tepung beras yang diisi dengan bengkuang lalu diiris tipis dicampur dengan udang, ayam, dan ikan. Cara memasaknya dikukus dan untuk pemanisnya biasanya di atasnya diberi bawang putih goreng untuk hiasan dan penambah rasa gurih.

Untuk menikmatinya, cukup disantap dengan saus sambal atau kecap asing yang diberi cabai kering yang dihaluskan.

5. Rujak Thai Pui Ji/ Rujak Ebi

kuliner singkawang

Rujak ini memang bikin penasaran karena rasanya perpaduan manis gula, pedas cabai, kecutnya buah-buahan, dan gurihnya ebi. Sumber foto

Singkawang memiliki rujak enak yang berbeda dari rujak biasanya namanya rujak ebi atau banyak orang mengenalnya dengan rujak thai pui ji. Seperti namanya, rujak ini memang dilengkapi dengan ebi kering yang diserut di atas buah-buahan.

Penambahan ebi ini membuat rujak Singkawang menjadi lebih gurih. 

Jika penasaran dengan rujak ini, Anda bisa mencicipinya langsung di kedai favorit para wisatawan di Jalan Muslimin Ismail Nomor 8. Selain rujak ebi, di sini juga ada rujak buah biasa.

6. Bubur Pedas

kuliner singkawang

Bubur pedas sangat unik. Cobalah jika Anda ke Singkawang. Foto oleh jajanena.foodsnap

Di Singkawang, bubus pedas merupakan kuliner yang patut di coba. Meskipun di Kalimantan Barat juga banyak kuliner bubur ini tapi di Singkawang disebut-sebut daerah yang memiliki bubur pedas yang rasanya sangat lezat.

Bubur pedas sendiri terdiri dari campuran kaldu, jagung, pakis, kangkung, tauge, serta taburan kacang tanah dan ikan teri kecil yang telah digoreng. Salah satu rumah makan yang menyajikan bubur pedas yang rasanya lezat adalah Rumah Makan Benareh di Samping Bank Mandiri Singkawang.

7. Bubur Pekong

kulier singkawang

Kuliner ini cukup populer. Foto oleh yudhikecil

Tak kalah lezat dan terkenal, Bubur Pekong juga merupakan salah satu kuliner yang tak boleh terlewatkan saat berada di Singkawang.

Bubur Pekong ini berada di belakang Viraha Tri Dharma Bumi Raya di pusat Kota Singkawang tepatnya di Jalan Selatan Karman.

Di warung ini bubur diracik dengan ikan teri goreng dan irisan daging sapi, emping, lokal, kacang goreng, daun bawang, dan diguyur dengna kaldu daging sapi.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KALIMANTAN BARAT, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Tag : , , , , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post